Beberapa waktu lalu mengalami keluhan nyeri di lutut sebelah kiri. Sepertinya ada urat yang ketarik sampai sakit, dan ada sedikit bengkak di tempurungnya. Awalnya saya lupa, tapi sejak kejadian kram di pagi hari waktu itu kok kaki kiri jadi agak sakit. Sampai-sampai saya agak kesulitan kalau pas sujud ketika sholat. Rasanya nggak nyaman banget. Apalagi kalau sudah selesai dan bangun dari duduk, jalan pasti terpincang-pincang.


Kepikiran buat check up sih. Pengen tahu jangan-jangan ini asam urat. Secara pola hidup saya ini kan amburadul. Makan ga jelas, Apa-Apa-Blang-Blung, tentu saja bikin tubuh jadi protes. Makan gorengan sudah pasti tiap hari, belum lagi saya ini juga masih doyan makan jeroan. Demen banget makan bakso dan soto, yang kuahnya sudah pasti banyak purin. Kalau ada yang mungkin belum tahu, purin ini gampangnya turut bertanggung jawab pada pembentukan asam urat dalam tubuh kita.


Apa sih purin itu?


Sebenarnya, purin sendiri adalah zat alami yang ada pada banyak tumbuhan dan hewan. Dan asam urat sendiri bukan hal yang menakutkan selama kadarnya tidak tinggi. Karena asam urat sendiri juga berguna sebagai anti oksidan dan pelindung pembuluh darah. Cuma masalahnya, kadar yang berlebihan bisa justru merusak. Bikin ginjal terbebani, belum lagi kalau sudah kemana-mana, asam urat bikin sendi-sendi kaku dan bengkak. Repot deh.


Seharusnya sih saya memang tidak boleh berandai-andai ya? Ilmu "jangan-jangan" memang tidak boleh diterapkan dalam urusan kesehatan tubuh. Cuma kok ya saya ini memang agak malas check up ya? Mungkin karena masih menganggap kalau biayanya mahal ya? Hihihi. Padahal kita tahu kan kalau kesehatan itu memang mahal harganya.


Nah, kembali ke keluhan lutut saya nih, saya berpikir mungkin karena memang tubuh saya udah mulai protes. Selain dugaan asam urat, bisa jadi karena berat badan saya yang sudah over limit. Dengan tinggi hanya 165 cm, saya kelebihan 25 kilo. Ya! 25 kilo. Bayangkan kalau berat segitu saya bawa kemana-mana. Ya gimana nggak kepayahan coba? *sad*


.....beginilah nasih si doyan makan tapi malas berolahraga...


Alih-alih saya berolah raga dengan giat, saya duduk di depan komputer dan mencari info tentang air alkali yang belakangan sedang jadi tren. Walaupun masih jadi perdebatan tapi air yang dilabeli "ajaib" ini jadi salah satu alternatif yang konon cukup ampuh. Harganya memang mahal sih. Saya pernah melihat orang jualan air alkali di Car Free Day Simpang 5, sebotol air mineral gede dijual 10 ribu rupiah.


Kangen Water sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Jepang "Khanggeng" yang artinya kurang lebih kembali ke alam. Nah, kangen water adalah air yang PHnya cukup tinggi. Antara 8-9,5 yang artinya adalah air tersebut bersifat basa. Seperti yang digambarkan dalam tabel berikut. Pernah lihat kan? Itu lho, yang ada di botol air mineral alkali yang dijual di toko2 itu.




[caption id="attachment_2827" align="aligncenter" width="620"]"www.totalbev.co.id" "www.totalbev.co.id"[/caption]

Nah, dalam tubuh kita sendiri ada asam dan basa. Kondisinya memang harus seimbang supaya tetap oke. Cuma ya itu, dalam kasus saya, mungkin tubuh sudah cenderung bersifat asam sehingga kondisinya kurang oke dan keluhan kesehatan mulai terasa. Dalam taraf tertentu, asam memang merusak bukan sih?


Tuh..tuh..tuh..kelompok makanan dan minuman favorit saya semua ada di bagan sebelah kiri yang masuk dalam kategori asam. Burger, Donat, Pizza, Saos, Kecap, Sirup, Teh, Kopi,..halah riweuh..liyeur ih.


