Hai! Update blog lagi yuk! Mumpung bau-bau diskon masih kecium. Lhoh! Kok bisa? Hehehe. Iya, soalnya saya mau nulis sesuatu yang hubungannya sama Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional nih. Lagian nih ya, waktu saya buka email, di browser saya muncul promo dari MAPEMALL nih. Hmm…kira-kira siapa yang baru aja belanja baju ama sepatu ya? Hihihi


Alasan kenapa saya suka belanja online



By The Way, apa sih harbolnas? Jadi, Hari Belanja Online Nasional ini mengadopsi acara belanja seperti Cyber Monday atau Black Friday yang populer di Amerika sana. Kalau di Indonesia, awal mula Harbolnas dimulai pada 12 Desember 2012 lalu. Sementara Harbolnas sendiri udah 4 kali dilaksanain di Indonesia lho! Dan bulan Desember 2016 nanti adalah yang kelima.


Biasanya di Harbolnas ini bakal digelar diskon gede-gedean. Mulai dari yang jual barang sampai jasa, semua melakukan penawaran yang sangat menarik dengan diskon-diskon khusus. Duh, menarik banget kan?


Lepas dari apakah ada Hari Belanja Online Nasional apa enggak, saya yakin kalo kamu termasuk yang suka belanja online. Mulai dari makanan sampai baju, semuanya pernah. Bahkan beli tiket atau booking hotel, semuanya dilakukan dengan cara yang lebih mudah.


Belanja online emang menyenangkan ya? Walau belum sampai ke tahap kecanduan, tapi saya sendiri senang belanja online. Barang terakhir yang saya beli adalah sebuah apron atau celemek warna merah maroon yang saya temukan melalui sebuah akun di Instagram. Sebelumnya saya juga pernah membeli banyak barang seperti parfum, batu baterai untuk kamera, baju, bahkan kamera prosumer yang menemani kegiatan saya selama ini juga hasil dari berburu di toko online.


Sejauh ini saya baik-baik saja dengan para penjual di toko online kok. Dan kalau ditanya kenapa saya suka belanja online, ini dia jawaban saya.



Alasan kenapa saya suka belanja online adalah :




  1. Nggak harus repot kemana-mana




Tinggal duduk di depan komputer, buka website atau cek-cek instagram, mulai belanja deh. Nggak harus repot macet-macetan atau kena panas, belanja pun jadi lebih gampang. Hemat waktu pula!





  1. Bisa nemu barang-barang lucu




Kamu juga pernah kan kayak gini? Nemu barang-barang lucu di IG jualan orang, atau website belanja online yang jarang banget bisa kamu temuin di toko-toko offline. Kalaupun ada, letak tokonya jauh. Nah, barang-barang kayak gini nih yang kadang bisa bikin lapar mata dan kalap buat belanja. Hehehe.





  1. Mudah, tinggal klik!




Sebenarnya masih satu nafas sama item nomer 1 sih ya. Belanja online memudahkan saya untuk memilih barang dan melakukan transaksi. Kalau sudah beres, tinggal tunggu aja barangnya datang.





  1. Sensasi nunggu barangnya itu lho




Menurutku ini lucu sih, soalnya saya tuh paling seneng kalo dapet paket dari orang lain. Dari jaman saya sekolah dulu, sensai dapat kiriman lewat pos atau kurir, enggak bisa dilukiskan dengan kata-kata *halah! Tapi beneran lho, rasanya tuh seneng banget kalo barang yang udah kita tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Ah, aku rasa kamu juga sama seperti saya kan?



Nah, terus gimana caranya supaya tetap nyaman belanja di toko online?


Biar nyaman belanja online, saya sih sering melakukan ini :





  1. Pilih toko online atau penjual barang online yang terpercaya




  2. Jangan malas lihat testimoni atau rating yang diberikan pembeli pada toko yang bersangkutan




  3. Saya sih lebih milih fasilitas pembayaran COD atau Cash On Delivery terlebih jika nilai barang yang saya beli cukup besar.




  4. Kalaupun harus transfer, pastikan toko online yang kita pilih punya banyak rekening bank supaya lebih nyaman.




  5. Nggak perlu malu buat banyak tanya dengan yang punya toko. Buat saya, kalau respon tokonya cepet, itu merupakan nilai tersendiri.




  6. Jangan lupa simpan bukti transfer Dan lakukan konfirmasi segera setelah kamu melakukan transfer pembayaran barang yang kamu beli supaya cepat diproses sama toko yang bersangkutan.




Itu dia alasan kenapa saya suka belanja online. Kalau kamu, apa sih yang bikin kamu seneng belanja di toko-toko online? Share pengalaman kamu dong! Isi kolom komen di bawah postingan ini ya.


Thank you…

3 Comments

  1. Duuh, HARBOLNAS ini yang beneran bikin dompet jebol nasional :P

    ReplyDelete
  2. wah! lucunya, kok pas ya singkatanya? Hahaha

    ReplyDelete
  3. Harbolnas siapin catetan biar mata gak jelalatan

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.