Saya nggak pernah penasaran sama makanan sepenasaran saya sama makanan ringan yang satu ini. Sejak ngelihat iklan cetaknya di banyak media saya pengen nyoba segera. Sayangnya waktu itu Bite Mie belum tersedia di Semarang bahkan di konter sekelas Hypermart dan Carefour sekalipun. Tapi sekarang sudah ada dan saya malah nemunya di Indomaret.


First at glance saya pikir Indofood akhirnya menemukan cara untuk merubah "sisaan mie remuk" menjadi uang dengan cara yang lebih elegan. Hahaha. Pernah makan jajan dari remukan mie yang dikasih bumbu pedes, yang di jual di pasar atau warung-warung itu nggak? Ya seenggak-enggaknya pernah lihat lah ya? Nah, konon kabarnya jajan itu dibuat dari remahan mie yang tercecer di pabrik pembuatan mie instan yang dijual ke pengepul dan diubah menjadi jajanan yang bikin ibu-ibu pusing 7 keliling. Ya kali nggak pusing, secara tampilannya amburadul gitu, dengan bumbu yang belum jelas asal-usulnya dan sangat disukai oleh anak-anak mereka.


Dan menurut saya memang enak sih. :D



Jajan Berbahan Dasar Mie


Sebenarnya banyak kok jajan berbahan dasar mie yang bentuknya remuk begitu. Masih ingat sama krip-krip? yang bentuknya begini? gambar ngambil dari googling dan dapetnya di tokopedia - kalau ada yang ngerasa punya, kasih tahu saya ya biar saya kasih kredit kalau boleh. Kalau enggak ya saya hapus. Sementara pinjem dulu.


Bite Mie


Jaman dulu makanan ini biasa aja. Laku banget enggak, nggak laku juga enggak. Dasar emang kita, nggak pernah bisa move on dari nostalgia, jajan beginian banyak diburu lho! Sampai-sampai dijual di toko online. Hebat kan? Brand Krip-Krip sekarang juga muncul lagi di jajan keluaran Dua Kelinci. Cuma bentuknya beda. Kalau yang ini bahan dasarnya adalah gandum.


Gambar banner ngambil dari websitenya Dua Kelinci. Pinjem ya Mas...Mbak...Makasiiih...


Bite Mie

Dan masih banyak lagi merek lainnya macam mie kremez, Tic Tic, and whatsoever lah itu. Nah, jajanan berbahan dasar mie remuk begini emang populer. Biasanya sih bentuknya dibiarkan gitu aja.  Tapi untuk produk keluaran dari Indofood Sukses Makmur ini bentuknya beda. Simak nih gambar berikut...


Bite Mie


Gambar adalah foto milik pribadi diambil dengan kamera Nikon L840. Kalau mau diambil atau dipinjem silakan aja. Dikasih kredit sukur, nggak dikasih ya gapapa. Hehehehe.



Bite Mie...


Dilihat dari bentuknya, mungkin mereka terinspirasi dari snack beras yang kalau di tempat saya disebut dengan JIPANG. Orang juga melihat bentuk jajanan ini mirip dengan RENGGINANG. Betul enggak?


Kalau JIPANG terbuat dari beras dengan tekstur macem-macem. Ada yang agak puffy tapi ada juga yang crispy. Rasanya kalo nggak manis, ya gurih, sama seperti rengginang.


Bentuk Bite Mie ini serupa dengan JIPANG atau RENGGINANG. Hanya saja ini terbuat dari remahan mie. Entah apakah remahan mie ini memang dibuat begini? Atau ini adalah remahan yang berasal dari pembuatan mie instant yang remuk di sana dan di sini, lalu dikumpulkan jadi satu, lalu diproduksi lagi dengan penambahan bumbu ini dan itu? Anyhow, but this is a clever way! *tepuk tangan*


Size nya kecil seukuran koin 25 rupiah jadul - yang sekarang sudah jadi barang antik - dengan ketebalan kurang lebih 1 cm. Jadi pas banget kalau jajanan ini disebut finger food karena bisa sekali HAP!


Wait a minute...sounds wrong ya sekarang kalo pake kata HAP?


*jeda sejenak*


Ah, whatever...yang pasti buat saya ukurannya pas. Nggak tahu buat yang lain mungkin terlalu kecil. But i think they're so cute in that shape.



The Taste...


Bite Mie


Kebetulan pas saya beli ada 3 rasa Bite Mie yang tersedia di Indomaret dan sepertinya sih memang hanya 3 rasa itu yang dirilis oleh Indofood Sukses Makmur. Seperti yang terlihat di foto, ada BBQ Pizza, Rumput Laut, dan Udang Tempura. Lalu bagaimana rasanya?



SAMA AJA!


Hahaha...dari ketiganya, hanya 1 rasa yang menurut saya punya karakter yaitu BBQ Pizza dengan taste yang agak smoky atau ada rasa gosong-gosongnya gitu. Tapi rumput laut dan udang tempura, keduanya biasa aja. Teksturnya sih sudah pasti renyah walaupun kalau dirasa-rasa memang agak "kapes". Aduh, apa ya istilahnya? Ya itu kali ya...agak sedikit puffy. Mungkin karena melewati proses pengepresan menjadi bentuk model begini yang akhirnya bikin tekstur mienya nggak "sekriuk" mie instan yang biasanya. Jadi renyahnya nggak "klethuk-klethuk" gitu. Kayaknya buat gigi palsu oma dan opa masih kuat deh ngunyah Bite Mie? Ya nggak sih?


