Jika mungkin ada yang mau sempat bertanya “apakah kamu seorang blogger?”, saya akan sedikit ragu dalam memberi jawaban. Karena buat saya menjadi seorang blogger butuh lebih dari sekedar hanya punya blog di berbagai platform. Seseorang yang mengaku sebagai blogger harus memiliki rasa tanggung jawab pada statusnya. Mereka harus bisa memberikan sumbangan pada masyarakat melalui tulisan-tulisannya. Kurang lebihnya begitu.


Saat ini saya menandai babak baru dalam kegiatan blogging. Kalau mau dirunut, saya sudah aktif ngeblog sejak jaman Friendster. Dulu saya punya blog disana, tapi hanya sekedar berisi curhatan dan sedikit cerita fiksi ala saya. Kemudian sempat beralih ke blogspot sampai menetap di Wordpress. Bagaimana saya menandai babak baru dalam dunia blogging? Saya memutuskan untuk bermigrasi ke self hosting di alamat www.nunoorange.com .


Sejak saat itu saya merubah niat saya untuk lebih serius ngurusi blog yang tadinya hanya digunakan sebagai tempat curhat dan posting sesuatu yang tidak terlalu penting (buat orang lain). Banyak hal sudah terpikirkan untuk mewujudkan niat saya ini. Salah satunya adalah membuat gimmick yang mendukung status saya sebagai seorang blogger.


Selain ingin lebih aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan blog, saya juga mulai memikirkan untuk membuat kartu nama. Dan yang lebih serius lagi, saya ingin membuat statement t-shirt yang bertuliskan nama situs saya. Beberapa teman sudah punya t-shirt mereka sendiri dan saya pun ingin memilikinya.


Masalahnya adalah sampai beberapa waktu lalu saya belum menemukan tempat yang bisa mengakomodir keinginan saya. Karena banyak tempat pembuatan kaos custom yang memberlakukan kuota tertentu untuk setiap pemesanan. Tentu saja ini agak sedikit merepotkan, terutama dari segi biaya. Belum lagi soal urusan desain. Jujur saja, saya bukan orang yang punya kreatifitas dan sisi artistik yang cukup bagus, bahkan untuk membuat design kaos.


Seorang teman menyarankan saya untuk membeli di situs Design TShirt Online, Utees.me. Saya pernah mendengar nama ini dulu sekali, tapi hampir tidak terlalu ngeh. Sampai saya buka situsnya dan saya bisa bilang “saya jatuh cinta sama situs Online T Shirt Creator ini”


Cara membuat desain kaos di uteesme


Awalnya saya agak kebingungan mencari item yang sesuai dengan keinginan saya. Tapi ternyata saya bisa membuat design tshirt yang sesuai dengan keinginan! Tidak hanya sekedar membeli, tapi saya juga bisa membuat sendiri? That’s awesome!



Cara membuat desain kaos di uteesme


Yang harus saya lakukan pertama kali adalah membuat akun pribadi di situs Utees.me. Sesederhana itu. Hanya tinggal klik kotak SIGN UP FOR FREE di bagian bawah banner halaman depan dan kita bisa selangkah lebih maju dalam pembuatan kaos kustom kita sendiri. Saya hanya tinggal menambahkan beberapa data, membuat username, menentukan password sendiri, dan semuanya bisa selesai hanya dengan beberapa menit saja.


Cara membuat desain kaos di uteesme


Cara membuat desain kaos di uteesme


Karena desain web dari Utees.me sendiri sangat simple dan interface nya mudah, kita tidak akan menemukan kesulitan untuk segera mencari item yang kita butuhkan. Utees.me sudah menyediakan banyak kategori yang sudah disesuaikan. Tujuannya tentu saja supaya lebih memudahkan pencarian. Ada Best Seller yang menampilkan kaos dengan penjualan terbaik, atau Team Picks yang merupakan desain pilihan dari tim utees.me. Ada juga Popular, Lifestyle, Fresh, Illustrations, Romance, atau Inspirations yang berisikan quote seru pilihan para desainer kaos yang lain.


Karena saya ingin membuat desain kaos saya sendiri, saya klik ke halaman DESIGN YOUR OWN. Dari sini saya bisa mulai membuat print tshirt yang sesuai.


Cara membuat desain kaos di uteesme


Berhubung saya orangnya suka yang simple, saya berkeinginan membuat kaos dengan desain yang sederhana pula. Kebetulan Utees.me sudah menyediakan berbagai template yang dibutuhkan untuk membuat kreasi kita jadi seseru dan seartistik mungkin.


Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menentukan model kaosnya dulu. Ada 3 pilihan, untuk pria, wanita, dan anak-anak. Kita juga bisa pilih warna kaos yang cocok dengan keinginan kita. Setelah itu bebaskan saja imajinasi kita dalam membuat desainnya. Mungkin Anda perlu beberapa lama untuk membuat desain yang pas, tapi dalam kasus saya, desain yang cocok sudah tercipta hanya dalam hitungan menit.


Cara membuat desain kaos di uteesme


Whoala! Desain kaos saya pun selesai dan saya pun memilik Print T-Shirt saya sendiri!


