Ditulisan saya sebelumnya [ baca : Blue Bird Blogger & Media Gathering ] saya sudah sedikit cerita tentang pengalaman hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh Blue Bird Semarang. Nah kali ini saya mau posting tentang salah satu aplikasi order taksi yang dirilis oleh Blue Bird pada acara tersebut. Namanya adalah My Blue Bird.


Sedikit banyak saya sudah menulis tentang aplikasi tersebut. Tapi sebelum saya nulis tentang bagaimana sih cara memakai aplikasi My Blue Bird ini, saya pengen ngulang lagi beberapa kelebihan dari aplikasi My Blue Bird ini :



Beberapa keuntungan menggunakan My Blue Bird app :




  1. Pesanan bisa cepat dilakukan jika sudah menginstal dan mendaftar. Tinggal tekan ORDER, lalu memastikan lokasi penjemputan, taksi akan segera datang.

  2. Kita bisa mendapatkan data supir lengkap dengan nomer armada taksi dan foto dari pengemudi. Hal ini tentu saja memberikan rasa aman karena supir yang bertugas sudah terdata dengan baik, sehingga jika ada sesuatu yang tidak memuaskan, kita bisa memberikan komplain lengkap dengan data supirnya.

  3. Kita akan tahu estimasi biaya dari perjalanan kita. Di dalam app My Blue Bird juga tersedia kolom perkiraan biaya yang akan dikeluarkan sebelum kita benar-benar klik OK untuk approval order kita. Estimasi ini akan muncul jika kita mengisi tempat penjemputan dan tempat tujuan.

  4. Tidak perlu pulsa telpon untuk memesan taksi. Hanya butuh pulsa internet saja, dan kita tidak harus menunggu lama untuk telpon ke operator kemudian menunggu taksi dicarikan. Semuanya ada dalam genggaman kita dan order akan langsung ditujukan ke pengemudi, sehingga kita merasa seperti punya supir pribadi.

  5. Kita bisa melakukan pemesanan untuk penjemputan beberapa hari kemudian. My Blue Bird app bisa digunakan untuk memesan taksi dalam 3 kali kesempatan sekaligus. Untuk saat ini, dan 2 waktu lainnya yang akan datang. Misalkan untuk keperluan besok, atau 2 hari ke depan, bisa dilakukan melalui app, sehingga kita sudah terjamin akan mendapatkan armada karena sudah melakukan early booking.


Jadi untuk yang butuh cepat, My Blue Bird bisa diandalkan tanpa harus repot telpon ke operator. Lalu bagaimana menggunakan aplikasi My Blue Bird?

Cara Registrasi Data Ke My Blue Bird App


Yang harus dilakukan sebelum menggunakan aplikasi ini tentunya kita harus sudah menginstal aplikasinya di smartphone kita dong ya? Untuk saat ini My Blue Bird memang masih tersedia hanya di android, namun ke depannya Blue Bird juga akan merilis aplikasi yang sama dalam platform OS untuk pengguna iPhone maupun Windows Phone.


My Blue Bird


Jangan sampai salah ya. Nama appnya adalah MY BLUE BIRD. Pastikan setelah terunduh, kita accept terms and conditionsnya sebelum bisa menggunakan app tersebut.


My Blue Bird


My Blue Bird


Setelah kita mengklik tombol accept kita akan dibawa pada registration section. Silakan dicek terlebih dulu domisi kita di daftar berikut :


My Blue Bird


Saat ini My Blue Bird bisa digunakan di kota-kota yang tercantum dalam daftar tersebut. Mungkin ke depannya juga bisa bertambah. Oh ya, meskipun pada saat pertama kali mendaftar kita menggunakan kota domisili awal, kita masih bisa menggunakan aplikasi My Blue Bird di kota lain yang tercantum dalam daftar di atas lho? Misalnya saja saya berkunjung ke Jakarta dan butuh taksi Blue Bird, saya bisa menggunakan aplikasi ini karena pada dasarnya My Blue Bird juga menggunakan GPS dan Map yang akan mendeteksi lokasi kita saat itu.


