Sabtu minggu lalu aku dapet undangan dari Mbak Rahmi…Naaaaah….boring! Kenapa yang terpikir sebagai kalimat pembuka selalu saja begini sih? :D Enaknya mulai dari mana nih? *berpikir keras* Duh, nggak nemu. Ya sudah, kita mulai dari kalimat “Sabtu minggu lalu aku dapet undangan dari Mbak Rahmi yang mewakili Gandjel Rel”. Sama aja dooonk..hahaha.



Share And Hits di Hotel Aston Semarang



By the way, undangannya adalah menghadiri kegiatan kumpul blogger dengan tema Share & Hits. Bertempat di Hotel Aston Semarang, kegiatan ini bertujuan untuk semakin memperkenalkan Hotel Aston Semarang khususnya dari Food & Beverages Department mereka.


hotel aston semarang


Bertempat di Diamond Room Hotel Aston Semarang, acara ini dihadiri sekitar 11 blogger dari Semarang. Kami mendapat kesempatan untuk berkenalan dengan Chef Andi Nuraji selaku Chef executive Hotel Aston Semarang. Selain sesi perkenalan secara personal, Chef Andi juga memberikan beberapa info terkait dengan departemen Food and Beverage Hotel Aston.



Apa itu HACCP?


Salah satu yang dijelaskan adalah tentang standar keamanan pangan yang diterapkan oleh Hotel Aston. Standar ini berlaku secara internasional. Kamu mungkin sering menemukan istilah HACCP di beberapa tempat makan atau tercetak di bungkus-bungkus makanan. Nah HACCP ini adalah singkatan dari Hazard Analysis And Critical Control Point. Gampangnya ini adalah standar yang diberlakukan untuk pencegahan terhadap kejadian seperti keracunan makanan, makanan kadaluarsa, dan bahaya-bahaya lainnya.


HACCP ini juga diterapkan di Hotel Aston supaya produk makanan dan minuman yang disajikan ke tamu sesuai dengan standar internasional. Tahu nggak sih kalo semua juru masak harus memiliki pengetahuan soal standar ini? Bahkan menurut info dari Chef Andi, Departemen Pariwisata dan Departemen Kesehatan Indonesia  mewajibkan 3 atau 4 orang dalam sebuah tim Food & Beverage di hotel-hotel atau restoran memiliki seritifikat HACCP.


Selain soal HACCP Chef Andi juga memperkenalkan departemen yang dipimpinnya. Chef Andi yang baru bergabung dengan Aston selama 2 tahun ini ingin memperkenalkan Indonesian Cuisine kepada para tamu asing yang menginap di Hotel Aston Semarang. Meskipun punya latar belakang Western Food tapi Chef Andi diberikan tanggung jawab oleh pihak manajemen untuk semakin memopulerkan makanan dari negeri sendiri.



Menu Hidangan di Hotel Aston


Saat ini Hotel Aston Semarang memiliki sekitar 60 menu Ala Carte yang disajikan secara reguler kepada tamu. Menu tersebut terdiri dari western food and local food. Paduan menu ini memang bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan para tamu baik dari ekspatriat, foreign tourist ataupun lokal.


Menariknya, selain menu reguler ala carte, Hotel Aston juga memiliki menu spesial yang berganti setiap bulannya. Chef Andi punya schedule khusus yang diberlakukan selama tahun 2017. Event ini punya tema masing-masing dan makanan yang disajikan pun mewakili dari tema yang dimaksud.



Menu spesialnya udah siap sampai setahun ke depan...


Beberapa contoh menu spesial yang disajikan di antaranya adalah Bandeng Presto Sambel Mercon untuk tema bulan Januari yaitu Soft To The Bone. Sementara di bulan Pebruari, Hotel Aston memiliki 2 tema besar yaitu Imlek dan Valentine. Menu khas imlek disajikan di bulan ini lengkap dengan dessert menarik untuk memeriahkan momen hari kasih sayang.


Untuk tema bulan Maret 2017, Hotel Aston punya tema Semarang Heritage yang menyajikan Nasi Goreng Babat sebagai salah satu makanan khas kota Semarang. Menarik bukan? Berikut ini adalah tema lengkap dari bulan April hingga Desember 2017.



Berikut tema-tema lainnya...



  • April – The east Side Of Java. Menu jawa timuran seperti rujak cingur sambal kacang akan disajikan selama bulan ini

  • Mei – ramadhan Festive & Semarang Delicate. Seperti halnya bulan Pebruari yang memiliki tema ganda, di bulan Mei ini kamu bisa merasakan hidangan khas bulan ramadhan yang juga akan tersaji untuk para tamu yang akan berbuka puasa bersama. Dan karena bulan ini adalah bulan dimana Kota Semarang ulang tahun, Hotel Aston akan menyajikan salah satu penganan ringan khas Semarang yaitu Tahu Bakso.

  • Juni – Oxtail On The Rail. Sudah jelas kan apa makanan khas yang akan disajikan pada bulan ini? Betul banget. Sup Buntut ala Hotel Aston bisa kamu temui di bulan ini.

  • Juli – Etam Culture Festive adalah tema yang akan menyajikan hidangan khas dari Kalimantan. Penasaran? Tunggu saja di bulan Juli.


Cuma ini? enggak donk...masih ada lagi nih



  • Agustus – Out Of Culture. Kalau biasanya bulan Agustus identik dengan kemerdekaan, hotel Aston Semarang sepertinya berpikir tentang tema lain yaitu Out Of Culture. Nah, di bulan ini kita diajak untuk mengenal kebudayaan dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Salah satu yang akan disajikan di bulan ini adalah Sup Laksa.

  • September – Jaipong .

