Nestcology Restaurant Semarang is coming to the town! Tanggal 5 November lalu saya ikut Kriska datang ke undangan Grand Opening salah satu tempat makan yang hype dan happening di Semarang. Namanya nest.co.lo.gy. Tempat ini menjadi hangout place yang kekinian di sini.


Sebenarnya keberadaan nest.co.lo.gy di Semarang nggak bisa dibilang baru banget juga. Sebelum GO, restoran ini sudah beroperasi selama beberapa lama, bahkan foodies di kota lumpia tidak asing lagi dengan tempat ini. Bisa dibilang ini adalah tempat yang kekinian untuk dikunjungi.


Makanya saya agak bingung juga kenapa jeda antara soft opening dan GOnya cukup lama. Tapi pasti mereka punya alasan untuk itu.


Acara yang saya hadiri siang itu memang ditujukan untuk para awak media, baik cetak maupun elektronik. Tamu undangan cukup banyak yang hadir. Dengan menempati salah satu bagian dari restoran kami menyimak penjelasan yang diberikan oleh tim dari nest.co.lo.gy



Nestcology Restaurant Semarang


Pemilik nest.co.lo.gy adalah putra dari desainer kebaya kondang asal Semarang, Anne Avantie. Ernest Christoga yang bertindak selaku chef dan owner dari nest.co.lo.gy adalah seorang chef lulusan sekolah kuliner ternama. Berdasarkan cerita dari sang ibu, Chef Ernest memang sudah menunjukkan minat dan bakat dalam dunia kuliner. Bahkan ketika anak lain memilih mainan sebagai hadiah, Chef Ernest lebih memilih mixer sebagai "alat bermainnya".


Anne Avantie mengaku bahwa dirinya tidak bisa menahan keinginan anaknya ketika suatu saat chef Ernest memutuskan untuk keluar dari sekolah menengah atas dan lebih memilih masuk ke sekolah kuliner. Dan dengan dukungan penuh kedua orang tuanya, Chef Ernest bisa membuktikan bahwa passion yang selama ini dimilikinya mampu diikuti juga dengan prestasi yang membanggakan.


Dan karena dasar itulah nest.co.lo.gy lahir.


Mengusung konsep sebagai restoran fine dining, nest.co.lo.gy memang berniat untuk memberikan pengalaman baru bagi para pecinta kuliner di Semarang. Tidak heran kalau resto ini juga megambil tagline sebagai LAND OF GASTRONOMY. Berbagai kreasi dari chef Ernest dan timnya diwujudkan dalam berbagai hidangan yang tidak hanya terlihat enak, tapi juga bercitarasa enak. Tentunya juga INSTAFRIENDLY untuk foodies yang hobi memotret makanan mereka :D.


Hal lain yang juga menjadi perhatian Chef Ernest adalah mengenai seni platting. Menurut beliau, masih sedikit restoran di Semarang yang belum memikirkan keindahan dari platting hidangan yang disajikan. Menurutnya platting sangat penting karena mampu meningkatkan nilai dari makanan itu sendiri, supaya terlihat menggugah selera. Dan tentu saja dibutuhkan citarasa seni yang tinggi untuk menciptakan platting yang indah dan mampu membangkitkan selera makan bagi mereka yang melihatnya.




[caption id="attachment_2672" align="aligncenter" width="300"]#nestcologyrestaurantsemarang nest.co.lo.gy[/caption]

Dalam kesempatan itu juga Chef Ernest juga melakukan demo platting yang kali ini adalah menata hidangan penutup atau dessert. Beliau menawarkan salah satu dari tamu undangan untuk membantunya dan saya pun tergerak untuk mencoba. :D Ternyata rasanya luar biasa ya ketika menjadi asisten dari seorang koki sungguhan?


#nestcologyrestaurantsemarang


#nestcologyrestaurantsemarang


#nestcologyrestaurantsemarang


Ini adalah ketika saya sedang berkonsentrasi untuk membuat splattered sauce dan frozen mousse yang akan ditempatkan dalam talenan besar.


Seperti yang terlihat dalam foto di atas, plate yang digunakan adalah semacam silikon padat yang tebal (atau PVC?) atau apa saya kurang begitu tahu, dan aman untuk platting. Diatasnya akan ditata sejumlah cake, mousse, es krim dan masih banyak lagi sajian penutup yang menggugah selera. Dan nest.co.lo.gy memang menyajikan menu platter besar ini yang cocok untuk dinikmati beramai-ramai dengan teman atau keluarga.