BTW, saya pun mencari informasi soal penjual kangen water di Semarang. Agak susah sih. Adanya soal artikel-artikel soal Kangen Water, atau kalau enggak ya jualan Acid Water yang disemprot-semprot ke muka. Katanya biar lebih kinclong. Weleh...weleh....


Tapi akhirnya saya nemu juga penjual Kangen Water di Semarang. Dan ternyata tempatnya nggak jauh-jauh lah dari studio. Di Pamularsih sana. Katanya sih agen resmi Kangen Water disini. Dan setelah mencatat nomer teleponnya saya hubungi deh nomer tersebut. Dan responnya lumayan cepat. Sore pesan, paginya diantar.


Saya belinya yang ukuran galon isi 19 liter. Harganya 80 ribu (Mahal Pakdheeee) dengan isi ulang 60ribu rupiah. Bisa jadi harga jualnya yang mahal karena memang harga alat filternya saja bisa mencapai 50 juta rupiah.


Mungkin gampang orang bilang "kamu jadi korban iklan!", tapi ya namanya juga usaha. Memang banyak sih testimonial dari pengguna yang konon kabarnya merasakan manfaat positif dari konsumsi air alkali. Apakah testimoninya sahih atau tidak, tapi saya tetap penasaran.




[caption id="attachment_2826" align="aligncenter" width="620"]20151124_102733 "www.poetrasoekardi.wordpress.com"[/caption]

Dan sampai sekarang saya sudah beli sebanyak 2 galon. Biasanya saya minum pagi dan menjelang tidur. Takaran minumnya sih untuk sementara masih agak banyak. Kalau pagi saya minum 1 liter, malam juga 1 liter. Siang kadang juga 1 liter. Jadi kalau mau ditotal mungkin sehari ada kali ya 2-3 liter.


Terus bagaimana dengan efeknya?


Eh percaya nggak percaya nih, keluhan lutut saya kok berangsur-angsur menghilang ya? Otot di belakang lutut udah nggak terlalu kenceng, dan saya merasakan bengkak di tempurung perlahan menghilang. Sekarang saya bisa sujud tanpa berjingkat-jingkat. Gerakannya udah jauh lebih lancar tanpa takut-takut nyeri. Alhamdulillah banget kan ya?


Nggak tahu deh apakah ini karena Kangen Water ini punya sifat memperbaiki atau tidak, tapi yang pasti sih kondisi lutut saya sekarang sudah berangsur membaik. :D


Saya tahu mungkin segala sesuatunya memang tidak boleh berlebihan. Seperti halnya dengan konsumsi air alkali ini sebaiknya memang tidak berlebihan. Saya malah sedikit merasakan efek samping kalau terlalu banyak minum air ini. Keluhannya sih lebih ke kadang agak susah buang air besar ya? Bukan susah yang sampai segitu susahnya, hanya saja tekstur fesesnya yang agak lebih padat walaupun terlihat "lebih bersih". Hihihihi *JOROK BANGET!*


Tapi sejauh ini sih tidak ada keluhan lainnya selain urusan ke belakang yang itupun nggak tiap hari dirasakan. Dan ini saya sudah mau galon yang ketiga. Karena saya membaca dari salah satu blog (saya lupa alamatnya) yang mengatakan kalau Kangen Water ini tidak boleh disimpan terlalu lama. Dalam artian, harus cepat dihabiskan dalam kurun waktu maksimal 2 minggu setelah dipacking atau "khasiatnya" akan berkurang. Ya tanpa melihat itupun, 1 galon air buat saya mah bisa habis dalam waktu segitu, bahkan kurang.


Nggak takut diboongin? Siapa tahu itu cuma air biasa yang punya efek plasebo?


Uhm, enggak lah. Saya mah percaya saja kalau si penjual beneran jual air alkali, bukan air biasa atau kangen water abal-abal. Urusan begituan mah urusan dia sama Tuhannya saja *tsah!* yang penting saya lagi usaha buat ngurangin keluhan kesehatan nih.


Walaupun makannya juga masih amburadul...hihihi. Gimana, Anda tertarik juga nggak sama "kangen-water-thing" ini?


