Kalau di postingan sebelumnya aku udah nulis sedikit tentang beberapa tempat seru yang bisa kamu kunjungi di kawasan Kota Lama, sekarang aku mau nulis dikit soal kuliner Kota Lama. Karena nggak lengkap rasanya kalau main ke Kota Lama tanpa tahu tempat makan seru di Kota Lama.



Tempat Makan Seru Di Kota Lama


Buat pecinta kuliner, Kota Lama punya banyak tempat makan yang bisa dicoba. Jenisnya pun cukup beragam. Apa aja sih tempat makan yang bisa kamu datangi?





  1. Sate Kambing 29




Tempat Makan Seru Di Kota Lama

Salah satu tempat makan yang cukup ramai di kawasan ini. Sate 29 termasuk yang legend di kota Semarang. Brand Sate 29 sudah terkenal sejak tahun 1960-an. Usaha kuliner ini dirintis oleh Yap Pak Joy dan saat ini sudah masuk ke generasi ketiga. Selain di Kota Lama, Sate Kambing dan Gule 29 juga punya cabang di beberapa tempat di Kota Semarang di antaranya di Taman Beringin dan Jalan Teuku Umar. Menu yang khas di Sate 29 adalah Sate Kambing dan Gulai Kambing. Kamu juga perlu coba sate Buntelnya. Sate Kambing 29 buka mulai jam 9 pagi.


Tempat Makan Seru Di Kota Lama






  1. Ikan Bakar Cianjur




Tempat Makan Seru Di Kota Lama

Buat yang suka ikan bakar, IBC atau Ikan Bakar Cianjur adalah pilihan yang tepat untuk bersantap di Kota Lama. IBC sendiri sudah terkenal dengan hidangan olahan ikannya. Bisa dibakar bisa juga digoreng. Disajikan dengan menu pendamping lain seperti sayur dan sambal, santap siang, sore, atau malam kamu bareng temen dan keluarga bakal makin sedap. IBC mulai buka jam 11 siang sampai selesai. Untuk range harga makanan dan minumannya bervariasi mulai dari 5ribu sampai 100 ribu rupiah.





  1. Nasi Goreng Babat Pak Karmin




Letak warung Nasi Goreng Babat Pak Karmin ini emang agak jauh dari kawasan Kota Lama, tepatnya di samping jembatan Mberok. Bisa ditempuh dengan jalan kaki kurang lebih 10 menit dari Gereja Blenduk. Nasi Goreng Babat Pak Karmin sudah sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner di Semarang ataupun yang dari luar kota. Buat kamu yang enggak suka babat dan kroni-kroninya, kamu bisa pilih nasi goreng ayam. Nggak cuma Nasi Goreng, kamu juga bisa menikmati seporsi babat atau ayam gongso yang enak di sini. Harga makanan dan minuman bervariasi mulai 2 ribu – 50 ribu rupiah.





  1. Gule Kambing Bustaman Pak Sabar




Tempat Makan Seru Di Kota Lama


Lagi-lagi buat kamu yang suka daging kambing, kamu perlu coba Gule Kambing Bustaman Pak Sabar. Bustaman sendiri adalah nama salah satu area di Semarang yang terkenal sebagai sentra pengolah daging kambing. Keahlian mereka sudah turun menurun dan terkenal seantero kota Atlas. Dari sinilah banyak pedagang sate kambing dan gule yang tersebar di seluruh penjuru kota. Salah satu yang terkenal di wilayah kota Lama adalah Pak Sabar. Warungnya terletak di salah satu bangunan tua yang berada di belakang Gereja Blenduk. Ada papan nama yang bisa jadi petunjuk kamu. Seperti gulai di Sate Kambing 29 yang tidak menggunakan santan, rasa kuahnya tidak seringan rasa gulai di Sate 29 tapi tetap memuaskan rasa lapar pengunjung kota Lama atau siapapun yang sudah mengenal warung ini. Seporsi gulai Kambing dijual dengan harga 25 ribu.





  1. Noeri’s Cafe




Kafe yang satu ini cukup legend di kalangan pecinta nongkrong. Kalau dilihat dari bangunannya sih emang antik ya? Nggak salah juga karena begitu masuk ke dalam kamu juga akan nemuin nuansa kekunoan yang penuh nostalgia. Banyak barang-barang yang dipajang di sana dan hanya boleh di lihat karena ini adalah koleksi dari si pemilik kafe. Terletak di jalan Nuri no 6 Semarang, kamu bisa nongkrong sambil menikmati menu makanan ringan hingga berat sambil leyeh-leyeh dan bernostalgia mengenang jaman kamu muda dulu. *dikeplak*





  1. Retro Café




Tempat Makan Seru Di Kota Lama


Tempat nongkrong yang satu ini menawarkan nuansa retro bagi para pengunjungnya. Ada barang-barang antik yang dipajang di dalam ruang makan. Tersedia juga spot buat foto-foto. Makanannya sendiri beragam dari mulai camilan sampai makanan berat. Harga makanan dan minumannya bervariasi mulai dari 5ribu sampai 50 ribu rupiah. Tersedia wifi buat yang membutuhkan koneksi internet selama nongkrong bareng sama temen dan keluarga. Buka mulai jam 11 siang.