#nestcologyrestaurantsemarang


#nestcologyrestaurantsemarang


Teman saya  Kriska sedang membantu chef ernest untuk membuat es krim custom made. Chef Ernest mempersilakan Kriska untuk memilih sendiri bahan-bahan yang akan dijadikan es krim. Dan baru kali itu juga saya melihat dan terlibat dengan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat es krim instant, yaitu nitrogen cair.


Bahan ini sangat dingin dan mampu membekukan adonan es krim dalam waktu singkat. Penggunaan nitrogen cair ini belakangan sangat populer di bidang kuliner dan menjadi salah satu bahan yang relatif aman dan digunakan dalam proses pembuatan makanan, terutama pada molecular gastronomy.


Tidak hanya melakukan demo di depan pengunjung, Chef Ernest dari nest.co.lo.gy juga menyajikan beberapa hidangan lengkap. Lengkap disini adalah mulai dari appetizer sampai dessert untuk para tamu undangan. Ada beberapa pilihan yang diberikan kepada tamu. Masing-masing tamu undangan diperbolehkan untuk memilih 1 diantara 2 jenis hidangan dari tiap kategori (appetizer, main course, dan dessert).


Saya sendiri memilih hidangan yang satu ini sebagai pembuka.




[caption id="attachment_2678" align="aligncenter" width="300"]#nestcologyrestaurantsemarang steamed chicken mousse[/caption]

ini adalah Steamed Chicken Mousse. Dibawah tumpukan itu adalah daging ayam yang dihaluskan dan dipanggang kemudian ditumpuk dengan green mashed potatoes yang dibuat dari kentang tumbuk dicampur dengan wasabi dan oregano. Sementara ada crispy chicken dan tomat sebagai pugasannya. Hidangan ini disajikan dengan saus tartar dan salad arugula yang segar. Daging ayamnya begitu lembut, bahkan hampir tidak terasa serat-seratnya. Green Mashed Potatoesnya juga lembut. Saya bisa merasakan aroma oregano dan sedikit taste pedas dari wasabinya. Sementara saus tartarnya memberikan taste yang sedikit asam, cocok dengan hidangan yang bercitarasa gurih. Saya juga suka dengan salad arugulanya yang segar. Ah, saya mengharapkan porsi salad yang lebih banyak, karena rasanya sangat segar. Dan ini adalah baru pertama kali saya merasakan arugula, dan ternyata enak! The taste is lil bit tangy, dengan tekstur renyah dan agak sengar, tapi enak.




[caption id="attachment_2679" align="aligncenter" width="300"]#nestcologyrestaurantsemarang Dori Fish With Salad[/caption]

Sebagai hidangan utama saya memilih Steamed Dori Fish with Salad. Ikan dori fillet ini disajikan dengan saus krim yang gurih dan lezat. Bahan penyusun lainnya hampir sama dengan appetizernya. Ada green mashed potatoes, tomato, dan salad arugula. Hanya ada 1 bahan lain yang sepertinya ini adalah buah bit yang dimasak sedemikian rupa, soalnya saya tidak merasakan cita rasa earthy yang biasanya ada dalam buah bit. Tidak ada taste mentah dan tanah juga sengar, hanya ada sedikit rasa asam yang segar dengan tekstur yang krispi tapi lembut. Sungguh paduan yang enak sekali dari ikan dori yang tidak amis dan cream sauce ringan dan tidak eneg, dengan salad dan bit. Satisfying for me!


Oh iya, hidangan lain yang menjadi main course adalah Deconstructed Opor Ayam.




[caption id="attachment_2680" align="aligncenter" width="300"]#nestcologyrestaurantsemarang Deconstructed Opor Ayam[/caption]

Apa itu deconstructed opor ayam? Dari namanya saja sudah ketahuan kalau opor ayam ini diolah kembali dengan cara yang sama sekali berbeda dari opor ayam yang selama ini kita kenal. Ketika sudah masuk ke wilayah fine dining, opor ayam pun disulap menjadi sebuah gourmet yang mengundang decak kagum. Daging ayamnya dibuat mejadi rolade ayam yang dipanggang dengan isian daging ayam cacah yang lembut dan padat. Sedangkan kuah opornya sendiri dikentalkan dengan pugasan berupa quail egg atau telur puyuh dengan sauted vegetable. Dan apalah opor ayam tanpa lontong. Varian nasi ini pun disajikan bersama dengan saus tartar dan brown sauce. And by the way, saya hanya bisa mengagumi hasil karya Chef Ernest untuk hidangan yang satu ini, karena saya tidak bisa memakannya. Hahaha. Tapi saya tahu rasanya pasti luar biasa.


