Cari duit lewat ngeblog? Boleh dan bisa! Hehehe. Berapa kali lagi sih pertanyaan ini bakal ditanyain? Sampai bosen kali ya? Tapi tetap saja jawabannya boleh dan bisa banget. Walaupun saya belum sekelas blogger yang proyek menulisnya dihargai sampai puluhan juta, tapi setidaknya saya juga sudah (pernah) menjadi bagian dari blogger yang bisa dapat penghasilan dari menulis di blog. Jadi saya juga setuju, kalau cari duit lewat dunia blogging juga bisa dilakukan.


By the way, Halo lagi ya! Kita ketemu di postingan berseri Fun Blogging 9 Semarang. Ini adalah tulisan ketiga atau terakhir dari 3 materi yang diberikan oleh guru-guru cantik di Fun Blogging. Kalau sebelumnya ada materi dari Mbak Haya dan Mbak Shintaries, kali ini yang akan ditulis adalah rangkuman materi dari Mbak Ani Berta yaitu tentang memaksimalkan media sosial untuk meraih profit.


Cari Duit Lewat Ngeblog


Buat average people macam Saya, media sosial banyak digunakan hanya untuk media curhat ala kadarnya. Tapi buat orang-orang kreatif nan luar biasa macam kamu, iya kamu! Media sosial pasti bisa dimanfaatkan lebih dari itu. Sejatinya yang namanya media sosial memang banyak manfaat positifnya, meskipun negatifnya juga nggak kalah banyak. Tapi mari kita fokus pada hal-hal positif saja ya? Hehehe.


Media sosial bisa berguna untuk menjalin pertemanan baru dan memperluas networking kita. Selain itu bisa juga untuk berbagi informasi yang bermanfaat antar pengguna. Yang tak kalah penting, media sosial juga punya sisi edukatif juga lho, kalau kita mau belajar dari sana. Namun di balik itu semua, tersimpan potensi lain yang sangat menarik. Apalagi kalau bukan potensi ekonomis.


Kita banyak mendengar si A berpenghasilan jutaan hanya dengan sekali nge-tweet, si B diendorse sana-sini sampai barang di rumahnya nggak ada yang beli, semua disponsorin! Belum lagi si C, yang dibayar puluhan juta cuma buat bilang makanan di warung itu enak! Wah…wah…wah, kalau sudah begini siapa yang nggak akan tergiur? Saya juga mau!



Cari Duit Lewat Ngeblog


Blog, sebagai salah satu media sosial juga, berpotensi sama dengan platform media sosial macam twitter, facebook, atau yang lain. Kiprah para blogger juga makin diakui sebagai salah satu agen promosi yang cukup efektif bagi sebuah produk. Banyak orang mencari referensi tentang produk tertentu melalui blog. Banyak juga yang merasa terbantu dengan informasi yang dia baca melalui blog. Sehingga makin ke sini, blogger sudah nggak bisa dipandang sebelah mata lagi. Mereka pun semakin dilirik untuk mempromosikan produk dan jasa tertentu. Tarifnya juga lumayan lho, kalau enggak mau dibilang besar.


Menurut Mbak Ani Berta, jenis-jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang blogger dengan blognya adalah :




  1. Peluncuran produk

  2. Penyelenggara give away

  3. Kampanye elektabilitas tokoh politik

  4. Ghost writer

  5. Banner affiliation

  6. Adsense


Lalu kenapa blog dipandang sebagai salah satu media promosi underground yang cukup efektif? Masih kata Mbak Ani Berta, beberapa keunggulan blog adalah :




  1. Self experience


Kebanyakan, produk yang ditulis oleh para blogger adalah produk yang sudah dicoba sendiri. Biasanya mereka diberi produk (atau mendapatkannya sendiri dengan cara membeli) untuk kemudian direview. Pendapat inilah yang kemudian menjadi salah satu rujukan bagi orang lain yang sedang mencari tahu apakah sebuah produk atau layanan jasa layak digunakan atau tidak.




  1. Essay


Biasanya blogger akan menuliskan pengalamannya dengan cukup panjang lebar. Blog memberikan keleluasaan bagi blogger untuk menuliskan review sepanjang yang dia mau. Inilah yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh twitter, misalnya. Meskipun ada istilah “kultwit” tapi secara personal saya sendiri lebih suka menulis di blog jika ingin berpanjang lebar. Dan tentu saja ini memberikan saya peluang untuk membedah produk dengan lebih dalam.