  1. Spiegel Bistro




Tempat Makan Seru Di Kota Lama


Tempat Makan Seru Di Kota Lama


Bistro yang terletak di salah satu sudut Kota lama Semarang ini memang gampang ditemukan. Gedungnya paling gede dibanding café-café di sekitar situ. Buka dari jam 10 pagi sampai 10 malam, Spiegel menawarkan kuliner bernuansa barat. Nggak hanya itu, lantai 2 gedung ini juga sering dijadikan latar belakang foto bagi para pecinta selfie. Di lantai 2 Spiegel Bistro juga terdapat sebuah working space bernama Impala. Tempat ini bisa kamu pake buat ngerjain tugas kuliah atau kerjaan kreatif lainnya. Oh iya, kamu juga perlu coba gelato yang dijual Spiegel Bistro. Untuk harga kamu perlu cek sendiri di daftar menunya ya? Aku ga begitu hapal.





  1. Tekodeko




Tempat Makan Seru Di Kota Lama


Nggak jauh dari Spiegel, ada juga Tekodeko Koffiehuis. Sesuai dengan namanya tempat yang satu ini punya sajian khas berupa kopi. Buat para pecinta kopi, boleh juga mampir ke sini. Buka mulai jam 9 pagi sampai 10 malam, Tekodeko punya 2 lantai yang bisa kamu pilih. Terdapat ruang terbuka di lantai 2 untuk nongkrong bareng sama temen sambil ngopi dan menikmati malam, sepanjang nggak ujan ya. Untuk makanannya, Tekodeko punya menu makanan ringan sampai berat. Ada nasi dan juga pasta di sini. Untuk minumannya, enggak cuma kopi kok. Kamu yang nggak suka kopi juga bisa pesen teh atau jus buah. Oh iya, di belakang Tekodeko juga ada Guest House-nya lho? Penginapan ini tergolong masih baru. Untuk harga, kamu boleh banget tanya-tanya di Tekodeko atau bisa langsung menuju ke bagian belakang Tekodeko.





  1. 57 Coffee Bar




Tempat Makan Seru Di Kota Lama


Di depan Tekodeko ada sebuah kafe yang ukurannya nggak terlalu gede, tapi sepertinya cukup cozy. Aku sendiri belum pernah ke sana. Tapi kalau dilihat dari desain dan namanya, tempat ini nawarin kopi dan bir sebagai sajian utamanya. Dengan desain bernuansa macho , kafe ini dihiasi dengan pernak-pernik yang berbau biker dan Harley Davidson. Kamu tertarik buat nyoba?





  1. Kedai & Angkringan 46 Kota Lama




Tempat Makan Seru Di Kota Lama


Setelah 57, ada 46. Hehehe. Yang ini sih tempat makan bernuansa homy dengan beberapa menu makanan khas warung dan angkringan. Aku juga belum pernah ke sini, jadi nggak bisa bilang apakah makanan dan minuman di sini cukup enak atau tidak. Tapi sepertinya menunya beragam dan siapa tahu kalau kamu jalan-jalan ke kota lama, kamu tertarik buat mampir?





  1. JD Library Café




Tempat Makan Seru Di Kota Lama


Kafe ini termasuk baru di Kota Lama. Dibuka pada awal Januari 2017 lalu dan terletak di lantai 2 sebuah bangunan yang difungsikan sebagai rumah tinggal sekaligus kafe. Kalau dari namanya sih kamu bakal nemuin banyak buku yang bisa dibaca sembari santai dan ngobrol bareng sama temen. Sayang waktu aku ke sana kafe ini belum buka. Jam operasionalnya dimulai jam 11 siang sampai selesai. Kapan-kapan boleh deh mampir ke sini.





  1. Rumah Makan Padang Roda Baru, Kedai Branjangan, dan Bakso Moro Seneng Pak Doel




Tempat Makan Seru Di Kota Lama


Tempat Makan Seru Di Kota Lama


Tempat Makan Seru Di Kota Lama


Ini dia jejeran rumah makan yang letaknya ada di belakang gedung Old City 3D Art Museum. 3 bangunan dengan varian jualan yang berbeda-beda. Satunya nasi padang, satunya ramesan, dan satunya lagi bakso-baksoan. Kamu mau pilih mana? Silakan aja datang ke warung-warung ini. Buka mulai jam 12 siang sampai selesai.


Jadi gimana? Masih kawatir kelaparan di Kota Lama? Nggak lah ya? Karena selain 12 tempat yang aku sebutin tadi masih banyak tempat makan di sekitar situ yang bisa kamu pilih. Belum lagi penjaja kali lima yang suka mangkal di arena taman Sri Gunting, wah, pastinya bakal bikin perut kamu senang!

7 Comments

  1. Sate kambing, pingiiin tapi harganya kok mihil amir ya. Hihi
    aku belum pernah nyobain semuanya...huhuuu...

    ReplyDelete
  2. ikan bakarnya enak banget tuh sepertinya.... jadi ngiler liatnya..

    ReplyDelete
  3. Itu lokasi gule kambing pak sabar kok keren banget, kayak cafe di bandung yg menempati bangunan lama gitu

    ReplyDelete
  4. Ternyata banyak bangat yang belum kucoba. Tertarik pengen ke Spiegel Bistro. Kemaren sempat lewatin tapi nga mampir hehehehe..

    ReplyDelete
  5. Penasaran sama sate kambing 29, langsung mentelengi daftar harganya

    ReplyDelete
  6. dari list diatas aku baru nyoba Nasgor Babat Pak Karmin..
    kui yo pas cilikanku.. hahahaha.
    sebagai warga Semarang saya merasa gagal :((

    ReplyDelete
  7. Nasi goreng Pak Karmin buat kami rasanya terlalu manis, terlalu banyak kecap ,nasinya juga terlalu lembur bukan sedikit kering kayak nasi goreng yang biasanya kami makan. Kaget pas makan acarnya, juga manis, bukan asam.

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.