Biar lebih adil, gimana kalau nonton laporan tentang Kangen Water yang dirilis oleh CBS berikut ini. Ditonton sampai akhir karena ada statement dari dokter tentang Kangen Water ini.


https://www.youtube.com/watch?v=_luHF6CA8A8

18 Comments

  1. Tmnku ada yg jual beginian kak..35k per botolny

    ReplyDelete
  2. iyah mahal ya segitu..botolnya kecil pula..

    ReplyDelete
  3. Itu mungkin yg udah merk Mas...kalo punya saya mah ga ada merknya...cuma label Kangen Water doank..

    ReplyDelete
  4. bisa ngobatin kangen gak mas? *disambit*
    tapi baca ini aku jadi berkaca sama kebiasaan makan yang blang-blung juga, gorengan, bakso, mie ayam, junkfood, nasi padang T_T tapi piyeee, enak eee. Udah gitu lari juga makin jarang huhuhu

    ReplyDelete
  5. (((ngobatin kangen)))..Ngook! :)) Nah lho, mungkin sekarang ga berasa ya? Takutnya nanti kalo udah uzur kita malah tambah payah. Takut juga sih sebenernya, tapi ya itu, ndak bisa masuk genk sehat je!

    ReplyDelete
  6. Di tempat aku latihan yoga juga jual kangen water, setiap paket yoga juga include free kangen water jadi mau gak mau ikutan nyoba. Efeknya pusing nggliyeng dan glege'en terus =)) kalo buat kesehatan belum begitu krasa hasilnya, mungkin karna aku minumnya bolong2, gak rutin. Tapi gak tau juga deng. =))

    ReplyDelete
  7. Woogh..enak banget ih free kangen water...secara mihil itu aer...efek2 begituan kan emang kalo rutin ya? Kalau punya keluhan kesehatan boleh lah dicoba. :D

    ReplyDelete
  8. Sini mas cek di lab saya, kalau mau tau airnya super basa beneran atau nggak hehehe ... Btw teman kerja saya ada yang beli alat pembuat air kangen yang ekonomis, alatnya handy juga, dan air hasil alat buatan tersebut pernah dicek di lab saya, dan ternyata cukup basa.

    Kalau saya pribadi lebih menerapkan pola makan food combining dan mengkonsumsi banyak sayur dan buah, soalnya jantungku udah pernah dicincinin :-)

    Yang penting tetap jalankan pola hidup sehat ya mas :-)

    ReplyDelete
  9. Waduh!?!? Udah pernah dicincin tuh jantung? Ada gangguan kah? Kalo food combining sih yaaaa...mayan lah...pernah nyoba..hahaha...suka bingung liat2 tabel karena ga pernah apal kombinasinya. Kalo sayur buah sih syukurlah masih doyan dan porsinya lumayan..kalo ga males beli tapi..hihihi

    ReplyDelete
  10. Iya udah dipasang satu, dan mudah-mudahan gak akan nambah lagi. Agak aneh kasusnya, karena secara penampakan dan di atas kertas uji sehat banget. Pas merasa ada keanehan dan dikateter, ketemu satu penyumbatan dan sudah stadium bahaya. Kalau menurut analisa dokter sih, karena stress, akhirnya disuruh banyak-banyakkin traveling hahaha ...

    Menurutku simple kok itu FC, jangan pakai tabel mas, pahami prinsipnya aja. Ada beberapa buku yang bias kasih panduan praktis dan applicable.

    Nah males itu yang kadang juga suka aku alami hahahaha ...

    ReplyDelete
  11. Saya malah udah pasang app food combining di HP tuh..hahaha...ya semoga tetap sehat dan tak ada masalah dengan jantungmu ya? Setuju lah kalo banyakin travelling biar ga stress :))

    ReplyDelete
  12. Oalaah sampai pake app segala hahaha. Amiin amiin amiiin :-)

    ReplyDelete
  13. Wahh... mas Nuno termasuk yang makan makanan gak sehat? Kalau lihat IG-nya tiap hari sih sehat2 itu bekalnya mas. Gimana yang saya yak?
    Saya baru dengar soal kangen water ini mas.

    ReplyDelete
  14. Hahaha..bekalnya kan cuma makan sekali mas...nah yg ga termasuk dalam bekal itu yg amburadul...coba deh mas cari info soal kangen water..emang blm bs percaya kalo blm nyoba sendiri ya? Hihihi

    ReplyDelete
  15. Hahaha.. jadi selain bekal, makanan sampingannya banyak yak?

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.