Hari Minggu kemarin, pas kebetulan saya pulang kampung, si Tante (yang nggak mau dipanggil tante, maunya Mbak) ngajakin jalan-jalan ke Batang. "Daripada nganggur di rumah" katanya. Emang mau ngapain ke Batang? tanya saya. Katanya mau main ke pantai Sigandu, mau lihat lumba-lumba.


Oiya, ada dolphin center disana. Cuma, selama ini hanya tahu kalau disana ada pertunjukan lumba-lumba. Tapi belum sekalipun lihat. Jangan-jangan ini pertunjukan lumba-lumba keliling yang sering jadi kontroversi itu? Oke..nanti kita cari tahu lebih lanjut seperti apa sih Dolphin Center ini. Pertama saya mau sedikit cerita soal perjalanan ke Pantai Sigandu ini.


Pantai Sigandu ini sebenarnya tidak begitu istimewa. Lokasinya berada di selatan kota Batang. Kalau dari jalur utama Pantura, bisa menuju ke pantai Sigandu sesuai dengan arah petunjuk. Kalau seberapa jauhnya saya kurang begitu pasti. Mungkin sekitar 5 kilometer-an kali ya?


Pantai ini sebenarnya sempat jadi primadona baru wisata pantai di Batang. Tapi sepertinya sekarang sudah tidak terlalu banyak dikunjungi. Mungkin karena kondisinya yang tidak terlalu menarik (menurut saya) dan pasir pantainya yang kotor.


IMG_20151115_121352


Konon kabarnya kondisi ini juga diakibatkan karena abrasi air laut beberapa tahun lalu yang membuat pantai Sigandu jadi kurang menarik. Salah satu bangunan yang menjadi korban abrasi adalah pos jaga milik Angkatan Laut yang dulu jadi tempat kerja Om saya.


IMG_20151115_121444


Kalau hanya sekedar untuk foto-foto, bolehlah, Karena latar belakang di sekitar pantai Sigandu cukup lumayan. Seperti dermaga dan galangan kapal yang bisa dilihat dalam foto.


Tidak jauh dari pantai Sigandu juga terdapat tempat pelelangan ikan yang menjual ikan-ikan segar tangkapan para nelayan sekitar. Boleh juga lho belanja ikan-ikan segar untuk dimasak di rumah? Om sih nawarin mau belanja apa di TPI, tapi sayanya ogah karena lagi nggak ada ide buat masak ikan. Akhirnya kami hanya mampir lihat sebentar saja.


Perjalanan dilanjutkan ke Dolphin Center. Nah, ini nih yang mau saya ceritakan. Jadi, Dolphin Center ini ternyata bukan sejenis tempat pertunjukan lumba-lumba keliling yang banyak diboikot orang itu. Dolphin center ini ternyata milik Taman Safari Indonesia yang ada di Bogor. Selain mengembangkan TSI di Jawa Timur, TSI juga membuat satu taman baru di Batang Jawa Tengah.


Agak malu juga sebagai warga kota yang tidak jauh dari Batang belum pernah sekalipun datang ke Dolphin Center ini. Padahal menurut keterangan dari salah satu petugas disana, taman ini sudah beroperasi sejak 5 tahun yang lalu.


IMG_20151115_121533


Menempati lahan sekitar 5-7 hektar, Dolphin center ini masih mengalami pengembangan. Namun untuk saat ini operasional Dolphin Center ini sudah berjalan dengan menyajikan beberapa wahana yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.


20151115_105652


Biaya masuk ke Dolphin Center sebenarnya terhitung lebih murah dibandingkan dengan yang ada di Bogor atau Jawa Timur yaitu 25 ribu per orang. Tapi mungkin ini dirasa masih cukup mahal oleh masyarakat sekitar.


Jangan bingung mencari tempat parkir ketika masuk ke dalam area. Setelah melewati gerbang utama dan membeli tiket, kita bisa mencari area Dolphin Center berdasarkan papan penunjuk. Memang agak membingungkan sih tapi cukup ikuti saja papan penunjuknya, nanti kita akan menemukan tempat parkir untuk mobil dan motor.


Setelah masuk ke area utama kita bisa langsung menuju ke ruang pamer reptil dan aquarium besar. Ruangannya sih tidak begitu besar. Hanya terdiri dari satu lorong yang berisi ikan-ikan di sebelah kanan dan reptil di bagian kiri.


