Pernah suatu ketika, saya dan salah satu teman saya duduk-duduk di teras masjid setelah melaksanakan Sholat Jumat. Ngobrol ngalor ngidul sampai ujung-ujungnya dia lihat tahi lalat kecil di kaki kanan saya. Lalu dia mengatakan kalo kelak saya akan jalan-jalan ke luar negeri. Saya nggak percaya sampai suatu saat saya bisa pergi ke Singapura dengan biaya kantor. Hanya beberapa hari jalan-jalan, tapi sejak itu saya percaya dengan omongan teman saya itu. Hahaha.


Lalu Desember tahun lalu saya berangkat ke Phuket Thailand mewakili Om saya yang dapat reward trip dari perusahaannya. Karena jatahnya cuma untuk 1 orang dan dia nggak mau berangkat tanpa istrinya, akhirnya jatah dialihkan ke saya. Lumayan, semua akomodasi (kecuali uang saku) ditanggung.


Selama 3 hari di Phuket saya menikmati banyak kegiatan, salah satu yang nggak bisa dilewatkan adalah mencoba kuliner Thailand. Ternyata tak jauh beda dengan Indonesia. Banyak makanan yang cocok di lidah saya. Yang paling saya suka tentu saja Sup Tom Yum-nya. Bisa menikmati citarasa asli dari Tom Yum di negeri asalnya merupakan suatu kesenangan tersendiri.


Kadang-kadang masih suka keinget dengan suasana Phuket dan makanannya. Pengennya sih kalau punya banyak uang, bisa jalan-jalan ke sana lagi. Tapi apa daya, saya bukan juragan minyak. Tapi kerinduan semacam itu bukan tidak mungkin bisa terobati. Setidaknya untuk urusan makanan.


Ada satu hal yang saya rasa cukup membantu ketika saya mulai kenal Open Snap.


Apa itu Open Snap?


Open Snap ini adalah App yang berbasis foto keluaran dari Open Rice Inc yang sudah terkenal lebih dulu dengan panduan kulinernya. Hampir sama sih, tapi Open Snap bisa dibilang relatif masih baru. Dengan mengusung tagline "The Fastest Way To Find Food Without Typing" app ini akan memberikan panduan "Where To Eat" untuk kita yang suka bingung mau makan apa dan dimana. Atau untuk yang ingin hunting tempat makan baru atau mencoba kuliner yang belum pernah dicoba sebelumnya? Boleh banget pake Open Snap, biar makan nggak disitu-situ dan nggak itu-itu aja.


Screenshot_2015-09-14-10-50-19


Di Semarang, banyak resto yang menyajikan makanan Thailand, tapi yang khas mungkin masih jarang. Pernah suatu kali saya iseng cari via Open Snap dengan kata kunci Tom Yum, lalu saya diberikan banyak rujukan resto yang menyajikan Tom Yum.


Ada satu resto yang memang akhirnya jadi tempat favorit saya kalau sedang ingin makan masakan khas Thailand. Namanya Phuket Resto. Terakhir saya mengunjungi tempat makan ini adalah Sabtu lalu sepulang dari Jogja. Belum juga sampai rumah, sudah mampir ke Phuket.


Resto ini ada di jalan Dr Wahidin Semarang. Mudah dijangkau karena berada di tepi jalan raya.


IMG_3071


IMG_3072


Saya suka sekali dengan Phuket karena resto ini memberikan nuansa khas resto Thailand. Restonya cukup cozy dan adem. Suasana khas Thai nya semakin kental dengan alunan musik berbahasa Thailand dan beberapa pernak pernik foto. Tentu saja ada foto Raja Thailand disana. Pelayannya juga menggunakan seragam dengan kain khas Thailand, mengingatkan saya pada gadis-gadis yang menyambut saya di bandara Phuket malam itu.


IMG_3069


IMG_3074


Di buku menu ada banyak pilihan makanan yang bisa kita pesan. Ada Phadthai, kwetiau goreng khas Thailand lengkap dengan taburan kacang tanah dan perasa jeruk nipisnya. Atau mungkin ingin mencoba Tum Yon Goong ala Phuket? Pada kesempatan Sabtu lalu saya memesan Nasi Goreng Nanas. Nasi goreng yang diletakkan di dalam buah nanas yang tentu saja sudah dikerok tengahnya. Ada taburan abon sapi di atasnya. Citarasa nasinya sendiri agak manis gurih dengan sedikit rasa segar rempah yang digunakan untuk bumbu. Disajikan dengan salad kubis dan wortel yang menambah kesegaran hidangan ini.


IMG_3085


Kalau teman saya memesan Sea Food Tom Yum. Tentu saja isinya sea food donk ya? Hanya saja kali ini saya rasakan agak berbeda dibandingkan dengan kunjungan saya yang sebelumnya. Isiannya begitu penuh dengan penataan isi yang lebih rapi. Tidak terlalu "nyampah" seperti sebelumnya. Kali ini Tom Yumnya bersih dan ringan. Segar...dengan banyak isian sea food seperti kerang hijau, cumi-cumi, dan udang tentunya. Gede-gede lagi!


