BukBer atau buka puasa bersama, menjadi salah satu kegiatan yang hampir wajib dilakukan selama menjalankan puasa. Memang nggak ada aturan tertulisnya sih, tapi berbuka puasa bersama seperti jadi hal yang ditunggu-tunggu. Apalagi untuk mereka yang berstatus anak rantau seperti saya. Berbuka puasa bisa jadi lebih seru. Nah, buat yang tahun ini lagi nyari rekomendasi tempat berbuka puasa bersama di Semarang, saya punya cerita nih tentang Kampung Ramadhan Aston Semarang Hotel and Convention Center.


2 hari lalu saya dan teman-teman Bloger Semarang diundang untuk menikmati sajian buka puasa di Jade Resto Aston Semarang Hotel and Convention Center. Kalau ada yang masih bingung antara Aston Semarang Hotel and Convention Center dengan Aston Inn, saya sedikit jelaskan ya.



Aston Semarang Hotel and Convention Center


Jadi, Aston Semarang Hotel and Convention Center ini memang masih satu grup dengan Aston Inn yang berlokasi di Jalan Pandanaran Semarang. Keduanya masih berada dalam satu naungan manajemen Archipelago Group. Aston Semarang Hotel and Convention Center ini adalah satu-satunya hotel di Semarang yang berbintang 4, yang berada dalam naungan manajemen Archipelago Group. Sebenarnya ada banyak hotel yang beroperasi di bawah manajemen ini, tapi hanya Aston Semarang Hotel and Convention Center yang berkelas 4 bintang.


Beralamat di Jalan MT Haryono nomer 1, tepatnya di area sekitar Bundaran Bubakan, Aston Semarang Hotel and Convention center ini memiliki 157 kamar. Dari jumlah segitu, hanya 156 buah yang dioperasikan untuk konsumen, sedangkan 1 kamar lainnya adalah milik manajemen. Ada 4 tipe kamar yang tersedia di sini. Mulai dari Superior, Deluxe, Junior Suite sampai Executive Suite yang tersebar di 9 lantai.


Sebagai hotel berbintang 4, tentu saja Aston Semarang Hotel and Convention Center memiliki banyak fasilitas untuk para tamu dong ya? Lobby yang luas menjadi salah satu area yang pertama kali kita jumpai saat datang ke hotel ini. Kemudian ada juga restaurant, outdoor swimming pool yang terletak di lantai 3 bersebelahan dengan Jade Cafe and Restaurant, Gym center, dan full service spa.


Selain itu Aston Semarang Hotel and Convention Center juga memilki Ballroom dan Meeting Room yang bisa disewa untuk berbagai keperluan. Ukuran ballroomnnya luas sehingga bisa menampung hingga kurang lebih 1000 orang dengan berbagai macam pilihan layout dekorasi yang bisa disesuaikan dengan keinginan penyewa.




[O ya, saya pernah menuliskan tentang Aston Semarang Hotel and Convention center di sini.]



Ketupat Roti


Dalam rangka menyambut Ramadhan tahun ini, Aston Semarang Hotel and Convention Center juga punya sesuatu yang khusus. di lobi hotel kita bisa lihat sebuah ketupat berukuran 1 meter x 1 meter. Ketupat ini dibuat oleh Chef Michael dengan menggunakan roti yang dibuat sendiri. Butuh waktu 3 minggu bagi Chef Michael mencari formula yang pas untuk adonan roti tersebut. Chef Michael mengaku adonan yang sebelumnya terlalu rapuh dan mudah putus.


Aston Semarang Hotel and Convention Center

Pembuatannya sama seperti membuat ketupat dimana roti yang sudah jadi dan dijadikan lembaran, dianyam menyerupai ketupat. Setelah jadi bentuk ketupat, kemudian dibakar dengan menggunakan torch hingga berwarna cokelat keemasan. Yang terakhir dihias dengan kepingan cokelat putih yang diatasnya ditulis 25 nama-nama Nabi dengan menggunakan cokelat hitam.




[caption id="attachment_5672" align="aligncenter" width="484"] chef michael[/caption]

Kampung Ramadhan Aston Semarang Hotel and Convention Center


Nah, untuk kegiatan buka bersama kemarin itu dipusatkan di Jade Cafe and resto yang berada di lantai 3. Di sinilah pengunjung bisa merasakan lezatnya masakan yang sudah disiapkan oleh Chef Michael dan tim-nya.


Seperti hotel lainnya yang menawarkan paket berbuka puasa bagi tamu dan pengunjung, Aston Semarang Hotel and Convention Center juga nggak mau kalah. Kalau tahun lalu temanya Arabian dan segala macam yang bernuansa Middle East, tahun ini tema besarnya adalah Kampung Ramadhan.