20151115_092515


20151115_092636


Setelah cukup puas melihat-lihat koleksi ikan dan reptil di area depan, kita bisa lanjut ke area tengah yang digunakan untuk area resto dan souvenir. Di salah satu bagian tengah, ada kolam yang berisi 4 ekor penyu. Kita boleh menyentuh penyu ini sambil berfoto.


20151115_092824


20151115_093032


Sebelum melanjutkan jalan-jalan ke area lainnya, kita bisa memesan makanan dan minuman yang menurut saya sih harganya terjangkau. Sambil duduk-duduk, kita juga bisa lho melihat lumba-lumba yang senang bolak-balik ke tepian tabung kaca di salah satu sisi resto. Karena di atas resto terdapat atrium dan kolam yang digunakan untuk pertunjukan lumba-lumba.


20151115_093256


Sudah kenyang? Boleh lho jalan-jalan ke area taman burung dan kandang satwa. Ini adalah area terbuka yang berisi beberapa spesies burung dan mamalia. Dilengkapi dengan papan informasi, kita bisa memberikan penjelasan kepada anak-anak kita tentang nama-nama hewan dan bagaimana pola hidup mereka. Oh iya, disarankan sebelum masuk ke area ini, oleskan penolak nyamuk ya? Soalnya nyamuk di area ini banyak banget...Jadi ya harus bawa mosquito repellent dari rumah demi kenyamanan jalan-jalan.


20151115_094231


20151115_094523


20151115_094535


20151115_094622


20151115_094641


Oh ya, tiap jam 10 pagi dan 2 siang ada pertunjukan burung pemangsa lho? Kalau pertunjukan akan dimulai petugas memberikan pengumuman dan mengajak para pengunjung untuk berkumpul dan menonton pertunjukan. Sebenarnya sih ini acara  memberi makan untuk beberapa jenis burung. Yang tampil adalah elang bondol, rangkong, dan beberapa ekor ayam hutan.


20151115_100505


20151115_101623


Sambil memberi makan burung pemangsa, para petugas juga akan memberikan informasi seputar burung pemangsa yang beraksi di pertunjukan ini. Seperti apa jenis makanan spesies burung tertentu, dan bagaimana mereka hidup di alam bebas. Biasanya petugas juga akan mengajak beberapa pengunjung untuk terlibat dalam kegiatan ini. Jadi siap-siap ya? Kalau penasaran gimana cara ngasih makan elang bondol, boleh mengajukan diri lho?


20151115_101845


20151115_102058


Kita juga bisa berfoto bersama dengan burung rangkong yang jinak tanpa dipungut biaya.


IMG_20151115_125536


Setelah pertunjukan selesai, kita bisa masuk ke kandang burung jinak yang isinya sebagian besar berisi burung kakak tua. Petugas akan membawa jagung manis sebagai makanan dari mereka. Kita boleh minta jagungnya dan memberi makan burung-burung yang ada disitu.


Pertunjukan burung pemangsa sih durasinya tidak terlalu lama. Mulai pukul 10 dan selesai sekitar 30 menit kemudian. Jangan langsung pulang, karena di jam 11 siang show lumba-lumba akan dimulai,


Kegiatan ini tidak memerlukan tiket baru, jadi nggak perlu beli tiket tersendiri, Kita hanya cukup menunjukkan tiket masuk yang seharga 25 ribu itu tadi kepada petugas yang akan menjaga pintu akses menuju ke atrium yang berisi tempat duduk untuk menyaksikan pertunjukan lumba-lumba. So, tiketnya jangan dibuang ya?


Acara dimulai kurang lebih jam 11 dan dibuka terlebih dulu dengan aksi kakak tua pintar bernama Tom dan Jerry. Mereka melakukan perintah dari pelatih, dan mampu membuat penonton tertawa karena tingkah lucunya. Dilanjutkan dengan anjing-anjing terlatih yang bernama Meri dan Pandu. Mereka juga nggak kalah lucu lho?


Baru deh kemudian kita bisa menonton dolphin show. Ada 4 ekor lumba-lumba yang beraksi menghibur para penonton dengan tingkahnya yang pintar dan lucu. Melompat, main bola menendangnya dengan ekor, dan bahkan berjoget dangdut, semua dilakukan dengan baik oleh mamalia laut yang memang terkenal sangat cerdas ini.


