Aku suka masakan Thailand. Kamu suka Thai food juga nggak? Kayaknya nggak susah buat menikmati hidangan dari negeri tetangga ini. Nggah jauh-jauh beda kok dari tempat kita. Bumbu-bumbunya juga hampir sama. Kamu bisa nemuin hampir semua bumbu dapur yang ada di sekitar kamu dengan bumbu yang dipakai di resep-resep Thai Food.


Aneh nggak sih kalo aku tiba-tiba kepikiran kalo ternyata ada beberapa makanan Thailand yang bisa mewakili karakter-karakter seseorang? Iseng aja kepikiran secara katanya karakter kita bisa dilihat dari cara kita memilih dan menyukai sesuatu. Bener nggak sih? Ah, ngaco! Hahaha.



Karakter Seseorang Berdasarkan Makanan Thailand Favoritnya


Coba deh ya, kita cek satu-satu. Sesuai nggak ya kira-kira? :D




  1. Thai Tom Yum Goong




Makanan yang satu ini populer banget di kalangan para pecinta makanan Thailand. Meksipun variannya banyak tapi seenggaknya punya penampakan yang hampir sama dimanapun. Masakan berkuah yang punya citarasa asam dan pedas ini bisa diisi apa saja. Yang paling umum tentu aja isian Seafood. Ada kerang, cumi, udang, bakso ikan, dan masih banyak lagi. Kenapa Tom Yum Goong gampang diterima di lidah orang Indonesia? Tentu aja karena rasanya yang nggak aneh di lidah kita. Bumbu-bumbunya pun tersedia di banyak dapur kita. Kecuali pasta sambal yang mungkin agak repot kudu nyari, tapi sekarang bikin Tom Yum di rumah pun gampang-gampang aja. Tinggal beli bumbu instan di supermarket, siapin bahan-bahannya, dan masak sesuai instruksi. Simsalabim! Jadilah!


Kalau menurut aku, Tom Yum itu mewakili karakter orang yang ceria, apa adanya, dan nggak takut tantangan. Tom Yum mewakili sosok ekstrovert yang seneng ngomong dan nyenengin. Jadi buat kamu yang punya pacar berkarakter Tom Yum kamu nggak boleh over cemburuan, karena dia punya banyak temen. Emang sih kadang kalo ngomong suka tiba-tiba nyelekit, tapi sebenernya dia nggak punya maksud buat nyakitin orang. Tapi sayangnya si Tom Yum person ini kadang suka ngerasa kesepian dan ngerasa kalo dia butuh orang di sekitarnya. Intinya takut kehilangan teman dan kesepian sih. Hehehe. Tapi tenang, kalo ada yang pertama kali dicari kalo pas lagi sedih dan butuh hiburan, ya mereka yang berkarakter Tom Yum lah orangnya.


Karakter Seseorang Berdasarkan Makanan Thailand Favoritnya





  1. Pad Thai Ta’le atau Kwetiau ala Thailand




Kalau ngelihat penampakan Pad Thai kita pasti bakal inget sama kwetiaw. Ya kurang lebih emang sama sih. Cuma kalau PadThai ala Thailand ini kwetiaunya agak lebih getas dan nggak kenyol seperti kebanyakan kwetiau. Cara penyajiannya juga sedikit berbeda. Yang paling jelas menonjol adalah taoge mentah dan remahan kacang tanah. Selain itu PadThai juga disajikan dengan seiris jeruk nipis dan sambal hijau ala Thai. Rasanya? Gurih-gurih asem dengan sedikit rasa pedas. Ditambahkannya taoge dan kacang bisa ngasih tekstur renyah yang berbeda di setiap gigitannya. PadThai bisa diolah dengan bermacam isian. Bisa pake daging ayam, daging sapi, atau seafood.


Nah, PadThai mewakili karakter orang yang agak selengekan. Orang berkarakter PadThai sering dinilai buruk oleh orang lain. Penilaian ini hanya berdasarkan tampilan luarnya aja. Tapi sebenernya, orang berkarakter PadThai punya sesuatu positif yang hanya bisa dilihat dan dirasakan kalau udah kenal lama. Jadi bisa dibilang kesan pertama yang ditimbulkan oleh orang berkarakter PadThai emang kurang baik, tapi sebenernya ya enggak seburuk itu. Kamu kudu ngasih kesempatan ke mereka, dan kamu sendiri tentunya, supaya lebih mengenal karakter dia yang sesungguhnya. Orang berkarakter PadThai banyak cueknya sih, tapi dia punya kepedulian dan solidaritas yang tinggi lho? Walaupun kadang susah buat mengekspresikan dirinya sendiri.


