Pilkada DKI Jakarta makin panas aja nih kayaknya. Dan pertanyaannya “kenapa coverage-nya begitu luas sampai ke seluruh Indonesia? Kenapa Pilkada DKI Jakarta begitu luar biasa menarik untuk diikuti?” Kalau memantau liputan yang diturunkan oleh Sindonews di segmen Pilgub DKI 2017 Sindonews, sepertinya ada aja berita seputar event besar ini. Saya pikir-pikir kok ya kayak pilpres tempo hari ya? :D


Saya seperti rakyat awam kebanyakan yang enggak begitu ngerti politik, malahan sebenarnya cenderung enggak tertarik dengan topik politik baik dalam maupun luar negeri. Tapi katanya kita kudu sedikit belajar karena dalam kehidupan sehari-hari pun kadang dibutuhkan sikap politis dalam menghadapi sesuatu dan mengambil keputusan. Cieee..berat banget bahasannya.


Sebenarnya sih bukan soal ngomongin politiknya yang bikin saya agak malas, tapi terkadang huru-hara dan ontran-ontran yang mengikuti di belakangnya itu lho yang kadang suka bikin deg-degan. Secara saya ini orangnya ndak suka sama ribut-ribut. Pecinta damai sejati yang tidak suka lihat saudara sendiri saling mencaci-maki.


Karena seringnya yang namanya pandangan politik antara satu orang dengan orang lainnya suka berbeda. Dan parahnya, semuanya enggak pake kepala dingin ketika saling menyampaikan pendapat. Akhirnya terjadilah gontok-gontokan. Duh, sedih kan? Tapi ya begitulah yang sering terjadi di sekitar kita. Dari mulai pilihan lurah di desa sampai pilkada macam pilgub DKI dan daerah lainnya, pastinya berpotensi terjadi gesekan di antara orang-orang yang berbeda pandangan politik.


By the way, malas bukannya sama sekali enggak nyimak lho. Berbagai macam kejadian yang berhubungan dengan politik di negeri ini mau nggak mau kita pasti tahu. Lha gimana enggak? Kalau buka koran di pagi hari saja kita bisa baca berita di sini dan di sana, yang masih juga ngomongin pilkada atau isu-isu sejenisnya. Belum lagi nanti pas nonton TV, minimal di running text kita bakal tahu ada kejadian apa nih di tengah-tengah kita.


Browsing via internet juga lho. Ya seperti kalau lagi cari-cari berita soal Pilgub DKI 2017 misalnya, banyak yang merangkum berbagai kejadian seputar pemilihan pemimpin di ibu kota Indonesia ini. Dari mulai kegiatan kampanye sampai kasus yang saat ini sedang menimpa salah satu calon gubernur, semuanya ada. Salah satunya ya yang ada di segmen Pilgub DKI 2017 Sindonews tadi.


pilgub dki 2017



Gimana biar ga ikut panas?


Personally saya ndak terlalu in to soal yang satu ini. Jadi saya punya jurus ngeles nih kalau ada yang udah kelewat excited ngomongin soal politik :





  1. Diem aja




Daripada nanti kelihatan kalo sebenarnya kita enggak menguasai dan hanya terbawa arus informasi yang berasal dari konon kabarnya, mending diem aja deh.





  1. Senyum aja




Kalau emang ada yang terlalu semangat ngomongin soal politik dan udah mulai ganggu, mending senyum aja lalu pura-pura sibuk.





  1. Hindari konflik




Sudah diem, sudah senyum, lalu alihkan topik pembicaraan deh. Apalagi kalau keadaan sudah mulai panas, sebaiknya kita yang nurunin tensi. Daripada terjebak dalam debat kusir yang berkepanjangan? Mending hindari konflik aja lah ya?





  1. Tinggal pergi




Kalau semuanya sudah dilakukan dan masih juga susah untuk nggak ribut-ribut, sebaiknya tinggalkan TKP. :D


Jadi itu jurusku untuk tetap adem di tengah situasi yang semakin memanas karena saling berbeda pendapat. Kalau kamu sendiri punya enggak?


Yang pasti sih mari kita jaga keharmonisan hubungan antar personal. Beda pilihan boleh, tapi jangan jadi terus jadi musuhan dong ya?


Ikut mantau boleh, ikut ribut jangan. Gitu kali ya?

3 Comments

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.