Nah, setelah memilih kota domisili (misalnya : Semarang), langkah yang harus kamu lakukan adalah mengisi data diri singkat. Seperti nama dan nomer telepon pokok. Kenapa pokok? Iya, sebaiknya nomer telepon yang diisikan adalah nomer telepon yang tidak berganti-ganti. Tahu kan jaman sekarang orang lebih senang beli perdana baru dan berganti-ganti nomer telepon dibanding beli pulsa isi ulang? Tujuan kenapa kita harus mengisi nomer telepon ini adalah karena di beberapa kesempatan kita akan dihubungi oleh supir jika mereka hendak bertanya tentang posisi pasti kita saat akan dijemput.


My Blue Bird


My Blue Bird


Setelah isi data nomer telepon yang bisa dihubungi, klik REGISTER di sudut kanan bawah. Nanti kita akan dikirimi nomer kode verifikasi di nomer yang tadi sudah didaftarkan. Kode tersebut yang harus dimasukkan ke dalam


My Blue Bird


Screenshot_2016-02-12-21-16-12


Setelah kita klik tombol VERIFY app My Blue Bird sudah bisa dipakai! Mudah kan registrasi ke My Blue Bird app? Lalu bagaimana menggunakan app ini? Gampang kok.



Cara Memesan Taksi Via My Blue Bird App


Buka Aplikasi My Blue Bird, kemudian klik tanda/gambar garis yang ada di sudut kanan bawah.


My Blue Bird

Klik Order, kemudian pilih PICK UP HERE. Coba dicari alamat penjemputannya. Kadang-kadang ada alamat yang sudah lengkap seperti area dan jalannya. Tapi ada juga yang belum tercantum. Hanya area jalan besarnya saja. Jangan kawatir, tetap bisa dipilih kok. Nanti setelah diklik area penjemputannya, kita akan dibawa ke kolom berikutnya.


My Blue Bird

Pada bagian ini kita bisa memberikan data tambahan berupa jalan, nomer rumah, dan keterangan tambahan lainnya jika dirasa perlu. Tapi namanya juga OPSIONAL, data ini tidak harus diisi kok.


My Blue Bird

Apabila butuh informasi berapa kira-kira biaya yang akan kamu keluarkan untuk menggunakan jasa taksi Blue Bird dari 1 area ke area lainnya, di kolom yang sama kamu bisa dragging ke bawah. Di sana ada estimasi biaya perjalanan yang dibutukan. Tapi jangan lupa untuk mengisi kolom alamat penjemputan dan alamat tujuan ya, supaya perkiraan biayanya muncul.


My Blue Bird



Kalau sudah selesai semuanya dan dipastikan benar, klik ORDER nanti My Blue Bird akan mencarikan armada yang terdekat dengan lokasi kita saat itu. Dan setelah My Blue Bird berhasil mendeteksi keberadaan armada dan taksi tersebut mengambil order kita, sebuah notifikasi akan dikirimkan ke smartphone kita yang isinya adalah status order lengkap dengan nama supir dan nomer lambung kendaraan.


My Blue Bird


That's it!


Iya, cuma segitu. Gampang kan? Dan sepanjang pengalaman saya, menggunakan My Blue Bird app ini relatif lebih cepat daripada kalau harus telpon ke operator. Kadang-kadang operatornya sibuk dan telepon agak lama diangkat. Belum lagi kalau harus menunggu taksi dicarikan. Dengan app My Blue Bird ini taksi terdekat akan merespon pesanan sehingga armada jadi cepat sampai.


So far sih saya puas dengan My Blue Bird app karena jadi minim repot. Tinggal klik ini dan itu, taksi pun segera menjemput. Berasa jadi punya supir pribadi!



Tulisan ini diikutsertakan pada My Blue Bird Blogging Competition yang diselenggarakan oleh PT Blue Bird Tbk.

4 Comments

  1. aku pengguna my blue bird lho kak

    ReplyDelete
  2. Sama dong kak. Yuk kak ikut lombanya...

    ReplyDelete
  3. Ih tampilannya sekarang makin keren. Udah lama nih ga pake blue bird application.

    ReplyDelete
  4. Sekarang aku malah ketagihan naik Blue Bird. kenapa ya? :D

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.