  • Oktober – Purwakarta Champions & Oktoberfest. Nah, yang ini agak berbeda dari bulan-bulan sebelumnya. Di bulan ini Hotel Aston ingin ikut memeriahkan perayaan Oktoberfest yang biasa ditemui di negara Jerman. Oktoberfest adalah perayaan kemerdekaan negara Jerman dimana penduduk negara itu merayakannya dengan berpesta bir. Nah, Oktoberfest ini juga akan menyajikan minuman yang terbuat dari fermentasi sari gandum ini. Tapi tentu saja ini khusus untuk yang minum alcohol ya. Kalau kamu nggak minum, boleh menikmati hidangan lainnya dari Hotel Aston Semarang.

  • November – All Can Be A Hero. Bulan yang salah satu tanggalnya biasa diperingati sebagai Hari Pahlawan ini akan menyajikan Nasi Goreng Bambu Runcing sebagai salah satu hidangan spesial dari Aston

  • Desember – All The Way Christmas. Dan akhirnya di penghujung tahun, Aston akan menyajikan hidangan khas natal ala Aston dengan Ayam Panggang dan Kentang sebagai sajian spesialnya.


Gimana? Lengkap bukan?


Selain dari sajian spesial tadi, kamu juga bisa mendapatkan banyak menu yang menarik di Jade Restaurant yang ada di lantai 3 hotel Aston. Kami juga sempat mencicipi beberapa menu yang disajikan langsung oleh Chef Andi. Beberapa yang jadi menu icip-icip kala itu adalah Beef Casserole, Nasi Goreng Babat Semarangan, dan gado-gado spesial ala Aston. Itu saja masih belum seberapa karena pilihan menu lainnya tersedia untuk dipilih.





Lalu varian minumannya?


Dari jajaran minuman hotel Aston juga memiliki banyak varian. Jika kamu termasuk penyuka smoothies sehat tanpa gula kamu bisa memilih Jet Paradise atau Hulk. Jet Paradise adalah paduan stroberi, semangka, yoghurt dan madu.



Sementara Hulk yang dari namanya saja sudah ketahuan kalau minuman ini berwarna hijau, adalah smoothies yang terbuat dari Seledri, Pokcoy, nenas, jeruk nipis dan madu.




Mocktail


Bagi penyuka mocktail, Hotel Aston memiliki 5 pilihan Mocktail yang sesuai dengan selera kamu yaitu :




  • Jet Green Star yang terbuat dari buah belimbing, jeruk nipis, sirup melon dan sirup leci dengan pugasan berupa daun mint segar.




  • Vanilla Sky yang terbuat dari Sirup leci, soda, daun mint dan dipugas dengan es krim vanilla. Sekilas memang seperti Mojito, hanya bedanya ada es tambahan es krim vanillanya.




  • Green Fizzer terbuat dari lemon, daun mint, buah leci, selasih dan menggunakan pemanis berupa sirup leci. Sudah kebayang kan gimana segarnya?

  • Purple Margarita. Minuman ini terbuat dari bubuk Taro, jeruk nipis, daun mint, simple syrup, lalu dibuat dengan cara dikocok lalu disajikan segera




  • Selendang mayang. Nama yang unik untuk sebuah Mocktail ya? Sebenarnya kalau melihat tampilan dari minuman ini, Selendang mayang hampir seperti Green Fizzer. Isinya terdiri dari sirup melon, buah leci, nenas, kiwi, daun mint dan selasih.


Hot drinks...


Atau mungkin kamu suka dengan minuman hangat? Boleh deh pilih 1 dari 3 varian ini :




  • Cocoa Black Coffee yang terbuat dari kopi hitam double espresso yang dipadukan dengan bubuk cokelat, sirup vanilla dan diaduk dengan batang kayu manis untuk menambah aroma dan rasa nikmat dari minuman ini




  • Fito Coffee. Minuman ini dibuat dari Cofee Single Espresso yang dicapur dengan sirup Hazelnut, daun pandan lalu dipugas dengan es krim cokelat dan kacang almond




  • Flavor Latte. Nah, yang unik dari minuman ini adalah kamu bisa memilih 3 based atau minuman dasarnya. Ada hazelnut, ada vanilla, dan passion fruit syrup atau sirup markisa. Dari based ini kemudian ditumpuk dengan susu segar dan kopi. Gimana? Seru kan?



And finally...



Itulah akhir dari kegiatan icip-icip dan kumpul bloggers bersama Hotel Aston Semarang. Seneng banget bisa ikutan acara ini dan pastinya buat kamu para pecinta kuliner pasti tidak akan kekurangan menu menarik di hotel Aston Semarang. Jadi tunggu apa lagi? Tetapkan pilihan wisata kulinermu sekarang dan berkunjung ke Aston untuk mendapatkan pengalaman seru bersantap di tempat ini.

5 Comments

  1. Pada suatu hari yang gerimis saat ini (narasi opening) gue baca tentang ulasan makanan, huh salah banget uni, chef nya salah bulan kayaknya, bulan puasa itu mei mustinya ramadhan festive nya bulan mei bukan juli, juli itu liburan harusnya Summer Holiday dengan menu2 yang seger dan colorful #soktahu gue hahaha

    ReplyDelete
  2. Nah lho...aku yang salah nyatet apa ya? hahaha *pelototin lagi catetannya*


    makasih koreksinya sist

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillaah,matur nuwun Gusti Allah, saya dpt hidayah ngeblog lagi


    *usul kata pembuka

    Ahaha

    ReplyDelete
  4. Baahahahahahaha...hasyem aku ngakak!

    ReplyDelete
  5. […] [O ya, saya pernah menuliskan tentang Aston Semarang Hotel and Convention center di sini.] […]

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.