[caption id="attachment_4495" align="aligncenter" width="251"]Don't Breathe from wikipedia[/caption]

Sebagai pecinta film horor saya selalu senang dengan jadwal rilis film di Boxofficemojo yang nampilin daftar film horor apa saja yang akan tayang. Biasanya, saya bakal langsung kepoin trailernya di Youtube. Kalo sekiranya oke ya saya bakal nonton. Kalo so-so ya paling nungguin mood pengen nonton muncul. Hehehe.


Yang menurut saya oke adalah film Don’t Breathe. Saya kira film ini tadinya film horor supranatural yang isinya hantu-hantuan lagi. Tapi ternyata saya salah. Ini film yang menegangkan dan nyebelin banget! Soalnya bikin kaget mulu!



Plot Don't Breathe


Don’t Breathe bercerita tentang tiga sekawan bernama Alex, Money, dan Rocky. Mereka ini punya pekerjaan rahasia yaitu merampok rumah-rumah kosong yang ditinggal pergi pemiliknya. Kebetulan bapaknya si Alex ini bekerja di sebuah perusahaan keamanan gedung, sehingga Alex punya akses untuk meminjam berbagai jenis kunci yang bisa membuka pintu jenis apa saja. Tentu saja perbuatan ini nggak diketahui oleh sang ayah dong ya.


Sementara Rocky adalah seorang cewek yang tumbuh di keluarga broken home. Ayahnya pergi ninggalin dia dan ibunya tanpa kabar. Si ibu mulai mabuk-mabukan dan nyalahin Rocky atas kepergiaan ayahnya. Sekarang dia pacaran lagi dengan seorang cowok pengangguran yang ikut nebeng di rumahnya. Rocky ini punya adek namanya Diddy. Rocky punya cita-cita ngumpulin duit dan kabur ke California bareng sama Diddy.


Nah kalo Money, dia ini pacarnya Rocky yang kerjaannya nggak jelas. Dia berhubungan dengan penadah yang membayar hasil curian tiga sekawan ini. Sebenarnya Money tahu kalo Alex diam-diam suka sama Rocky, tapi dia nggak peduli.


Mereka bertiga punya aturan : kalo ngerampok, nilai barangnya nggak boleh lebih dari 10 ribu dollar. Nggak tahu kenapa, mungkin karena mereka pengen ngakalin hukum yang berlaku di amerika sana. Tapi suatu hari, mereka dapet tawaran untuk ngerampok sebuah rumah yang ditempati sama seorang mantan tentara Amerika. Tentara ini kehilangan anak perempuannya dalam sebuah kecelakaan mobil. Si penabrak bebas dari hukuman karena bisa ngebayar jaminan. Si Tentara ini juga ngedapetin kompensasi berupa uang dalam jumlah banyak.


Nah, karena alasan ini juga Money kekeuh pengen ngerampok rumah itu. Awalnya Alex nggak setuju dengan rencana ini karena dia pengen matuhin aturan ngerampok di bawah 10 ribu dollar. Tapi Rocky ngerayu dan bilang kalo berhasil, ini bakal jadi perampokan terakhir mereka karena setelah itu dia bakal kabur ke California. Karena pengen ngebantu Rocky ngewujudin cita-citanya, Alex pun setuju.


Yang mereka nggak tahu, ternyata si mantan tentara penghuni rumah yang bakal mereka rampok ini buta karena sebuah insiden di Irak. Bom membuat kedua matanya nggak bisa ngelihat. Ngerasa bakalan gampang-gampang aja ngerampok rumah itu, ketiganya pun beraksi.


Tapi diluar dugaan, ternyata si Blind Man yang mereka rampok ini emang bukan orang sembarangan. Ketika mereka kepergok sama si Blind Man, Money ditembak dengan senjatanya sendiri. Awalnya The Blind Man mengira kalo Money beraksi sendirian, tapi belakangan dia tahu ada komplotan lain yang berada di rumahnya. Dan mulai dari sana terjadilah kucing-kucingan antara Rocky, Alex, dan si Blind Man.