Pemilihan tema ini tentunya bukan tanpa alasan karena Aston Semarang Hotel and Convention Center memang ingin menyajikan sesuatu yang berbau lokal dan kedaerahan. Pengunjung diajak untuk menikmati suasana kampung halaman melalui dekorasi dan hiasan yang bernuansa tradisional. Dan tentunya menu makanan rumahan yang bisa membuat mereka jadi terkenang akan suasana buka puasa di kampung halaman bersama dengan keluarga.


 

Ada berapa Menu?


Menu yang disajikan oleh Aston Semarang Hotel and Convention Center berganti-ganti tiap hari dan berulang setiap 6 hari sekali. Ada 6 daftar menu yang sudah di siapkan di tanggal-tanggal tertentu. 1 menu akan disajikan sebanyak kurang lebih 4 kali dalam sebulan ini. Jadi untuk pengunjung yang ingin mengetahui daftar menu apa yang tersaji hari ini, bisa cek di akun instagram milik Aston Semarang Hotel and Convention center di bawah ini ya.


https://www.instagram.com/p/BiydmDDHTeP/?taken-by=astonhotelsemarang


Kebetulan untuk menu yang tersaji hari itu adalah menu nomer 5. Saya dan teman-teman bisa menikmati beberapa sajian yang bernuansa lokal seperti Bebek Saus Limo, Daging Sapi Bumbu Kalio, Cumi Kare Marunda, Telor Pindang, dan Sayur Nangka. Tidak hanya itu saja karena ada juga Nasi Bogana khas Tegal yang cukup unik karena nasinya sudah disajikan dalam lipatan daun pisang. Nasi ini bisa dinikmati dengan berbagai macam lauk seperti oseng kacang, opor ayam, telur dadar dan ayam opor.



Sedikit sekali menunya?


Tentunya tidak, karena pengunjung juga bisa menikmati salah satu sajian yang cukup seru yaitu menu Barbeque. Menu ini terdiri dari sate sapi, sate kambing, sate ayam, dan sate bakso. Stan Barbeque ada di bagian luar, tepatnya di samping kolam renang. Pengunjung bisa mengambil sepuasnya sate yang diinginkan, dengan 4 macam saus yaitu saus kacang, saus sambal, barbeque dan saus kecap.


https://www.instagram.com/p/BjCyiDBh1rd/?taken-by=semarangjajanterus

Untuk stall makanan lainnya, hari itu Saya berkeliling dan menemukan stall jajanan tradisional yang mungkin juga sudah cukup jarang ditemui di kota-kota besar. Ada kue talam, cenil-cenil, bahkan sampai ke panada isi tuna juga ada. Stall bubur juga layak untuk didatangi dan dicoba. Ada berbagai macam aneka bubur yang pas dijadikan takjil, dan masih banyak lagi menu lainnya seperti yang terlihat di atas. Pokoknya mulai dari makanan pembuka sampai penutup, lengkap tersaji.


https://www.instagram.com/p/BjEC45UBTVe/?taken-by=semarangjajanterus

Menu favorit saya?


Favorit saya? Hampir semua jadi favorit saya. Hahaha. Tapi tentu saja yang tidak boleh dilewatkan adalah Bebek Bumbu Sambal Limo seperti yang tampak di gambar di bawah ini.


https://www.instagram.com/p/BjDzjOmh_vE/?taken-by=semarangjajanterus


Bebeknya empuk banget dan saya suka dengan bumbu dan saus kecapnya. Bisa bikin nambah nasi! :))


Pokoknya sesi buka bersama 2 hari lalu bikin saya puas! Anda yang di Semarang juga bisa merasakan kelezatan menu makanan di Jade Cafe & resto Aston Semarang Hotel and Convention Center ini. Hanya dengan 98 ribu rupiah nett, sudah bisa Mangan Sa' Warege alias Makan Sekenyangnya! Apalagi ada promo menarik untuk pemegang kartu kredit bank tertentu. Untuk lebih jelasnya, silakan tanyakan ke bagian resto di nomer telepon di bawah ini ya. Selain itu ada juga promo beli 10 gratis 1. Alias jadi lebih hemat kalo datang rame-rame.


Jadi untuk yang ingin merasakan nuansa rumah di kampung, boleh kok datang ke Kampung Ramadhan Aston Semarang Hotel and Convention Center. Untuk lokasi silakan cek peta di bawah ini dan klik "view larger map" untuk informasi. Atau silakan kunjungi website www.astonhotelinternational.com


0 Comments