Karakter Seseorang Berdasarkan Makanan Thailand Favoritnya





  1. Thai Yam Mak Muang atau Salad mangga Muda ala Thai




Appetizer atau makanan pembuka yang satu ini tampilannya emang lebih mirip dibilang rujak serut. Hahaha. Dari namanya aja udah ketahuan kalo bahan utamanya adalah mangga muda. Rasanya segar, itu udah pasti. Kalau ngantuk terus makan salad mangga muda pasti bakal bikin melek mata. Penyajian salad mangga ala Thai ini bisa macem-macem. Kalau di Phuket Resto Semarang, taburan salad mangga mudanya adalah ikan teri goreng. Nah, beda lagi dengan yang aku makan di bay Leaf Resto. Taburannya adalah abon sapi. Tentu aja rasanya pasti bakalan berbeda-beda. Taburan abon sapi di atas salad mangga muda ala Thai yang diolah sama Bayleaf Resto ini ngasih sensasi manis yang jadi “pendingin” dari tajamnya rasa asam si mangga muda. Di dalam saladnya juga ada lobak dan irisan bawang bombai. Taste asam segar, dingin dari lobak, sedikit hangat dan pedas dari bawang Bombay, lalu manisnya abon sapi, berpadu jadi satu.


Meskipun pengolahannya berbeda, tapi ada hal yang menarik dari mereka yang masuk dalam kategori orang berkarakter Yam Mak Muang yaitu mereka nggak terlalu banyak bicara dan menyombongkan diri akan kemampuannya. Mereka lebih senang menunggu orang untuk membuktikannya sendiri. Mereka akan menunggu waktu yang tepat untuk menonjolkan diri dengan prestasi dan kemampuannya. Sering disalahartikan sebagai sebuah kesombongan sih, tapi sebenernya yang terjadi justru sebaliknya. Dia selalu pengen down to earth. Orang berkarakter Salad mangga muda ini juga akan memegang prinsipnya kuat-kuat. Agak sering dibilang saklek, tapi bukannya penting ya kalau seseorang emang kudu memegang prinsip dan value of life-nya sendiri? Oh ya, orang bertipe Yam Mak Muang juga jarang suka keramaian lho, apalagi hura-hura nggak berguna. :p


Karakter Seseorang Berdasarkan Makanan Thailand Favoritnya





  1. Khai Hoh Bah Teay atau Ayam Daun Pandan




Lauk yang satu ini baunya khas wangi pandan. Ketika baru diangkat dari penggorengan, aroma daun pandan yang harum bisa membangkitkan selera makan. Cara pembuatannya mungkin agak sedikit rumit. Tapi kalau sudah terbiasa dengan kegiatan keterampilan tangan membungkus ayam dengan daun pandan, pasti terasa gampang. Ayamnya sendiri udah diolah terlebih dulu. Daging ayam tanpa tulang akan dimasak dan kemudian dibungkus daun pandan, lalu digoreng di dalam minyak panas. Ayam daun pandan yang saya nikmati seperti dalam gambar di bawah ini disajikan dengan sambal gula ala Thai yang rasanya manis, sedikiiit sekali pedas, dan berasa asam jawa. Ayamnya berasa gurih dan sausnya manis. Pas banget dijadikan kudapan atau lauk dengan nasi putih.


Gimana dengan orang berkarakter Khai Hoh Bah Teay? Mereka ini adalah orang yang rapih dan tertata. Suka dengan rencana. Sebagian besar pendiam dan pemalu, jadi untuk “membuka bungkus” orang berkarakter Ayam Daun Pandan emang kudu ati-ati karena mereka ini sensitif. Nggak gampang percaya sama orang. Buat orang lain, mereka ini mungkin kelihatannya membosankan. Tapi sebenernya mereka ini adalah temen ngobrol yang lumayan oke karena most of them cukup cerdas dan berpengetahuan luas. Pendengar yang baik, walaupun kalo dimintai pendapat sering nggak tahu ngomong apa. Bukannya bodoh, tapi karena dia nggak mau nyakitin perasaan orang lain dengan tanggapannya. Selain itu dia adalah orang yang senang mengamati dan nggak suka turut campur urusan orang.


