Pernah nggak sih kamu iseng nyari namamu sendiri lewat mesin pencari Google? Gimana rasanya begitu tekan tombol “ENTER”, kamu bisa lihat namamu sendiri di halaman depan? Entah itu nama akun twitter atau facebook, atau mungkin ketika namamu sempat masuk koran atau artikel majalah terus nongol di mesin pencari, pasti rasanya seneng banget ya? Begitu juga dengan blog. Gembira rasanya kalau suatu saat nemu alamat blog kita lengkap dengan salah satu postingan yang populer di halaman depan mesin pencari Google. Walaupun masih belum ada di urutan pertama, tapi setidaknya salah satu postingan kita ter-index oleh Google saat ada yang mencari tentang subyek tertentu. Nah, di postingan kali ini saya mau merangkum materi Fun Blogging 9 : Supaya Blog Gampang Ditemukan Oleh Google.


Kalau tulisan saya sebelumnya adalah rangkuman materi yang disampaikan oleh Mbak Haya Aliya Zaki, kali ini pematerinya adalah Mbak Shintaries. Selain sebagai Founder Blogger Perempuan Network, beliau juga mendirikan komunitas Fun Blogging bareng Mbak Haya dan Mbak Ani Berta. Blognya keren banget! Kamu bisa kunjungi di www.shintaries.com.


Terus terang, ketika event berlangsung tempo hari, hanya bagian yang disampaikan oleh Mbak Shintaries yang agak sedikit membingungkan. Kenapa? Karena beberapa bagian membahas tentang SEO dan segala macamnya. Buat saya yang nggak begitu ngeh dan mendalami ini, rada cenat-cenut juga sih? Makanya di tulisan ini saya coba rangkum materi yang sekiranya gampang saja yah? Hehehe. Soal teknis SEO kamu bisa belajar sendiri. Kalau nggak dari blognya Mbak Shintaries, kamu juga bisa kunjungi blognya mas Febriyan Lukito yang bahas banyak banget soal blog dan SEO.



Supaya Blog Gampang Ditemukan Oleh Google


Gimana ya caranya? Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan :




  1. Layout


Menurut Mbak Shintaries, awali dulu dengan mengatur layout atau tata letak dari blog kita. Ada banyak templates yang bisa kita pakai, baik yang gratis atau berbayar. Beberapa contoh layout yang sering dijumpai adalah seperti berikut ini :


Supaya Blog Gampang Ditemukan Oleh Google


Lalu, ada nggak sih layout yang ideal? Kalau Mbak Shintaries bilang sih tata letak ini yang paling ideal. Ya bukannya yang lain enggak, tapi dari sekian banyak jenis tata letak, inilah yang paling nyaman untuk blog. Tapi soal nyaman atau tidak, semua kembali ke pemilik blognya. Yang penting beberapa faktor ini perlu diperhatikan : tampilan blog bersih dan sebagian besar putih, nggak ada pop up yang menyebalkan, nggak ada suara musik yang tiba-tiba terdengar, dan ada identitas dari penulis lengkap dengan kontaknya (termasuk akun media sosialnya).


Supaya Blog Gampang Ditemukan Oleh Google


Menurut banyak pengalaman, blog yang minimalis, bersih, dan 70% bagian tata letaknya terdiri atas warna putih, lebih disukai oleh mesin pencari. Selain itu pembaca juga senang dengan blog yang nggak banyak pop up iklan atau suara-suara musik yang tiba-tiba muncul ketika membuka blog. Ditambah lagi dengan konten yang menarik, blog seperti ini pasti bikin betah pengunjung.


Berikut perbandingan lay out yang clean design dengan yang terlalu “berat” dan lay out yang profesional dengan yang “kurang profesional”. Silakan diambil kesimpulannya ya?


Supaya Blog Gampang Ditemukan Oleh Google


Supaya Blog Gampang Ditemukan Oleh Google




  1. Jenis huruf (Font Style)


Pernah nemu blog yang hurufnya “miring-miring nggak penting” nggak sih? :D Untuk beberapa kasus sih huruf yang “indah” dilihat itu kadang belum tentu enak buat dibaca. Nah, begitu pula dengan urusan postingan. Sebisa mungkin pilih huruf yang gampang dibaca dan nggak aneh-aneh. Supaya pengunjung juga senang berkunjung ke blog kita. Sebagai contoh, kamu bisa lihat gambar berikut ya? Kira-kira kamu senang baca tulisan dengan jenis huruf yang mana?


Supaya Blog Gampang Ditemukan Oleh Google


Kalau sudah, selanjutnya apa?


Terus kalau sudah ngatur layout dan memilih jenis huruf apakah blog yang sudah kita isi dengan berbagai macam konten itu bakal langsung ter-index oleh Google? Hmm, bisa iya bisa enggak. Kalau masuk daftar sih bisa aja, tapi masalahnya ada di halaman depan apa enggak? Hehehe.


Tips dari Mbak Shintaries adalah : promosikan blogmu! Caranya? Ya melalui banyak media sosial. Bisa lewat Twitter, Facebook, Google +, Youtube, Line, dan masih banyak lagi. Saran beliau sih kita mesti “baik-baik” dengan media sosial, terutama sama Google+, karena media sosial yang satu ini juga menentukan authorship dari blog kita. Jadi gampangnya blog kita jadi kayak dapat legitimasi kalo penulisnya adalah benar-benar kita sendiri. Jadi kalau misalnya kelak ada kasus tulisan yang sama dengan blog lain dan blog kita yang kena masalah, bisa dicek tuh authorship nya sebagai bukti kalau kamu nggak melakukan plagiarisme.



