2 hari yang lalu sambungan internet di kantor sempat down selama beberapa lama, akibatnya orang sekantor enggak bisa akses internet. Kalaupun bisa, kecepatan aksesnya bikin emosi naik-turun. Bahkan untuk sekedar buka email saja harus sabar menunggu. Kata teman yang bekerja di divisi IT sih ada masalah dengan kabel optik dari si operator. Kalau sudah begini harus percaya saja dan sabar sampai semuanya beres.


Sekarang semuanya sudah kembali seperti semula dan saya sudah bisa menggunakan internet untuk bekerja sekaligus bersenang-senang. :D


Enggak pernah kebayang kalau internet akan menjadi bagian yang cukup penting dalam kehidupan saya. Dulu waktu saya beli handphone monochrome pertama yang berteknologi WAP, rasanya sudah luar biasa excited. Walaupun untuk urusan koneksi masih kurang oke. Ujung-ujungnya nebeng di komputer kantor deh. Itupun paling buat urusan kirim dan terima email, unduh attachment dokumen atau lagu yang dikirim oleh rekanan label musik di Jakarta, atau nyari artikel buat bahan siaran.


Masih inget  banget, kalau mau connect ke internet, harus lapor ke bagian administrasi dulu baru bisa dihubungkan ke jaringan. Repot banget kan? Hahaha. Sekarang sih sudah enak, koneksi internet di kantor hampir pasti 24 jam terhubung. Urusan kerjaan atau hiburan lebih mudah dilakukan.



Perkembangan teknologi internet dan manfaatnya buat saya


[caption id="attachment_4064" align="aligncenter" width="700"]Memanfaatkan Besarnya Peluang Dengan Internet Indosat Mentari sejak 2004[/caption]

Kembali ke soal handphone. Sekarang teknologi internet udah canggih banget. Sebagai pengguna Indosat yang nomernya enggak pernah ganti sejak tahun 2004 sampai sekarang, saya menjadi salah satu saksi dari perkembangan teknologi data. Jaman dulu masih gprs, buat nyambung ke jaringan internet aja susahnya setengah mati. Dengan teknologi WAP tampilan internet di hp juga gitu-gitu aja. Standar banget dan nggak menarik.


Dari gprs lanjut ke 2G dan 3G. Dan sekarang malah udah masuk ke teknologi 4G. Dari yang tadinya lemot, teknologi data udah makin cepat. Sehingga aktivitas juga makin dinamis deh. Buka email atau nyari artikel pas di luar jam kerja nggak harus ke warnet. Semuanya bisa dilakukan melalui gadget yang ada di genggaman kita.


Kalau ada yang bilang internet cuma buat seneng-seneng aja mungkin dia belum pernah kerja mobile kali ya? Pekerjaan saya di media mau nggak mau menuntut koneksi internet yang cepat almost for 24 hour. Ya gimana enggak, kadang-kadang email tetap datang pas saya lagi pulang kampung buat liburan. Lagi enak leyeh-leyeh, eh ada kolega yang kirim materi lagu lewat Whatsapp dan minta didengerin saat itu juga. Kalau nggak ada koneksi yang oke di smartphone, mungkin bakal repot juga nunggu beberapa hari sampai saya balik lagi ke kantor.


Dengan koneksi yang lancar saya bisa unduh lagu saat itu juga, dengerin, dan kasih komentar seperti yang teman saya mau. Dengan internet saya juga bisa seru-seruan kok. Ikut mailing list di grup teman sejawat kadang juga bisa kasih sesuatu yang mengejutkan lho? Dengan push email saya bisa dapet informasi lebih cepat kalau pas lagi ada kuis berhadiah. Hasilnya? Lumayan lah bisa ikutan dan dapet hadiah pula. Saya malah pernah ikut kuis review lagu berhadiah. Udah mepet deadline dan saya baru memutuskan untuk ikutan. Reviewnya pun saya ketik lewat MS Word di handphone. Dan setelah selesai, saya kirim malam itu juga melalui email sebelum tenggat waktu berakhir. Dan hasilnya? Saya jadi salah satu pemenangnya. Ugh, seneng banget!



Internet memudahkan & membuka peluang untuk menghasilkan!


Dan kamu pasti setuju kan kalo internet memudahkan aktivitas kita? Coba hitung berapa banyak hal yang udah kamu dapet dari koneksi dengan teman-teman di dunia maya? Pasti banyak banget kan? Selain bisa bersosialisasi dan bertukar informasi, kita juga bisa dapet materi dari sana. Apalagi buat temen-temen yang concern di dunia blogging, pastinya butuh dong koneksi yang lancar dan nggak ngadat? Iya juga sih postingan ditunda, tapi jujur aja, kalau pas udah mau posting terus nggak ada koneksi, kamu pasti kesel kan? Sama dong kalau gitu. Hehehe.


Selama beberapa lama saya enggak begitu tertarik sih dengan media sosial. Nggak tahu kenapa dulu mikir kalau media sosial itu cuma buat seneng-seneng. Padahal udah banyak yang bisa dapet keuntungan dari sana, tapi saya masih nggak sadar juga. Baru beberapa waktu belakangan ini saya bisa ngerasain serunya bermedia sosial. Bisa dapet pulsa gratis dari gathering Indosat tempo hari, atau voucher taksi gratis dan voucher belanja dari event Fun Blogging, itu juga hasil dari menang event live tweet lho!