Karakter Seseorang Berdasarkan Makanan Thailand Favoritnya





  1. Nasi Goreng Nanas ala Thai




Sebenarnya ini nasi goreng biasa yang disajikan di dalam wadah yang terbuat dari nanas yang dikerok tengahnya dan ditaburi abon sapi, begitulan penyajian yang aku temuin di Phuket Resto Semarang. Aku lebih suka Nasi Goreng Tom Yum sih, tapi nyobain makanan ini boleh juga kok. Penyajiannya mungkin emang nggak biasa, itulah yang bikin orang jadi tertarik buat nyoba. Nasgornya bisa diolah dengan beragam isian.


Orang berkarakter nasi Goreng Nanas agak sedikit lebih menilai dirinya sendiri. Suka overrated sama dirinya, padahal apa yang dipunya juga nggak segitunya. Suka barang-barang fancy. Beberapa dari mereka suka milih-milih dalam berteman dan sering mengutamakan status dalam bergaul. Orang-orang macam gini emang kudu “digetok kepalanya” biar sadar kalo karakter ini lah yang bikin dia nggak disukai banyak orang. Kalau orang jaman sekarang bilang, mereka yang berkarakter Nasi Goreng nanas ini demen banget jadi social climber. Kamu punya nggak temen model begitu? Yang awalnya dari zero, tapi suka mendadak songong begitu bentar aja jadi hero?


Karakter Seseorang Berdasarkan Makanan Thailand Favoritnya



Eh, tambahin 1 lagi deh.


Yang ini bukan makanan favoritku sih. Tapi kamu pasti suka kan sama Ketan Mangga atau Thai Mango Sticky Rice? Ketan mangga ini emang perpaduan yang pas antara beras ketan dan irisan mangga. Uniknya beras ketan yang sudah dimasak kemudian disiram santan kental dan ditaburi wijen. Comfort food banget sih ini.


Karakter orang yang diwakili sama Mango Sticky Rice adalah mereka yang punya pembawaan ceria dan manis. So cute and Kawaii kalo orang Jepang bilang. Mereka ini adorable banget dan juga lugu. Mereka adalah tipe orang yang mudah sekali dikangenin karena selalu berpembawaan positif dan nggak pernah punya prasangka buruk sama orang. Lucu banget kan?




[caption id="attachment_4959" align="aligncenter" width="500"]Karakter Seseorang Berdasarkan Makanan Thailand Favoritnya credit pic by Ningsih[/caption]

Nah, itu dia analisaku terhadap Thai Food dan karakter-karakter orang. Kamu boleh bilang ini ngaco. Ya emang bener. Hahaha. Namanya juga have fun aja. Tapi coba deh perhatiin, ada nggak orang dengan karakter-karakter di atas yang deket sama kamu saat ini? Atau jangan-jangan kamu sendiri cocok sama salah satu Thai Food di atas? :D


Kalo gitu, apa Thai Food favoritmu?

10 Comments

  1. Mmmh...aku yang mana kira-kira ya Nun? semuanya aku suka ik...hahaha

    ReplyDelete
  2. Wah kalau begitu aku perpaduan Khay Hoh Bah Teay dan Manggo Sticky Rice! Hahahahaha ...

    Unik banget sih postingan satu ini. Yang pasti sukses membuat aku lapar dan pengen mampir ke resto Thai terdekat.

    Btw, Tom Yam Goong selalu jadi masakan favoritku. Dan yg southern style lebih aku suka daripada yang northern style :-)

    ReplyDelete
  3. Ojo maruk, kancane bageni..wkwkwk

    ReplyDelete
  4. huwaaaw..itu perpaduan yang sempurna banget Kak. BTW, emang sih, southern lebih nendang dari segi rasa. Kalau yang northern cenderung lebih light dari mana2. Manis dan kurang pedes.

    ReplyDelete
  5. nasi goreng nanas sama mango sticky rice...yang karakter mango sticky rice setuju dehhh, tapi kalo yg nasi goreng nanas enggak hahaha. Gak overrated sama ga suka barang2 fancy, mending buat beli tiket :D

    eh btw anway busway, ini tempat kita kopdar dulu kan?

    ReplyDelete
  6. Hahaha..duitnya buat beli tiket, jalan2nya ke Dubai. Mewaaaaah.

    Btw, bener kak ini tempat kita kopdar sama Sovi juga waktu itu

    ReplyDelete
  7. Aku doyannya Tom Yum. Kadang suka bawa bekal menu ini ke kantor. Walaupun masih pake bumbu jadi. Hihihi.

    Soal kecocokan sama karakternya, hmmm... kurang tau sih.

    ReplyDelete
  8. Wah, kalau Kak Lia cocoknya sama Mango Sticky Rice. Hihihi.

    ReplyDelete
  9. Aku campuran tom yam dan mango sticky rice kak, ceria abis

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.