Oh iya, porsi yang Anda lihat bukan porsi yang sebenarnya ya? Karena ini adalah porsi testing, jadinya ya kurang dari porsi yang sebenarnya. :D


Oke, setelah puas menikmati hidangan pembuka dan utama, saatnya menikmati hidangan penutup.


#nestcologyrestaurantsemarang


Untuk yang satu ini saya memilih Strawberry Shortcake sementara Kriska memilih Choco Boom




[caption id="attachment_2682" align="aligncenter" width="300"]#nestcologyrestaurantsemarang Choco Dome[/caption]

Strawberry shortcake (foto pertama) adalah crepe yang diisi dengan krim yang lembut dan potongan buah strawberry. Crepe nya lembut dan gurih, berpadu dengan krim dan buah strawberry yang masam. Paduannya pas, apalagi diberi pugasan berupa frozen strawberry mousse dan disajikan bersama mango sauce. Ketika sesuap dessert ini masuk ke mulut, saya bisa merasakan empuknya crepe dengan krim yang lembut, dan ada taste asam dari strawberry dan mango sauce, lalu ada sensasi dingin dari frozen moussenya. Sementara yang sprinkle yang berwarna hitam itu saya kurang begitu tahu. Mungkin itu adalah dark chocolate yang diproses sedemikian rupa karena rasanya agak manis dan pahit. Dan uniknya, rasanya seperti melengkapi sajian ini. Gurih, asam, manis, dengan sedikit pahit dan bersensasi dingin menjadi satu di mulut. Enak banget.


Sementara Choco Boomnya sendiri adalah berupa choco dome yang dibuat di dalam cetakan silikon dan didinginkan dengan nitrogen cair sehingga menyerupai kubah yang cukup keras dan didalamnya ada semacam es krim berwarna putih yang sepertinya sih bukan vanilla, dan rasanya tidak terlalu manis. Choco dome ini disajikan di atas mango sauce, dan disiram dengan coklat hangat. Coklat ini nantinya akan melelehkan puncak kubah dan jadilah danau cokelat di atas piring. Rasanya enak bangeeeet. Walaupun cuma nyicip dikit, tapi pengen banget ngabisin punya Kriska. Hahaha.


Dan akhirnya sajian makan siang lengkap pun selesai. Rasanya sangat puas.


And oh by the way, dalam rangka GO selama 9 hari digelar lah berbagai acara dengan bintang tamu artis-artis kenamaan Indonesia. Artis-artis ini adalah mereka-mereka yang sudah menjadi sahabat dekat dari bunda Anne Avantie. Beliau tidak menyebutkan bahwa artis ini didatangkan dengan bayaran, karena kehadiran mereka bersifat membantu dan memeriahkan rangkaian acara GO dari nest.co.lo.gy. Mereka yang tampil diantaranya Rossa, Tompi, bahkan hingga bebi Romeo dan masih banyak lagi.


Selama GO juga ada diskon khusus untuk pengunjung lho.


Yang pasti nest.co.lo.gy juga tidak melupakan foodies yang berbujet lebih ketat namun ingin menikmati pengalaman fine dining di resto ini. Chef Ernest mengaku saat ini dia dan timnya sedang mengembangkan berbagai menu yang harganya lebih terjangkau namun dengan kualitas yang tentu saja tidak murahan.


Sepertinya tempat ini akan menjadi tempat hang out yang cukup seru mengingat lokasinya cukup mudah terjangkau dan area restonya sendiri cukup luas dengan desain bangunan menyerupai lumbung dan dekorasi pop art yang enak dilihat.


