Dulu saya pernah nembung "kelak kalau dapat kerja, pengen kerja di area timur aja, ga mau di Jakarta. Maunya di Semarang atau Solo lah ya? Kenapa? Biar kalau mudik gampang." Hehehe. Padahal mah jaman sekarang semuanya udah serba mudah ya? Nggak usah pake repot ini itu. Sambil tiduran juga bisa tuh pesen tiket.


Saya masih ingat kalau pas lebaran musti sowan ke rumah Mbah yang ada di Semarang. Kalau pas mau milih moda angkutan suka bingung. Soalnya pasti penuh dan uyel-uyelan. Apalagi kalau naik kereta, beuuuh. Mulai dari beli tiket sampai naik ke atas kereta, kudu rebutan. Ayah pasti duluan naik nyari tempat duduk, baru deh nanti Mama, saya, dan adik menyusul.


Tapi itu dulu....sekarang sudah berbeda. Jaman makin canggih, PT KAI juga berbenah supaya lebih baik. Dalam beberapa tahun belakangan ini banyak yang berubah dari kebijakan PT Kereta Api Indonesia. Waktu awal-awal di Semarang sekitar awal tahun 2005, perubahan itu sudah mulai terasa disana-sini meskipun buat saya masih suka bikin males kalau mau mudik naik kereta.


Beli tiket masih ngantri, sistem onlinenya pun masih terbatas dan cukup ribet, itupun khusus untuk kereta api kelas tertentu saja. Kita bisa beli di minimarket, terus tetep nuker tiket di loket khusus. Pokoknya males banget deh. Belum lagi kalau sudah di dalam kereta, duduk musti rebutan. Siapa duluan dapat tempat dia yang bisa duduk nyaman. Sisanya? Ya musti berdiri atau milih lesehan. Akhirnya pilihan masih jatuh ke bis AKDP sebagai moda transportasi mudik (yang nggak jarang juga sama riweuhnya!) Hahaha.


Tapi seperti yang sudah saya bilang tadi bahwa perubahan itu mulai dilakukan pelan-pelan dalam 10 tahun terakhir. Mulai dari melarang pedangan asongan untuk masuk ke area stasiun. Masih ingat dulu stasiun penuh sesak? Ada yang mau naik turun kereta, ditambah pedagang asongan yang masuk ke area stasiun bahkan sampai ke dalam kereta. Duh, sumpek. Tapi sekarang pemandangan seperti itu sudah tidak lagi ditemui. Pedangan asongan sudah tidak lagi boleh masuk area stasiun dan berjualan di dalam kereta. Bahkan sekarang pengantar penumpang aja sudah tidak boleh masuk ke area stasiun lho? Wilayah dalam hanya boleh untuk penumpang bertiket. Itupun flow nya diatur sedemikian rupa sehingga tertib.




[caption id="attachment_2519" align="aligncenter" width="620"]WP_20150806_08_49_48_Pro perubahan bertahap demi stasiun yang lebih tertib[/caption]

[caption id="attachment_2520" align="aligncenter" width="620"]Suasana dalam ruang tunggu Stasiun Semarang Tawang Suasana dalam ruang tunggu Stasiun Semarang Tawang[/caption]

Kalau yang ini adalah suasana di peron stasiun yang sudah bersih. Kesannya sepi sih, tapi lebih rapi dan nyaman.

[caption id="attachment_2521" align="aligncenter" width="620"]makin nyaman makin nyaman[/caption]

[caption id="attachment_2522" align="aligncenter" width="620"]Yang Tidak Berkepentingan Dilarang Masuk Yang Tidak Berkepentingan Dilarang Masuk[/caption]

Salah satu yang dibenahi oleh PT KAI adalah soal sistem penjualan tiket kereta api. Meskipun masih membuka tiket penjualan secara manual tapi PT KAI sudah menggunakan sistem onlne dengan cakupan akses yang lebih luas, dalam artian, kalau dulu hanya sebatas bisa beli di channel-channel tertentu macam mini market misalnya, sekarang kita bisa membeli tiket dengan lebih mudah, melalui smartphone kita.




[caption id="attachment_2523" align="aligncenter" width="620"]Loket Penjualan Yang Sudah Pake Nomer Antrian Loket Penjualan[/caption]

Kalau males mengantri di loket penjualan dan kebetulan Anda termasuk yang sering merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, ada baiknya memanfaatkan layanan penjualan tiket online melalui APP PT KAI via smartphone Anda. Mudah dan cepat, hanya butuh koneksi internet yang cukup stabil untuk melakukan transaksi.


Selain lewat akses website PT.KAI, kita bisa mengunduh app Kereta Api melalui google play, iOS, atau Windows Phone Market. Saya sendiri memasang app tersebut di 2 jenis handphone saya, android dan windows phone untuk memudahkan pembelian tiket.


