Udah lama nggak nonton bioskop sampai banyak film bagus kelewat. Ah, saya memang bukan moviegoers sejati. *melet*Etapi saya memang bukan moviegoers dink, karena kalo nonton di bioskop pasti memperhitungkan mood juga, selain duit tentunya. But don’t worry, belakangan saya lagi demen banget nonton nih. Ada kurang lebih 5 film baru yang siap saya tulis di sini. Kita mulai dari Captain America Civil War yak!


Captain America Civil WarYes! Ini adalah film terbaru rilisan Marvel Cinematic Universe yang sudah lama ditunggu-tunggu. Meskipun dalam beberapa tahun ini kita dibombardir dengan banyak sekali film superhero keluaran Marvel, tapi minat untuk menonton kisah pahlawan rekaan Stan Lee dan kawan-kawannya ini masih belum surut. Setelah Ant-Man, Captain America melanjutkan lagi kisahnya melalui babak baru berjudul Civil War.


Diberi judul Civil War karena menggambarkan pecahnya kongsi Avengers menjadi 2 kubu. 1 pihak dipimpin oleh Captain America, di pihak lain ada Tony Stark a.k.a Iron Man. Perpecahan ini dipicu karena kebijakan pemerintah Amerika yang ingin memberlakukan pembatasan terhadap sepak terjang para superhuman yang dirasa makin kebablasan. Meskipun tujuannya baik, yaitu meringkus penjahat yang berbuat onar, tapi tak jarang justru malah menimbulkan banyak korban.


Insiden terakhir yang menjadi perhatian adalah kejadian di Sokovia ketika Avengers berusaha menghentikan Ultron yang hendak menghancurkan bumi dengan mengangkat bongkahan besar tanah di negara itu dan menjatuhkannya ke bumi. Mirip dengan meteor yang akan menghancurkan peradaban manusia, Ultron berusaha untuk me-reset kehidupan, dan Avengers menghalanginya. *udah nonton kan?*



Plot


Film dimulai dengan adegan di tahun 1991, ketika si James “Bucky” Barnes melarikan diri dari markas besar Hydra di Siberia dengan membawa sekotak serum yang digunakan untuk membuat pasukan super. Beralih ke masa setahun setelah insiden Sokovia, Steve Rogers a.k.a Captain America, Natasha Romanoff a.k.a Black Widow, Sam Wilson a.k.a Falcon dan Wanda Maximoff a.k.a Scarlet Witch berusaha menghentikan pria bernama Brock Rumlow alias Crossbow yang akan mencuri sebuah senjata biologi dari lab di wilayah Lagos. Ketika Rumlow hendak meledakkan dirinya dengan harapan si Captain America ikut mati, Scarlet Witch malah memindahkan ledakan bom tersebut ke angkasa dan menghancurkan gedung di sekitarnya. Banyak pekerja kemanusiaan dari Wakanda tewas dalam kejadian itu.


Nah, karena kejadian itu pula akhirnya Sekretaris Negara U.S Thaddeus Ross memberitahu pada Avengers kalo PBB sedang bersiap untuk mengesahkan peraturan yang diberinama Sokovia Accords, yang isinya memberi wewenang pada sebuah panel di PBB untuk mengendalikan sepak terjang Avengers. Seperti yang udah saya tulis tadi, kalau tim Avengers terpecah jadi 2. Satu setuju dan yang lain enggak.


Ketika sebuah konferensi di Vienna digelar untuk mengesahkan aturan tersebut, sebuah bom meledak dan menewaskan King T’Chaka dari Wakanda. Kamera keamanan mengindikasikan kalau sosok Bucky lah yang berada di balik pengeboman tersebut. Putra dari T’Chaka yaitu T’Chala bersumpah akan membalas dendam atas kematian ayahnya. Dia mengikuti Steve Rogers dan Sam Wilson sampai ke Bucharest, dimana Bucky disinyalir berada, dan mereka pun terlbat perkelahian hingga ditahan oleh pihak berwajib.


Keberadaan mereka pun diendus oleh penjahat lain yaitu Helmut Zero. Dia menyamar menjadi seorang dokter yang bertugas mengevaluasi kejiwaan Bucky. Tapi ternyata, Helmut malah mengaktifkan kata kunci yang membuat Bucky berubah jadi super soldier lagi dan menuruti perintahnya. Tapi kemudian Bucky pun sadar dan bilang pada Captain America kalau Helmut lah yang menjadi dalang dari pengeboman di Vienna. Bahkan dia punya rencana jahat untuk membentuk super soldier dengan bekal serum yang telah dicurinya dari Hydra.


