Jika Anda berkunjung ke kota Semarang cobalah mampir ke area Simpang Lima, tepatnya ke Jalan KH Ahmad Dahlan karena disana ada sebuah warung tenda es puter yang terkenal bernama ES Puter Cong Lik. Sesuai dengan namanya warung ini khusus menjual sajian es puter buatan rumah. Dan hebatnya lagi bisnis ini sudah berjalan turun temurun selama kurang lebih 33 tahun.




[caption id="attachment_98" align="alignleft" width="300"]20150520_192149 Pak Slamet[/caption]

Menurut penuturan dari Pak Slamet, generasi kedua sekaligus pemilik gerai es Cong Lik yang ada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Es Cong Lik berawal dari ayahnya yang sudah berdagang es puter keliling sejak tahun 1982. Kala itu Es Cong Lik masih belum mangkal seperti sekarang. Dan Pak Slamet sering ikut membantu ayahnya mulai dari membuat sampai memasarkan sendiri es puter tersebut.



Es Puter Cong Lik


Nama Cong Lik sendiri berasal dari kata Kacung Cilik. Menurut cerita Pak Slamet, dulu ada seorang tionghoa tetangga dari keluarga mereka yang senang menyuruh anak-anak kecil untuk berbaris dan berlomba lari. Anak-anak ini disebut Kacung Cilik karena gerakan mereka yang gesit. Dan sebutan inilah yang kemudian menginspirasi Ayah dari Pak Slamet untuk memberinama jualannya dengan Cong Lik.




[caption id="attachment_99" align="alignleft" width="300"]Es Puter Cong Lik Dari kiri ke kanan : Durian, Leci, Kepala Muda, Cokelat[/caption]

Istimewanya adalah Es Puter Cong Lik ini dibuat dengan cara manual sampai dengan sekarang. Keluarga Pak Slamet masih membuat sendiri es puternya tanpa bantuan mesin otomatis. Ada banyak varian rasa yang disuguhkan. Pak Slamet mengklaim bahwa beliau tidak menggunakan bahan tambahan berupa pemanis buatan. Hanya gula pasir berkualitas tinggi dan tidak menggunakan perasa tambahan. Semua rasa yang diproduksi oleh Cong Lik adalah rasa asli dari sari buah. Walaupun mereka membuat banyak varian, tapi terkadang ada rasa tertentu yang hanya muncul secara musiman. Itulah kenapa kadang-kadang ada rasa es yang tidak bisa dijual karena buah yang dimaksud tidak sedang musim.


Ketika saya mengunjungi gerai ini semalam, ada 4 varian rasa yang tersedia yaitu Durian, Kelapa Muda, Leci, dan Cokelat. Harga masing-masing varian berbeda. Untuk 1 scoop es puter rasa apa saja kecuali durian dijual dengan harga 13 ribu. Sedangkan untuk durian sendiri dijual seharga 20 ribu. Tapi Anda yang suka durian mungkin akan cukup puas dengan varian rasa ini karena es puter rasa durian disuguhkan dengan buah durian asli.




[caption id="attachment_101" align="aligncenter" width="300"]Es Puter Cong Lik Durian Leci[/caption]

Foto di atas adalah es puter varian rasa durian dan kelapa muda yang disajikan dengan serutan kelapa muda dan buah durian.

[caption id="attachment_100" align="aligncenter" width="300"]Es Puter Cong Lik Durian Leci[/caption]

Yang ini adalah varian rasa durian leci dengan buah durian asli dan potongan buah leci di dalamnya.




[caption id="attachment_102" align="aligncenter" width="300"]Es Puter Cong Lik Kelapa Muda Cokelat[/caption]

Dan varian di atas adalah Es Puter kelapa Muda Cokelat. Dengan taburan meises cokelat dan serutan kelapa muda.


Tekstur es puter yang berbahan dasar air tentu saja berbeda dengan es krim yang lebih ke bahan dasar susu dan telur. Mirip dengan es serut, tapi tentu saja lebih halus. Dan seperti kata Pak Slamet bahwa tidak ada pemanis buatan yang digunakan, ketika saya menikmati suapan demi suapan es puter campur durian dan kelapa muda, tidak ada jejak pahit di lidah dan tenggorokan, seperti yang biasa dirasakan apabila makanan atau minuman tersebut menggunakan siklamat. Dan menurut saya, es puter ini tidak bikin haus karena taste nya yang tidak terlalu manis. Cocok untuk lidah saya.


Jika Anda mencari makanan berat disini Anda tidak akan menemukannya karena Gerai Es Cong Lik hanyak menyediakan camilan-camilan ringan seperti kacang, emping, dan lumpia dengan kisaran harga antara 2-7 ribu rupiah.


Gerai Es Puter Conglik ini adalah gerai kedua setelah yang ada di daerah Pecinan, tepatnya di Pasar Semawis. Untuk Anda yang ingin mampir ke Es Puter Cong Lik yang ada di KH Ahmad Dahlan, Anda bisa mencari tempat parkir di sekitar situ. Ada banyak tempat parkir yang disediakan, baik yang di ada di tepi jalan atau beberapa kantong parkir yang bisa dimanfaatkan. Kemudian bisa jalan kaki ke warung tenda Es Cong Lik yang tepatnya ada di depan Simpang Lima residence.

2 Comments

  1. Ngiler Mas lihat es puternya. Terutama yang rasa kelapa muda. Beberapa kali ke sana belom pernah tahu tentang es puter ini. Bisa ditambahin deh lain kali ke sana lagi buat didatengin. Hihihi.

    ReplyDelete
  2. Nah! Harus datang ke tempat ini Mas... :))

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.