Walaupun ketiga rasa Bite Mie enggak terlalu kuat, sisi positifnya adalah rasanya tidak terlalu asin. Buat lidah saya rasanya pas. Bumbunya nggak berlebihan dan cukup rata, mienya disalut bumbu tipis-tipis gitu. Sama seperti yang terlihat di foto kalau BBQ Pizza warna bumbunya agak keoranye-oranyean, terus yang rumput laut sudah pasti hijau, dan yang udang tempura dengan bumbu yang berwarna agak kemerahan.



Packing


Bite Mie dikemas dalam plastik zip lock yang bisa ditutup lagi setelah dipake. Bukan yang pertama sih, karena sebelumnya snack pillow yang ukuran gede juga menggunakan packing seperti ini. And this is good! Karena kerenyahan makanan ringan yang ada di dalam wadah jadi cukup terjaga, in case kalo kita nggak mau ngabisin jajanan tersebut dalam sekali makan.


Bite Mie tersedia dalam 1 ukuran yaitu 40 gram yang menurut tabel nutrisi mengandung 200 kalori dalam 1 bungkus dan 100 kalorinya berasal dari lemak. Tapi sayang saya tidak jeli melihat kandungan-kandungan lain terutama natrium dan gulanya.


Dan apakah jajan ini bagus buat diet? i'm not sure deh. Sama seperti banyak makanan ringan yang sama sekali nggak bersahabat dengan diet. Tapi kalau dinikmati sekali-kali kan boleh juga. Ya nggak?


Lagian saya lagi nggak diet kok. Dan saya punya banyak teman yang bisa diajak sharing buat ngabisin! Yeay!



The Price...


Saya beli di Indomaret dengan harga 3200 rupiah per bungkus dan sedang ada promo beli 2 gratis 1 bungkus all variant.


You might be wonder, dengan packing sefancy itu jajanan ini bisa dijual dengan harga relatif murah? Kok bisa? Sebaiknya kamu nanya sendiri sama bagian product development nya Indofood soal ini. Hahaha.


So, is it safe for us? Tenang aja, makanan ringan ini sudah lulus BPOM Indonesia kok.



Verdict...


Well, akhirnya terjawab sudah rasa penasaran saya sama Bite Mie keluaran dari Indofood Sukses Makmur tbk, salah satu perusahaan consumer goods yang terkenal dengan produk mie dan sausnya. Menurut saya makanan ringan ini cukup enak meskipun nggak punya karakteristik rasa yang menonjol dari masing-masing flavor nya.


Yang saya suka dari Bite Mie adalah tentu saja teksturnya yang ringan, bentuknya yang kecil dan pas untuk sekali makan, dan rasanya yang tidak terlalu asin dengan bumbu yang tidak juga berlebihan.


Makanan ini memang tidak mengenyangkan sehingga untuk yang ingin menjaga berat badan memang harus diperhatikan porsinya karena kalorinya yang cukup tinggi yaitu 200 per bungkus. Jadi semoga saja sih kamu enggak kalap dan tiba-tiba nggak sadar udah ngabisin 5 bungkus. Udah 1000 kalori sendiri tuh! Hahaha.


Tapi sudahlah, apalah arti kalori kalau sudah berhadapan dengan makanan enak. Yang penting ajak-ajak teman untuk berbagi. Lumayan kan, bisa mengurangi asupan kalori, lemak, natrium, dan lain sebagainya?


Jadi, gendut satu-gendut semua. Kalau sudah sharing dan tetep kamu yang paling gendut? Ya sudah, anggap saja takdir dan tetap makan enak, teman!



*wink-wink*


12 Comments

  1. Ini enakkkk... tapi aku ga boleh makan banyak-banyak hahahaha

    ReplyDelete
  2. Nah itu kak! Itu! jajanan ini bikin lupa! tau2 udah habis 2 bungkus, kan ngeriiii...hihihi

    ReplyDelete
  3. jadi pengen beli :D

    satu lagi, udah bersertifikat halal mui hehe

    ReplyDelete
  4. Iya ya? Nggak liaaat..hahaha...liatnya no reg BPOMnya doang..

    ReplyDelete
  5. lah itu di potonya jelaas banget, kan :D
    kanan pojok bawah

    ReplyDelete
  6. wakakakakaka...kok malah aku nggak merhatiin yaaaa? *hodob banget aku*

    ReplyDelete
  7. Mecinlah yang bikin hidup lebih hidup Kak...hahaha

    ReplyDelete
  8. Ya ampuuun kudet banget aku baru tahu ada camilan ini! :o Kayaknya enak. *bukan pasukan mecin* *tapi sekali-sekali sukak*

    ReplyDelete
  9. Beuhh.. ini mah jipang dikemas kyk pillows.. haha.. ada2 aja idenya.
    Nice post!

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.