Dari sinilah kemudian terjadi perpecahan. Captain America, Falcon, Scarlet Witch, Hawkeye, dan Ant-Man beraksi tanpa menunggu ijin dari PBB, sementara itu Iron Man bersama Black Widow, T Challa, War Machine, Vision dan Spiderman berusaha mencegah mereka. Terjadilah pertempuran antara para personel Avengers di Leipzig Airport sampai kemudian Black Widow berpihak pada Captain America dan mengijinkannya untuk melarikan diri bersama Bucky.


Belakangan Iron Man tahu kalau Helmut Zemo lah yang menjebak Barnes untuk melakukan kejahatan. Dia menyusul ke markas besar Hydra di Siberia. Di sini dia tahu kalau ternyata, kedua orang tuanya dibunuh oleh Bucky yang saat itu sedang dalam pengaruh hipnotis, dan mengambil serum super soldier  yang dibawa oleh mereka. Iron Man menuduh Captain America menyembunyikan fakta ini darinya dan mereka pun terlibat dalam pertarungan.


Helmut Zemo pun puas karena tujuannya untuk membalas dendam keluarganya yang meninggal di Sokovia terbalas dengan pecahnya Avengers. Ketika dia akan bunuh diri, T’Chala alias Black Panther mencegahnya dan menyerahkannya ke pihak berwajib.


Akhir cerita, Bucky memilih untuk dipetieskan di sebuah rumah sakit jiwa di Wakanda sampai obat untuk menghilangkan cuci otaknya ditemukan.


Selesai deh…



Cast



  • Steve Rogers a.k.a Captain America – Chris Evans

  • Tony Stark a.k.a Iron Man – Robert Downey jr

  • Natasha Romanoff a.k.a Black Widow – Scarlett Johansson

  • Bucky Barner – Sebastian Stan

  • Sam Wilson a.k.a Falcon – Anthony Mackie

  • James Rhodes a.k.a War Machine – Don Cheadle

  • Clint Barton a.k.a Hawkeye – Jeremy Renner

  • T’Challa a.k.a Black Panther – Chadwick Boseman

  • Vision – paul Bettany

  • Wanda Maximoff a.k.a Scarlet Witch – Elizabeth Olsen

  • Scott Lang a.k.a Ant Man – Paul Rudd

  • Peter Parker a.k.a Spiderman – Tom Holland

  • Brock Rumlow a.k.a Crossbones – Frank Grillo

  • Helmut Zero – Daniel Bruhl

  • Sharon Carter – Emily VanCamp


Menurut saya…


Ini adalah film ketiga dari Captain America setelah The First Avengers dan Winter Soldier. Civil War juga menjadi produk ketiga belas dari film garapan Marvel Cinematic Universe. Busyet! Udah 13 film aja ya? Banyak amat…By the way, saya sendiri bukan penggemar kelas berat dari komik Marvel dan banyak karakternya. Kecuali X-Men saya suka. Hehehe. Jadi sebenarnya keinginan saya menonton Civil War lebih karena saya sudah terlanjur nonton kedua film sebelumnya. *nggak banget*


Dari segi cerita sih memang berkembang dan adegan aksi nya udah nggak diragukan lagi. Salah satu yang paling ditunggu-tunggu adalah kemunculan Spiderman yang dimanfaatkan juga untuk memperkenalkan pemeran barunya yaitu Tom Holland, yang akan menjadi penerus dari Tobey McGuire dan Andrew Garfield. Adegan yang jadi sentral tentu saja pertempuran para personel Avengers di Leipzig Airport. Aksinya dapet, humornya juga dapet. Tentu saja kelucuan-kelucuan ini karena kehadiran Ant-Man dan Spiderman.


Lalu di manakah Hulk berada? Kabarnya Hulk memang nggak jadi ditampilkan di Civil War sejak menghilangnya dia di film Avengers Age Of Ultron. Tapi konon dia akan muncul di film terbaru Thor Ragnarok yang akan tayang tahun depan.


Well, untuk mereka yang menyukai film aksi superhero dari Marvel tentu saja Civil War ini menandai babak baru dari kelompok Avengers yang penuh dengan jagoan-jagoan Marvel. Kabarnya setelah ini akan rilis Infinity War dengan kisah yang masih berlanjut dari Civil War.


https://www.youtube.com/watch?v=uVdV-lxRPFo

2 Comments

  1. Adegan favoritku adalah saat captain nahan helikopter. Otot di lengannyaaa... yummyy...

    ReplyDelete
  2. Hayyaaah...bahahahaha....untung kau nonton sebelum puasa ya Kak..

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.