Sering ketemu blog yang isinya review kan? Nah, bentuknya bisa macem-macem tuh. Ada yang suka review produk dan jasa dengan cara hard selling. Blogger yang melakukan hard selling bisa dikenali dengan caranya menuliskan review produk atau jasa dengan terang-terangnya menyebut brand secara berulang-ulang, ditambah dengan keunggulan dan kelebihan yang diperkuat dengan testimoni.


Lalu ada juga blogger yang review produk atau jasa dengan cara soft selling. Biasanya blogger diharuskan membuat opini dan essay yang berkaitan dengan produk atau jasa dari advertiser. Biasanya ada tautan pada kata-kata tertentu yang mengarah pada website dari produk atau jasa yang bersangkutan. Karena soft selling, blogger tersebut berusaha untuk tidak terlihat sedang beriklan, tapi hanya mengarahkan pembaca untuk membaca produk yang ada di tautan. Kebanyakan advertiser mulai menyukai soft selling karena ingin mengesankan bahwa produk yang dibahas oleh blogger tersebut memang bernilai dan cara seperti ini dianggap cukup efektif untuk memengaruhi calon konsumen.


Gabungan antara keduanya juga ada lho, yaitu review produk atau jasa dengan cara hard & soft selling. Sering ditandai dengan pemaparan opini oleh blogger pada awal dan akhir paragraf, yang dikombinasikan dengan materi promosi.


Lalu mau pake cara yang mana? Tergantung permintaan advertiser juga sih. Jadi kita memang harus betul-betul memerhatikan apa yang diinginkan oleh advertiser yang bersangkutan. Biasanya advertiser akan memberikan semacam panduan dalam bentuk brief yang berisi apa-apa saja yang perlu diperhatikan dalam menulis review. Namun yang perlu juga diperhatikan adalah bahwa review dibuat bisa dari berbagai macam sumber. Seperti yang ada dalam gambar berikut :




[caption id="attachment_4117" align="aligncenter" width="500"]Cari Duit Lewat Ngeblog Cari Duit Lewat Ngeblog[/caption]

Tips memperoleh job review


Sebagai blogger berpengalaman, Mbak Ani Berta membagikan rahasia suksesnya. Kita tahu kalau di dunia ini nggak ada yang instan. Bahkan sesuatu yang instan macam mie pun, butuh diproses sebelum bisa dinikmati. Nah, begitu juga dengan pekerjaan melalui blogging. Mbak Ani Berta juga melalui proses itu. Blogger yang memang benar-benar berniat untuk mencari tambahan penghasilan melalui kegiatannya, bisa melakukan beberapa hal berikut :




[caption id="attachment_4118" align="aligncenter" width="500"]Cari Duit Lewat Ngeblog Cari Duit Lewat Ngeblog[/caption]

Udah dilakuin belum? Saya…belum semua. Hihihi. Gapapa, pelan-pelan ya? :D


Terus, kalau sudah mulai jadi blogger famous yang kebanjiran pesanan kerjaan, kira-kira gimana ya? Pada tahap ini blogger sudah mulai harus bersikap profesional dan tidak asal terima job. Pilih advertiser yang dapat dipercaya, bikin perjanjian melalui Memorandum Of Understanding yang berisikan hak dan kewajiban kedua belah pihak, perhatikan relevansi konten blog dan perhatikan kode etik blogger.


Jangan lupa juga untuk menjaga sikap dengan advertiser yang sudah mempercayakan produknya pada kita.




  1. Bertanggung jawab pada kualitas blog kita

  2. Keep in touch dengan Jalin hubungan baik jangka panjang dengan mereka.

  3. Tidak perlu “maruk”. Jika job review mengalir, usahakan untuk tetap menjaga keseimbangan konten blog kita. Setidaknya dengan perbandingan 70 : 30, 70% isi adalah konten pribadi non review dan 30% adalah konten berbayar.

  4. Perlu untuk mulai membuat rate card atau tarif penulisan review. Tentu saja disesuaikan dengan portofolio kita ya? Jangan langsung matok harga tinggi jika pengalaman belum terbukti. Coba tanya-tanya dulu saja dengan blogger yang sudah pro mengenai rate card Nanti mereka akan membantu kamu untuk menentukan harga yang sesuai.

