Saya penyuka film horor, meskipun hanya pada jenis-jenis tertentu. Kalau horror supranatural saya suka. Agak slasher dikit masih bisa nonton. Tapi kalo sudah gore dan agak kejem gitu suka enggak kuat. :D Nah, kebetulan film yang akan saya review sedikit kali ini adalah film horror supranatural, yang mungkin saja sudah turun dari layar bioskop, tapi bisa jadi referensi kalau kelak kamu pengen pinjem VCD atau DVDnya. Judulnya adalah The Other Side of the Door.




[caption id="attachment_3954" align="aligncenter" width="338"]The Other Side of the Door www.wikipedia.com[/caption]

Plot The Other Side Of The Door



The Other Side of the Door berkisah tentang sebuah keluarga kecil yang tinggal di India. Adalah Maria dan Michael yang baru saja kehilangan anak lelakinya karena sebuah kecelakaan. Suatu hari Maria mengendarai mobil bersama dengan anaknya Oliver dan Lucy ketika mobilnya selip dan terjun dari atas jembatan ke sungai yang berarus deras.


Kaki oliver terjepit kursi depan yang penyok sementara Lucy pingsan dan harus segera diselamatkan. Menghadapi dilemma Maria memilih menyelematkan Lucy terlebih dulu dan meninggalkan Oliver yang tenggelam ke dasar sungai dan tewas. Dihantui rasa bersalah, Maria mengalami depresi berkepanjangan bahkan berniat untuk mengakhiri hidupnya sendiri.


Suatu hari Piki, pembantu Maria mengatakan bahwa dia bisa membantu Maria untuk menghilangkan rasa bersalahnya. Didasari dari pengalaman yang hamper sama ketika Piki kehilangan anak perempuannya yang juga tenggelam di sebuah kolam karena kelalaian sang ibu, Piki memberitahu sebuah ritual rahasia yang akan menghubungkan Maria pada dunia arwah.


Maria akan punya kesempatan untuk berpamitan dan meminta maaf pada Oliver. Syaratnya, Maria harus mengunjungi sebuah kuil di tengah hutan terpencil. Kemudian dia harus menebar abu Oliver di tangga masuk ke kuil tersebut. Dan segera setelah Maria masuk ke dalam kuil, dia harus mengunci diri di dalam kuil tersebut semalaman. Nantinya dia akan bisa berkomunikasi dengan arwah Oliver dari balik pintu. Namun Piki mengingatkan supaya Maria tidak melanggar pantangan yaitu tidak membuka pintu kuil apapun yang terjadi. Maria pun menyetujuinya.


Ritual itu pun dilakukan Maria sesuai dengan petunjuk Piki. Namun 1 hal telah dilanggar oleh Maria. Saat dia berbicara dengan Oliver dari balik pintu, dia membuka pintu tersebut karena merasa takut kehilangan Oliver.


Sepulang dari hutan, Maria dan keluarganya mengalami banyak gangguan makhluk halus. Lucy jadi sering bicara sendiri. Dia mengaku bahwa arwah oliver datang lagi. Maria bahkan harus membacakan dongeng setiap malam di tempat tidur Oliver. Namun Piki merasakan ada keanehan ketika menemukan banyak tanaman di halaman rumah mereka mati karena kekeringan. Mulai dari sini dia tahu kalau Maria telah melanggar aturan yang sudah diberitahukannya.


Di tengah-tengah serangan makhluk halus itu Maria menyadari bahwa sosok Oliver bukanlah putranya. Dia telah menjadi roh jahat yang tak segan-segan melukai bahkan membunuh. Piki pun menjadi korban, sementara arwahnya membuat Lucy kesurupan. Meskipun begitu, ternyata ada 1 lagi sosok makhluk halus menakutkan yang selama ini menjadi penjaga kuil tersebut, Namanya Myrtu. Makhluk inilah yang sebenarnya akan membawa arwah jahat untuk kembali kea lam baka. Tapi pada akhirnya Oliver pun berhasil dibawa oleh Myrtu dan gangguan arwah jahat Oliverpun berhenti.



Cast


The Other Side of the Door dibintangi oleh Jeremy SIsto sebagai Michael, seorang pedangang barang antik yang tinggal di India bersama Istrinya, Maria. Aktor ini mungkin tidak terlalu mendapat highlight belakangan ini, namun ternyata dia masih cukup aktif di dunia seni peran. Beberapa film layar lebarnya belakangan memang berkelas B, namun untuk layar perak, kita sempat melihatnya di serial Wicked City yang hanya tayang 1 musim.


Sedangkan Maria diperankan oleh Sarah Wayne Callies, yang terakhir kita lihat aktingnya di film aksi bencana Into The Storm dan Pay The Ghost. Tapi pecinta film seri pasti sudah nggak asing lagi dengan namanya, karena dia sempat tampil di film Prison Break dan The Walking Dead.