IMG_3081


Untuk minumannya saya memesan Teh Hijau Thailand dengan Susu. Ini adalah minuman dari serbuk Matcha atau teh hijau. Rasanya enak, tidak terlalu manis, dan rasa susunya juga tidak terlalu mendominasi sehingga taste matcha nya masih bisa kita rasakan. Saya suka dengan teh Hijau Susu ala Resto Phuket ini.


IMG_3083


Yang saya suka dari Phuket adalah rasa makanannya yang sejauh ini tak pernah mengecewakan. Harganya pun masih sangat terjangkau apalagi jika melihat porsi hidangannya yang bisa dimakan berdua atau rame-rame bersama teman dan keluarga. Selain itu Phuket resto juga memberikan promo diskon Happy Hour lho? Lumayan kan bisa dapat diskon dan desert gratis?


IMG_3070


Menggunakan App Open Snap ini cukup memudahkan terutama untuk Anda yang sering kebingungan mencari tempat makan saat menjamu tamu atau yang mungkin sudah bosan dengan tempat makan yang monoton. Open Snap akan memberikan banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera pengguna.


So how to use it?


Gampang sekali. Pertama, Anda perlu mendownload dulu tentunya dari Google Play untuk pengguna Android. Filenya tidak terlalu besar kok. Setelah itu kita perlu Sign Up untuk membuat profil kita. Bagian yang ini jangan sampai dilewatkan karena memungkinkan kita untuk berjejaring sosial juga melalui Open Snap. Selain kita bisa mendapatkan referensi makan dari pengguna Open Snap lainnya, kita juga bisa berbagi informasi seputar makanan dan lokasi seru dengan teman-teman kita.


Screenshot_2015-09-14-11-32-23-1


Jika sudah, kita bisa segera menggunakan Open Snap yang menawarkan banyak pilihan kemudahan untuk mencari jenis makanan tertentu atau tempat makan yang sesuai dengan keinginan. Sesuaikan saja dengan lokasi tempat tinggal Anda. Saat ini memang hanya menampilkan beberapa kota besar secara spesifik seperti Bali, Bandung, Jakarta, Semarang, jogjakarta, dan Surabaya. Tapi jangan khawatir, jika Anda ingin pergi ke kota lain yang tidak tertera dan butuh panduan tempat makan yang oke, Anda hanya perlu memilih OTHER CITY dan Open Snap akan menampilkan banyak pilihan dari banyak kota lainnya yang mungkin akan jadi tujuan wisata Anda.


Kalau Anda menemukan tempat makan yang menarik, segera saja masukan saja ke dalam My Bookmarks. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengumpulkan tempat-tempat makan favorit yang sudah Anda kunjungi, atau akan kunjungi nanti. Jadi ketika Anda butuh referensi cepat, tinggal buka saja My Bookmarks-nya.


Screenshot_2015-09-14-10-50-33


Cara untuk menambahkan ke dalam My Bookmarks sangat mudah. Ketika Anda sudah mengetahui resto mana yang jadi favorit Anda, tinggal klik saja ikon serupa buku yang ada di sudut kanan atas dan otomatis tempat tersebut akan masuk ke dalam My Bookmarks.


Screenshot_2015-09-14-10-56-54


Atau bisa juga dengan mengklik tombol  Bookmarks yang muncul seperti gambar berikut.


Screenshot_2015-09-14-10-57-00Kalau tab Bookmark sudah diklik, maka status tempat makan favorit kita akan berubah jadi Bookmarked.


Screenshot_2015-09-14-10-57-22


Selain itu salah satu fitur yang saya juga suka adalah Maps Nearby. Karena memudahkan kita untuk mencari lokasi tempat makan yang terdekat dengan posisi kita saat itu. Karena menggunakan geo tag, makanya Open Snap akan membantu kita menemukan tempat makan yang tidak jauh dari tempat kita. Seru kan?


Screenshot_2015-09-14-10-55-42


Screenshot_2015-09-14-10-55-55


Dan tentu saja masih banyak fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk kemudahan kita. Seperti fitur Social Visited yang memungkinkan kita untuk melihat aktifitas makan teman-teman kita di open snap. Kira-kira tempat mana saja yang baru mereka kunjungi ya? Atau tempat mana saja paling banyak dikunjungi oleh teman-teman Open Snap kita? Itulah yang jadi tempat paling hype dan kekinian yang mungkin membuat kita tertarik untuk datang kesana juga.


Atau fitur Everyone yang akan memberikan kita info kepo seru tentang teman-teman kita yang baru saja mengunjungi tempat makan favorit mereka dan membaginya dengan kita. Tab ini berisikan postingan terakhir dari kegiatan makan mereka. Makin seru deh pake Open Snap!


Pokoknya sekarang nggak perlu kawatir lagi kalau ditanya teman enaknya makan dimana, tinggal buka saja Open Snap, cari resto atau makanan tertentu sesuai dengan selera, langsung deh meluncur ke resto favorit. Atau nemu resto seru yang belum ada di Open Snap? Bagi aja pengalaman serunya lewat Open Snap supaya pengguna yang lainnya juga bisa merasakan serunya makan di tempat Favorit Anda.


Jadi, Snap and Share-in aja! ;)

0 Comments