Memang sih, menangnya tergolong masih yang kecil-kecilan lah. Tapi tetap senang juga kok. Bukannya nggak pengin naik kelas juga, apalagi lihat senior-senior yang luar biasa sukses di dunia blogging. Pasti saya juga pengen donk bisa seperti mereka.



Event Fun Blogging membuka mata saya tentang dunia blogging


Memanfaatkan Besarnya Peluang Dengan Internet


Nah, kebetulan tanggal 19 Maret 2016 lalu trio blogger senior yaitu Mbak Haya Aliya Zaki, Mbak Shintaries dan Mbak Ani Berta datang ke Semarang dalam rangka berbagi ilmu perbloggeran di event Fun Blogging Semarang. Ini adalah kegiatan yang sudah dilaksanakan di berbagai kota, dan Semarang jadi kota berikutnya yang dikunjungi. Kebetulan untuk batch ke 9 ini Fun Blogging bekerja sama dengan IM3 Ooredo yang baru saja memperkenalkan salah satu produknya yaitu Freedom Combo.


Dalam kesempatan itu Mbak Haya, Mbak Shinta dan Mbak Ani berbagi banyak ilmu dan pengalaman soal blogging. Mulai dari lomba-lomba blog yang dimenangkan, sampai ke proyek-proyek bernilai puluhan juta yang berhasil dikerjakan. Ternyata kegiatan blogging juga bisa menghasilkan lho? Untuk materi-materi dari ketiganya akan saya posting di edisi berikutnya ya? Soalnya banyak banget, sayang kalau dicampur dengan postingan soal pengalaman berinternet ini. Hehehe.


Memanfaatkan Besarnya Peluang Dengan Internet


Memanfaatkan Besarnya Peluang Dengan Internet


Yang pasti, selesai mengikuti kelas Fun Blogging bersama trio blogger senior itu, pemikiran saya agak terbuka nih soal kegiatan ngeblog. Kalau semula ngeblog cuma buat curhat dan posting apa aja, sekarang sudah mulai pengen lebih profesional. Desain blog mulai dibikin rapih dan bersih, seperti saran Mbak Shinta. Cara dan gaya menulis juga perlu dipoles supaya lebih menarik dan enak buat dibaca. Mbak Haya bilang, belajar tata bahasa Indonesia dan aturan menulis yang benar juga perlu, supaya saya bisa jadi blogger yang lebih baik.


Ujung-ujungnya, peluang untuk mendapatkan pekerjaan dari kegiatan ngeblog juga akan terbuka lebar. Seperti pengalaman dari Mbak Ani Berta yang bisa melanglang buana dan mendapat banyak hal dari hobinya ngeblog. Nggak pernah kebayang di pikiran saya sejak mulai ngeblog beberapa tahun lalu. Sekarang mungkin agak menyesal kenapa dulu enggak diseriusin dan lebih memilih ngeblog cuma buat curhat aja ya? Hehehe.


Dan balik lagi, semuanya cuma jadi mimpi saja kalau enggak ada internet. Betul enggak? Dengan adanya teknologi internet peluang kita jadi tak terbatas. Meskipun pemain di dunia blogging udah luar biasa banyak, tapi kesempatan tetap ada untuk mereka yang mau mencari dan berusaha. Apalagi sekarang semuanya serba mudah dan murah. Kalau dulu, biaya untuk berselancar di dunia maya masih cukup mahal, sekarang sudah jauh lebih terjangkau dengan kualitas yang tentunya jauh lebih baik.



Indosat Ooredo dan peningkatan teknologinya


Seperti yang sudah saya ceritakan tadi kalau saya sudah menggunakan nomer Mentari dari Indosat (sekarang Indosat Ooredoo) sejak 12 tahun lalu dan sampai sekarang juga enggak ganti-ganti. Dengan nomer yang sama saya bisa beli paket internet yang murah dengan kuota yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan di smartphone saya. Ditambah lagi sekarang Indosat sudah mengaplikasikan teknologi 4G LTE yang menjangkau lebih banyak wilayah di Indonesia termasuk di kampung halaman saya.


Kalau beberapa waktu lalu masih sempet sedih karena dukungan sinyalnya belum menjangkau dengan cukup baik, dalam waktu yang relatif singkat sinyal Indosat di kota kecil seperti Comal sudah sangat baik dan stabil. Nggak heran, sekarang banyak konter HP yang sudah menjual kartu internet dari Indosat Ooredo. Dulu susah lho? Kalau nanya perdana internet buat isi modem aja nggak banyak yang jual karena masalah sinyal. Sekarang? Setiap konter ada! Mau cari yang kuota berapapun pasti nemu.


Ya, begitulah. Pengalaman saya dengan internet pastinya sudah sangat banyak. Tapi kebanyakan memang untuk urusan kerjaan dan senang-senang. Tapi sekarang sudut pandangnya harus diubah. Senang-senang pun masih bisa menghasilkan sama seperti kita kerja. Asal kita tahu caranya. Dan semuanya jadi lebih maksimal karena keberadaan internet.


Nah, kalau kamu, apa yang sudah kamu dapatkan dari memanfaatkan teknologi internet? Sharing ya.

0 Comments