Faktor-faktor lainnya


Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, berikut ini adalah faktor lainnya yang membuat blog kita mudah dicari oleh mesin pencari Google.


Supaya Blog Gampang Ditemukan Oleh Google


Kira-kira udah jelas kan kalo faktor-faktor inilah yang membantu blog kita berada di halaman pertama hasil pencarian. Kita kulik satu-persatu yuk!




  1. Konten


Nah, sama juga kan seperti yang dibilang sama Mbak Haya? Kalau konten adalah faktor penting dari sebuah blog. Konten adalah raja, tapi kita juga kudu atur strategi supaya bisa cepat nongol di halaman pencari. Gambar di bawah ini menjelaskan tentang konten yang ramah mesin pencari.


Supaya Blog Gampang Ditemukan Oleh Google



Supaya Blog Gampang Ditemukan Oleh Google




  1. User Experience


Pengunjung blog kita juga perlu dimanjakan. Selain desain yang bersih dan rapih tanpa pop up iklan dan musik yang tiba-tiba ngagetin, blog juga perlu diatur sedemikian rupa sehingga membuat pengunjung senang datang dan membaca isinya. Ibarat rumah yang perlu didisain senyaman mungkin supaya tamu yang berkunjung betah dan senang. Terus gimana sih supaya blog kita disenangi pembaca? Gambar berikut bisa menjelaskan caranya :


Supaya Blog Gampang Ditemukan Oleh Google





  1. Hal teknis lainnya


Hal teknis di sini kurang lebih ditujukan supaya blog kita mudah diakses oleh pengunjung baik yang membaca blog kita melalui laptop, Personal Computer, atau smartphone. Blog perlu diatur seringan mungkin ketika diakses, dengan memberikan gambar yang sudah dioptimalkan ukurannya sehingga tidak memberatkan ketika blog dibuka. Jangan lupa juga untuk sesekali mengecek kecepatan akses blog kita melalui beberapa situs yang tersedia ya? Oh iya, mengatur permalinks juga penting lho! Tujuannya supaya blog kita gampang ditemukan apabila ada yang mencari sesuatu dengan kata kunci. Buat permalinks sesederhana mungkin dan tentu saja relevan dengan isinya.


Supaya Blog Gampang Ditemukan Oleh Google




  1. Backlinks


Apaan sih backlinks? Hmm…penjelasan gampangnya adalah tautan. Sering kan ketika kita membuat postingan (biasanya lomba), kita diminta untuk memberikan tautan pada kata-kata tertentu? Nah, itu tuh yang disebut backlinks. Ada link yang keluar, ada juga yang masuk. Kalau yang keluar itu biasanya kita yang memberikan tautan ke situs tertentu. Kalau yang masuk, berarti blog kita diberikan tautan oleh orang lain. Tautan ini penting lho untuk membuat postingan jadi lebih ramah SEO. Gambar berikut menjelaskan tautan seperti apa sih yang sesekali perlu ditambahkan, supaya blog kita jadi lebih populer.


Supaya Blog Gampang Ditemukan Oleh Google




  1. Sebar melalui media sosial


Kalau yang ini harus donk ya! Sebagai salah satu sarana untuk mempercepat lalu lintas ke blog kita adalah dengan mempromosikannya melalui media sosial yang kita punya. Mbak Shintaries menyarankan untuk membuat banyak akun media sosial dalam berbagai plat form. Tapi kembali lagi ke pilihan masing-masing, mau pakai media sosial yang mana itu terserah kita. Kalau saya sendiri sih paling masih terbatas di Facebook, Twitter, Path, Line, dan Instagram. Kalau kamu? Pasti lebih banyak kan? Hehehe.


Supaya Blog Gampang Ditemukan Oleh Google


Ffuh! Ternyata banyak juga ya yang kudu diperhatiin kalau mau blog kita ditemukan oleh mesin pencari? Kayaknya aja sih ribet, tapi enggak juga kok. Dibawa seneng aja ngeblognya, nanti pelan-pelan blog kita pasti akan ditemukan juga sama si “Mbah Google”. Makanya, posting sesuatu yang informatif dan bermanfaat buat pembaca yuk!


Oh iya, jadi inget sama pesan Mbak Haya Aliya Zaki, tiap postingan harus punya “cerita dan nyawa”. Jangan lupa, cerita! Cerita! Dan Cerita!


Aha! Sekarang mari kita cari nama blog kita di Google!


Gambar diambil dari pdf milik Mbak Shitaries yang dikirimkan melalui email kepada peserta Fun Blogging 9.

6 Comments

  1. masih banyak yang belum aku pahami mas, artinya harus lebih banyak belajar lagi nih aku mengenai yang beginian.
    btw, terima kasih sudah berbagi ya mas. aku yang nggak ikut fun blogging jadi kebagian ilmu juga :)

    ReplyDelete
  2. Sama2 Mbak. Saya juga masih belum begitu paham soal SEO dan lain2nya. Mari kita belajar bersama. Semoga bermanfaat ya?

    ReplyDelete
  3. Iya ya..materi bagiannya mb Shinta bikin pala cenut-cenut..hehe
    tapi bisa dipelajari sih..pelan-pelan :D

    ReplyDelete
  4. Take your time, Mbak! *wink-wink*

    ReplyDelete
  5. Agak lumayan susah kak...http://dongazikir.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  6. Mesti pelan-pelan nih bacanya dan langsung dipraktekan. Terima kasih sharing ilmunya ya

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.