Sementara anaknya Oliver diperankan oleh Logan Creran dan Lucy oleh Sofia Rosinsky. Piki diperankan oleh aktris India Suchitra Pillai Malik. Yang menarik adalah karakter Myrtu sang dewi penjaga gerbang arwah. Sosok Myrtu diperankan oleh Javier Bortet. Dia ini adalah sutradara dan aktor asal Spanyol yang kerap kali dikasting untuk peran monster. Kalau kamu pernah nonton film horor berjudul MAMA, nah, sosok MAMA itulah yang dimainkan oleh Bortet. Ternyata sosok karakter monster ini diberikan padanya bukan tanpa alasan. Javier menderita sindrom yang bernama Marfan, yang membuat penderitanya memiliki beberapa anggota tubuh yang panjang, termasuk jari tangan dan bagian tengah badan. Penderita Marfan Syndrome ini biasanya juga tumbuh menjadi sangat tinggi.



What I Said


The Other Side of the door menjadi salah satu film horor yang membuat saya tertarik begitu menonton trailernya tempo hari. Sejak awal tahun 2016 saya sudah searching film horor yang akan dirilis. Namun tidak menemukan judul The Other Side of the Door. Makanya agak kaget ternyata filmnya nggak masuk daftar rilis versi Yahoo atau beberapa sumber lainnya. Menurut saya sih premisnya cukup menarik meskipun hampir sama dengan apa yang sudah kita lihat di Insidious. Itulah kenapa saya melihat bahwa The Other Side of the door berusaha untuk tidak terjebak pada alur yang sama, dimana arwah jahat ikut keluar dari neraka dan berusaha merebut posisi orang yang masih hidup demi mendapatkan kehidupan baru.


Seperti banyak film horor supranatural lainnya, The Other Side of the door cukup meyakinkan di awal dengan pace yang tidak terlalu lambat dan tidak juga terlalu cepat. Buat saya sih cukup pas ya? Tapi seperti yang sudah saya bilang “seperti pada banyak film horor supranatural lainnya”, The Other Side of the door cukup kedodoran di sepertiga akhir. Beberapa alur sudah mulai bisa ketebak dan penyelesaiannya sendiri menurut saya kurang yahud. Dan berhasil membuat saya bilang “udah? Gitu doank?”


Sebenarnya sih The Other Side of the door cukup menarik ya. Apalagi mengambil latar belakang India sebagai setting tempatnya. Menurut saya sangat jarang lah film horor Amerika memilih India sebagai salah satu rujukan film horor seperti ini. Paling banyak Hollywood mengadaptasi Jepang atau Thailand, yang memang bisa dibilang paling terkenal untuk urusan genre yang satu ini. Walaupun India sendiri cukup produktif menggarap film bernuansa seram (walaupun nyanyi-nyanyinya nggak pernah ketinggalan).


Legenda mengenai gerbang arwah sendiri entah ada entah tidak. Tapi Johannes Robert dan timnya berhasil membangun set yang cukup meyakinkan yaitu kuil tua di tengah hutan belantara di pedalaman India.


Untuk urusan acting sendiri sih saya tidak melihat ada masalah dengan Jeremy Sisto atau Sarah Callis, tapi saya merasa kalo chemistry keduanya kok kurang klop sebagai suami istri. Salah satu yang berhasil menarik perhatian saya adalah si bocah Lucy yang diperankan oleh Sofia Rosinsky. Akting bocah berambut keriting ini terlihat natural. Dan jangan salah, meskipun masih terlihat bocah, tapi resume filmnya cukup banyak. Salah satunya dia akan tampil di serial Criminal Minds Beyond Borders yang akan tayang nggak lama lagi di salah satu saluran TV berbayar.



Verdict


The Other Side of the door adalah karya dari Johannes Robert, sutradara yang sudah cukup berpengalaman di film-film horor. Ditambah lagi nama Alexandre Aja, yang juga beberapa kali memimpin proyek film horor macam The Hill Have Eyes dan Piranha 3D, seakan menjadi jaminan bahwa The Other Side of the Door akan menjadi horor supranatural yang mampu membuat penontonnya terkencing-kencing. Nyatanya mungkin tidak semenakutkan itu jika saja Joseph Bishara tidak turut serta dalam proyek ini. Bishara yang menjadi komposer di 2 film Insidious serta The Conjuring, sepertinya memang paling bisa memberi nuansa horor yang mengagetkan.


Untuk pecinta film horor, boleh lah memilih The Other Side of the Door sebagai salah satu film yang layak tonton. Namun saya pribadi hanya memberikan peringkat BIASA saja untuk film ini.


Gimana? Apakah kamu tertarik menonton The Other Side of the Door?


https://www.youtube.com/watch?v=C1HjOEubv2Y

2 Comments

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.