Saya memilih desain bolak-balik untuk kaos ini. Sederhana sih, bagian depan tertulis “BLOGGER INSIDE” dan bagian belakangnya bertuliskan nama situs saya “WWW.NUNOORANGE.COM”. Melihat hasilnya perasaan saya jadi agak campur aduk. Antara senang, geli melihat desain sendiri, dan bangga. Ya, saya akhirnya siap dan bangga menyebut diri saya sebagai BLOGGER!


Satu hal yang belum saya lakukan adalah, membayar kaosnya. Itu artinya saya perlu untuk menuntaskan dulu kegiatan saya dengan menambahkannya dalam keranjang belanjaan. Tinggal “ADD TO CHART” dan pilih “CHECKOUT” saya pun mengisi data untuk pengiriman dan segera mentransfer biaya pembuatan print kaos ini. Untuk harga jual kaos 1 sisi adalah 144 ribu rupiah dan 188 ribu rupiah jika menginginkan 2 sisi seperti milik saya.


Cara membuat desain kaos di uteesme


Cara membuat desain kaos di uteesme


Dan ini bagian yang juga seru dari Utees.me. Anda bisa menjual desain kaos Anda ke orang lain. Bagaimana caranya? Ketika semua proses desain sudah selesai, Anda tinggal klik “FINISH” yang berlogo gantungan baju di deretan “TEMPLATE BUTTON”. Ada 2 pilihan disana “SAVE AS PRIVATE” atau “SAVE AND PUBLISH”. Kalau Anda memilih yang pertama, itu hanya akan menjadi desain pribadi dan tidak akan ditampilkan di halaman koleksi item yang dijual. Tapi jika kotak yang kedua yang dipilih, selamat! Desain Anda menjadi salah satu item yang dijual secara umum di situs Utees.me dan akan ada reward untuk ini.


Cara membuat desain kaos di uteesme


Setiap kaos yang terjual, anda akan mendapatkan rabat sebesar 1.11 dollar amerika dan bisa diredeem melalui dashboard akun utees.me Anda. Bayangkan jika desain buatan Anda berhasil terjual lebih banyak lagi? Betapa menyenangkan bukan? Saya sendiri tidak berani membayangkan bahwa desain saya akan menarik minat orang untuk membeli, tapi jika itu terjadi? It would be super cool! Dan saya sudah punya 2 desain di utess.me *fingercross*


Oh ya, mungkin Anda mau beli kaos buatan artis dan selebriti favorit dalam negeri? Mereka juga punya halaman sendiri yang menampilkan desain terbaik buatan mereka lho?


Cara membuat desain kaos di uteesme


Jadi begitulah, cerita tentan pembuatan t shirt www.nunoorange.com di Utees.me. Saya sudah tidak sabar menerima kiriman dari Utees.me dan memakainya. Kaos ini yang akan mengingatkan bahwa saya harus berani dan bangga menyebut diri saya sendiri BLOGGER.


UPDATE :


Cara membuat desain kaos di uteesme Cara membuat desain kaos di uteesme


Pesanan saya datang hari ini. Bahan tshirtnya adem, jahitannya rapi. Puaslah pokoknya. LOVE IT!

18 Comments

  1. dulu pernah nulis bio "blogger"
    skrg malah udh gakberani lagi.

    keder saya kakaa :D

    blog isine syurhat ahah

    ReplyDelete
  2. Loh, kan blogger penuh dengan kisah yg luar biasa,Kakak. Yg penting kan ceritanya selalu dinanti...*tsah*

    ReplyDelete
  3. mau ikut2an bikin review2an aah, meh rada gaya :D

    ReplyDelete
  4. *ngakak ih* ayo lah Kak! *lancang bener saya ini menyemangati blogger senior nan femes

    ReplyDelete
  5. omg!

    ini komen yg amat sembarangan ><

    ReplyDelete
  6. Good luck Mbandah! Aku ngerasa blogmu pasti masuk jadi salah 1 pemenang! Nek menang traktir gemblong bakar wedang jahe yo!

    ReplyDelete
  7. Wah saya ga ikutan lomba yang ini.. secara ga belum bisa ngedesain sih.. keren artikelnya. Good luck ya semoga beruntung

    ReplyDelete
  8. Wuih keren nih, aku baru tau juga ada layanan macam ini. Cocok nih, kebetulan aku lagi pengen bikin kaos juga. Btw, ini kompetisi apaan mas, kok 2015?

    ReplyDelete
  9. Nah itu mas! Tapi banyak ikut lhooo...dan postingan mereka baru2. Apakah salah tulis? Entahlah. Hahaa...btw ayo bikin mas!

    ReplyDelete
  10. Aku baca berulang-ulang kok gak nemu link nya ya? Eh tapi aku lebih tertarik sama layanannya utees.me ini sih, soalnya kepikiran buat bikin kaos yang "aku banget" buat jalan-jalan bulan April :-)

    ReplyDelete
  11. wah Mas nuno lama tak bersua, ternyata pindah rumah disini...
    semoga kita menang semua *berharap*

    ReplyDelete
  12. Nah kan..jalan2 lagiii... ada kok Kak linknya..coba ke utees.me trus liat di banner nya...

    ReplyDelete
  13. Iya Mas..hahhaa...sering2 mampir ya Mas...haha *dikeplak

    ReplyDelete
  14. Ok deh tapi gak papa, gak keburu juga mau ikutan lombanya. Aku support yg pada ikutan aja. Semoga menang yaaaa

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.