IMG_20151115_125322


Lumba-lumba ini juga bisa diajak berfoto bersama lho? Petugas akan mengumumkan setelah pertunjukan selesai bahwa pengunjung yang ingin berfoto dengan lumba-lumba bisa membeli tiket tambahan seharga 10 ribu rupiah. Jika ingin dicetak fotonya, bisa nambah 35 ribu lagi untuk ongkos biaya cetak dan frame yang bisa kita bawa pulang.


Dan selesai juga pertunjukan lumba-lumbanya. Memang masih belum banyak yang bisa kita nikmati disini karena areanya juga masih terbatas, tapi untuk ukuran tempat wisata taman, Dolphin Center itu terhitung lumayan, terutama untuk anak-anak yang perlu juga dikenalkan dengan dunia satwa.


Mungkin Anda tertarik naik unta atau kuda keliling area Dolphin Center? Cukup bayar 10 ribu saja kita bisa menikmati pemandangan dari atas punggung unta atau kuda.


20151115_114124


Sudah puas jalan-jalan? Saatnya pulang. Tapi kalau misal Anda lapar, boleh mampir ke tempat ini. Mungkin ini adalah satu-satu nya tempat makan yang representatif yang ada di sekitar pantai Sigandu dan Dolphin Center. Menunya? Apalagi kalau bukan menu seafood dan ikan bakar.


20151115_124240


20151115_124224


Jadi kalau suatu saat lewat jalur pantura, boleh lho mampir ke Dolphin Center Batang. Tempat ini buka dari jam 9 sampai jam 5 sore. Kalau akhir pekan memang agak rame, tapi itu juga nggak rame-rame banget kok. Jadi masih cukup nyaman untuk jalan-jalan. Jangan lupa bawa topi, payung, atau sun block untuk menghalau panasnya sinar matahari yang terasa lebih menyengat karena memang lokasinya yang dekat dengan pantai.


Kalau nggak punya cukup waktu atau dana untuk main ke Taman Safari yang ada di Bogor atau Jawa Timur, bisa mampir kesini lah, lebih hemat pastinya. Sekali lagi ini rute menuju ke Dolphin Center yaaaa...


20151115_105652


all pictures taken with Samsung Galaxy Note Neo


18 Comments

  1. lihat petanya malah bingung, biasanya atas kan arah utara...
    #riwil :P
    semoga suatu saat bisa kesini, mumpung pengunjungnya belum begitu padet.. hihihi :D

    ReplyDelete
  2. Nek kamu dari arah timur belok kiri sebrang alun2 batang Fiq...gampang kok benernya..apalagi kalo naik kendaraan pribadi

    ReplyDelete
  3. Eh..kok belok kiri...belok kanan maksudnya Fiq..hahaha

    ReplyDelete
  4. di batang-weleri-kendal ada beginian ternyata..deket dong dari kendal.wah jadi pengen kesana klo pas ke rumah nenek :)

    ReplyDelete
  5. btw kok petanya kebalik tuh, gak sesuai standar..harusnya utara di atas hahah semarang malah ke kiri :D

    ReplyDelete
  6. :)) Aduh, kalau soal arah saya nyerah Mas..haha...buta arah...Hahaha...

    ReplyDelete
  7. Ayo mas main..ajak keluarga kesini...lumayan kok buat jalan2 selama beberapa jam

    ReplyDelete
  8. dulu geografi dapat berapa ya ahaha :D

    ReplyDelete
  9. iya mas klo pas pulang ke kendal ya

    ReplyDelete
  10. baru tau ada tempat ini kaaak, makasih inpohnyaaa :D

    ReplyDelete
  11. Lumba-lumbaaa :D aku mau lumba-lumbaaaa :3

    ReplyDelete
  12. Seru tempatnya... Udah dua kali kesana... Dan pekan ini mungkin jadi yang ketiga untuk berkunjung kesana...

    ReplyDelete
  13. Terakhir kesana foto ma lumba2 Dan dicetak jadi 50ribu. Pantai sigandu itu yang di dalam Dolphin Center nya nggak Sih mas? Kemarin pas ke Sana bersih kok alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  14. Itu masih satu kompleks sih...kalo yang di area luar agak kotor..mungkin skrg yang di area dalam sering dibersihkan sebagai bagian dari perawatan pantai dari pengelola Dolphin Center kali ya

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.