  5. Personal charity. Ini nih yang juga perlu dilakukan. Kalau kamu sudah famous dan penghasilanmu jutaan, jangan lupa beramal ya? Tidak harus selalu dalam bentuk materi sih, tapi mengadakan sesi pelatihan menulis blog gratis untuk teman dan berbagi ilmu juga merupakan salah satu bentuk charity lho? Intinya JADI BLOGGER ITU JANGAN PELIT ILMU. Rejeki nggak akan kemana kok Mas dan Mbak. *kedip-kedip*


Oh iya, hampir lupa. Lalu kalau mau optimasi blog supaya bisa dapat job review, blognya harus yang gratisan atau domain sendiri sih? Menurut penuturan dari Mbak Ani Berta, jika ada kemampuan, boleh lah beli domain dan hosting sendiri. Tapi jika masih terbatas pada blog gratisan, juga enggak apa-apa. Banyak juga kok blogger yang blognya masih gratisan tapi dapat job review. Yang penting faktor-faktor seperti gambar di bawah ini harus dipenuhi :




[caption id="attachment_4119" align="aligncenter" width="500"]Cari Duit Lewat Ngeblog Cari Duit Lewat Ngeblog[/caption]

Jangan lupa, setelah posting lakukan proses sharing melalui media sosial yang kamu punya ya? Supaya postingannya bisa tersebar dan dibaca oleh orang lain. Syukur-syukur mereka juga ikut menyebarkannya ke orang yang lebih banyak.


Nah, itu dia sedikit rangkuman tentang Cari Duit Lewat Ngeblog dari Mbak Ani Berta. Sebenarnya masih banyak lagi bahasan dari beliau, yaitu tentang optimasi media sosial seperti twitter dan facebook. Tapi saya memang sengaja menulis khusus untuk optimasi blognya saja, supaya fokus pada bahasan ini.


Dan akhirnya selesai sudah rangkaian materi Fun Blogging 9 di Semarang. Semoga bermanfaat ya? Tujuan saya memposting materi-materi Fun Blogging 9 bukan buat menggurui atau nunjukin kalau saya sudah sukses jadi blogger. Masih jauuuuuuuuuuh banget ya Pakdhe… Budhe… :D Tapi tujuan saya adalah supaya postingan ini bisa jadi dokumentasi dan pengingat, jadi mereka yang tidak bisa hadir dalam acara tersebut juga bisa belajar materi yang sama. Jadi, yuk belajar bareng-bareng!


Salam!

11 Comments

  1. Mas Nuno rajin pisaaan. Keren InsyaAlloh bermanfaat ilmunya mas :D

    ReplyDelete
  2. Ini nulisnya di bawah paksaan todongan senjata Mbak, hahaha. Katanya kalau ga gitu ga dikerjakan. Btw, Amien Mbak! Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Pengen banget nyari duitnya lewat ngeblog, biar enggak perlu ngantor dan bisa jagain anak...

    ReplyDelete
  4. Pasti ada rejeki Mbak yg nyelip di dunia blogging. Ayo dicari! Semangat!

    ReplyDelete
  5. Puji Tuhan, dapat ceperan dari ngeblog hehehe .. Tapi kadang suka khawatir sih, nulisnya jadi getol krn dibayar aja. Saya masih punya rubrik khusus yg meski ga banyak yg baca, tapi itu rubrik "aku banget" hehehe .. itu yg bikin selalu semangat nulis

    ReplyDelete
  6. Hahaha...sebenarnya sih blogku itu aku banget. Tapi karena lama2 kupikir aku comel karena kebanyakan curhat, kuhapus saja postingannya. Skrg curhatnya di draft kompi. Wkwkwkw

    ReplyDelete
  7. Aku sendiri males kalau pas blogwalking ketemu artikel hard selling semua..

    ReplyDelete
  8. Semoga aku bukan jadi salah satunya ya Kak? Haha.

    ReplyDelete
  9. nulis itu passion, klo dpt penghasilan dri nulis yaa berarti itu passion yg di rahmati :D

    ReplyDelete
  10. mas Nuno, makasih ilmunya.
    Salam, kenal ya Mas.
    Saya seneng ngeblog dan pengen ngasilin uang dari situ
    Bimbing terus ya mas.

    ReplyDelete
  11. Waaaah...jadi bingung mau ngomong apa. Hahaha. Iya sama-sama, kita sama2 belajar ya Mbak. Mari kita berbagi kue kebahagiaan dari ngeblog.

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.