Dalam permainan petak umpet itu Rocky dan Alex menemukan sesuatu yang mengejutkan. Sebuah bukti yang selama ini disembunyikan oleh si Blind Man. Bukti apakah itu?




[caption id="attachment_4496" align="aligncenter" width="700"]Don't Breathe from bloddy disgusting[/caption]

Menurut saya...


Don’t Breathe adalah sebuah film berdurasi relatif pendek. Hanya sekitar 90 menitan. Tapi dengan durasi pendek itu sang sutradara Fede Alvarez mampu membangun sebuah atmosfer horor yang menegangkan. Dengan latar belakang tempat sebuah rumah di daerah kumuh dan terpencil, kita akan dibuat kaget melalui permainan kucing dan tikus antara The Blind Man dengan si perampok rumahnya. Usaha untuk menemukan jalan keluar jadi sesuatu yang nggak gampang buat Alex dan Rocky. Nyatanya mereka justru seperti masuk dalam perangkap tikus yang diatur sedemikian rupa.


Alvarez menambahkan unsur menegangkan melalui karakter Norman Nordstorm alias The Blind Man. Menjadi sesuatu yang spesial karena karakter ini adalah seorang veteran tentara yang buta. Akan lain ceritanya kalo Norman tidak kehilangan penglihatannya, Don’t Breathe bakal jadi sesuatu yang biasa-biasa saja. Tapi kondisi Norman ini justru menjadi pemicu ketegangan, karena dia berhasil membuat buruannya ngerasain apa yang dia rasain : dunia yang gelap gulita.




Pokoknya film ini ngagetin banget dan bikin gemes!



https://www.youtube.com/watch?v=76yBTNDB6vU

Fede Alvarez sempet ngegarap Evil Dead, remake film dengan judul yang sama, yang pernah menjadi sangat populer di tahun 80-an. Tapi film horor ini ngedapetin banyak kritik karena terlalu banyak darah. Makanya dia pengen bikin film orisinil yang naskahnya dia tulis sendiri, dengan lebih menitikberatkan pada alur cerita dan membangun atmosfer ketegangan tanpa darah yang berceceran dimana-mana. Bahkan dia ngaku kalo proses pembuatan film ini lumayan gampang karena nggak ada campur tangan dari pihak studio.


Film ini dibintangi oleh Jane Levy sebagai Rocky, Dylan Minette sebagai Alex dan Daniel Zovatto sebagai Money. Sementara itu Norman Nordstorm alias The Blind Man diperankan dengan apik oleh Stephen Lang, yang pernah kita liat aksinya lewat Avatar garapan James Cameron. Bintang film yang satu ini emang paling cocok meranin karakter penjahat yang mengerikan.


Saat ini Don’t Breathe berada di posisi puncak box office dengan perolehan yang melebihi budget produksinya.


Kamu siap kaget-kagetan bareng sama temen atau pacar kamu? Nonton don’t breathe deh! Dijamin bakal jejeritan!

9 Comments

  1. Ceritanya nggak hantu2an berarti ya? Mantep ni, horor model thriller gini...

    ReplyDelete
  2. Yoih..bukan horor hantu2an :D nonton deh, keren lho film ni.

    ReplyDelete
  3. keliatannya ni film bikin deg degan deh..punya kunci isa buka semua pintu. Kalo pintu kemana saja ada gak yah :D

    ReplyDelete
  4. Ternyata ada yah film yang lebih nyeremin dari Conjuring

    ReplyDelete
  5. film ada adegan sadisnya ? atau cuma pembunhan biasa seperti penembakan difilm action...

    ReplyDelete
  6. Mungkin film ini terinspirasi dari game
    "hello neighbour"

    ReplyDelete
  7. Sumpah saya nonton film ini berasa naik roller coster.

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.