Ada 2 lantai yang digunakan untuk menikmati hidangan yang disajikan. Dan nest.co.lo.gy juga menyajikan suguhan musik pada hari-hari tertentu. Yang paling menyenangkan adalah Chef Ernest membuka lebar-lebar nest.co.lo.gy untuk para pekerja kreatif yang ingin menggunakan tempatnya sebagai tempat berkreasi. Mengingat sejak awal pembangunannya, nest.co.lo.gy banyak melibatkan tenaga-tenaga muda yang kreatif dibidangnya, baik dari segi arsitektur hingga penataan dekorasinya.


Harapannya nest.co.lo.gy akan menjadi tempat makan yang menyenangkan untuk semua orang dan mampu memberikan pengalaman makan yang baru bagi para pengunjung yang ingin menikmati fine dining.


Jika ingin mengunjungi nest.co.lo.gy Anda bisa mengunjungi alamat berikut :


nest.co.lo.gy - Land Of Gastronomy


Jl. Tambora no. 5A Semarang


Reservasi : 024-76440058


Tempat parkir cukup luas dan menyediakan wifi

21 Comments

  1. Weleh weleeehh...daku pun ngiler membaca postinganmu ini Kaka Nunooooo... ajaklah aku kapan2 ke situuuu ;)

    ReplyDelete
  2. Yuk! Tak nggali segenggam berlian sek yaaa...hahaha. Aku wae rung ning Richeese kok...bar gajian ah meh rono..gegara liat anak2mu makan ayam pedes itu.

    ReplyDelete
  3. Lucu2 makanan nya, ada bunda anne juga datang kasih support anak nya tentu nya hahaha

    ReplyDelete
  4. Iya Mas....terlihat bangga beliaunya. Dan semacam "gumun" sama yang dilakukan anaknya *sempat curi2 pandang liat ekspresi beliau pas Chef Ernest platting dessert*

    hahaha

    ReplyDelete
  5. Gumun apaan kak ??? #NgakNgertiBahasanya

    ReplyDelete
  6. Kemaren ke Semarang sudah pengen bangat kesini. Tapi kita nya kemalaman batal dech. Suka bangat lihat bunda Anne promosiin ini cafe ke IG nya.

    ReplyDelete
  7. Next time mbak :D iya..siapa tahu ketemu bunda Anne pas beliau lagi main ke resto anaknya ini....hehehe

    ReplyDelete
  8. Semoga segera bisa ke semarang lagi dan ketemu si bunda cantik.

    ReplyDelete
  9. Sampai sekarang masih suka penasaran sama makanan-makanan yang diolah dengan teknik gastronomy yang tampak futuristik ini. Bakal cocok di lidah atau nggak? Bakal kenyang atau nggak? Dan seandainya harganya mahal, bakal nyesel atau nggak dan sebagainya. Nah omong punya omong, kira-kira mahal gak? hehehe ...

    ReplyDelete
  10. Haha, saya sendiri belum pernah coba lho. Banter2 juga es krim yg tempo hari dibikin pake nitrogen cair itu. Tapi pastinya si harga mahal ya kalo makanan2 yg molecular gastronomy itu. Makanan di nestcology sih setara dengan tampilan dan rasa ya kalo menurut saya. Fine dining begini memang relatif lebih mahal dibanding resto biasa. Tapi kadang2, pengalaman itu memang mahal harganya..haha..apalagi soal makan. Mahal ga enak, ga usah datang lagi, cukup tau. Murah ga enak, sama juga. Dan sebaliknya. Nyesel ga nyesel, urusan nanti. :))

    ReplyDelete
  11. Betul juga sih, pada akhirnya ini masalah pengalaman ya mas, bukan cuma sekedar makan :-)

    ReplyDelete
  12. deket banget ni sama kantorku, pernah pas lunch jalan kaki haha. soal rasa, kayanya aku belum terbiasa, jadi agak kurang cocok. mungkin next time coba ke sana lagi :-D

    ReplyDelete
  13. Kalo aku sih yg agak kurang cocok tuh...di kantong. Iya, kurang cocok sama cah warteg kayak aku...*dikeplak

    ReplyDelete
  14. Live musik genre nya apa kalau hari minggu bos?

    ReplyDelete
  15. Silakan cek langsung ke NestCo ya Mas untuk info lebih lanjut. Alamat dan RSVP ada di akhir artikel.

    ReplyDelete
  16. Tiap ke Semarang belum sempet nyobain tempat ini sampe sekarang :(

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.