Langkah pertama tentu saja mengunduh app PT.KAI dari Market App dengan gambar ikon seperti di bawah ini


Screenshot_2015-08-21-13-08-01


Kalau sudah, App berfungsi jika kita sign in terlebih dahulu. Hanya butuh email dan password yang bisa diset sesuai keinginan. Kemudian isikan profil Anda. Profil ini harus diisi sebenar-benarnya, tidak boleh ngasal karena terkait dengan data yang akan digunakan saat memesan tiket melalui online. Gambar seperti dibawah ini.


wp_ss_20150806_0001


Screenshot_2015-08-21-13-09-01


IMG_20150813_144953


Untuk profil bisa diisi maksimal 4. Jadi kalau ingin memesan tiket rame-rame juga bisa. Untuk profil anak2 atau remaja yang belum memiliki KTP, kolom KTP bisa diisi dengan angka tangga lahir. Anak diatas usia 5 tahun sudah dihitung dewasa lho! hehehe.


Nah, kalau sudah diisi profilnya dengan benar, kita bisa melakukan pemesanan tiket dengan cara berikut :


wp_ss_20150806_0001 buka KAI Access, kemudian klik section Booking Tiket - Pesan Tiket. Nanti akan dibawa ke tampilan seperti di bawah ini :


wp_ss_20150806_0003


ketikkan stasiun asal dan stasiun tujuan Anda seperti misalnya :


Screenshot_2015-08-21-13-10-02


Jangan lupa untuk mengatur tanggal yang diinginkan untuk jadwal perjalanan Anda. Setelah itu klik CARI/Search dan akan ditampilkan kereta-kereta yang melayani jalur tersebut lengkap dengan harga & ketersediaan kursi seperti gambar contoh di bawah ini :


Screenshot_2015-08-24-11-08-45


Kalau sudah ketemu kereta yang diinginkan, klik kotak Pesan/Reserve. Nanti akan tampil seperti gambar di bawah ini :


Screenshot_2015-08-21-13-10-30


Pastikan data kereta yang diinginkan sudah sesuai dengan keinginan Anda. Jangan lupa untuk mengisi tanda centang ( "V" ) pada kotak "DENGAN INI...." Kalau sudah, klik kotak Pesan/reserve. Maka akan muncul gambar seperti berikut :


Screenshot_2015-08-24-11-13-27


Setelah benar-benar sesuai, klik Pesan/reserve dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


IMG_20150824_111634


tampilan ini berisi profil penumpang yang sudah diisi dari awal tadi. Kalau Anda yang akan menggunakan jasa kereta, profil tidak perlu diubah. Tapi jika Anda melakukan pemesanan untuk orang lain misalnya salah satu teman atau anggota keluarga Anda, maka data profil harus diganti sesuai dengan data yang bersangkutan.


Yang perlu diperhatikan adalah Nama lengkap HARUS BENAR sesuai KTP dan nomer KTP juga HARUS SESUAI. Karena 2 data ini penting karena berisi manifest penumpang. Jika data yang diisikan berbeda antara yang tercetak di tiket dengan KTP, maka penumpang akan ditolak masuk ke dalam kereta. Susah kan kalau harus ngurus ke Customer Service? Jadi pastikan sudah diisi dengan benar ya?


Kalau sudah sesuai, klik PESAN/RESERVE dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini :


Screenshot_2015-08-24-11-13-58


Anda bisa mengganti letak tempat duduk Anda dengan mengklik Pilih Kursi. Pilihan ini memungkinkan Anda duduk bersama teman atau keluarga Anda, sepanjang kursi tersedia ya?


Kalau sudah diatur sedemikian rupa sesuai dengan keinginan, klik Next / Pilih Pembayaran


Screenshot_2015-08-24-11-14-09


Screenshot_2015-08-24-11-14-03


Klik di kolom pilih dan akan muncul pilihan pembayaran. Centang salah satu, dan klik BAYAR untuk mengakhiri. Jika Anda ingin membayar via ATM atau Payment Point seperti di minimarket, silakan klik ATM/Payment Point.


Setelah selesai, tampilannya akan seperti ini


Screenshot_2015-08-24-11-14-29


Screenshot_2015-08-24-11-14-26


Pilihan untuk menyimpan di kalender adalah fitur pengingat saja. Jika dipilih Ya, maka di app kalender kita akan tersimpan riwayat pemesanan melalui KAI Access ini. Tapi fitur ini opsional kok, bisa dipilih Ya atau Tidak.


Selamat! pemesanan Anda berhasil dan segera lakukan pembayaran di channel yang dipilih maksimal 3 jam setelah pemesanan. Jika dalam 3 jam Anda tidak melakukan pembayaran, maka pesanan Anda akan dibatalkan dan kursi akan dijual kepada penumpang lain.


Jika semua proses sudah selesai, Anda bisa mengecek riwayat pemesanan Anda dengan memilih kotak RIWAYAT. Pengecekan ini penting untuk mengetahui KODE PEMBAYARAN yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran via ATM atau Payment Point.


wp_ss_20150806_0001


Nanti akan muncul tampilan seperti berikut :


Screenshot_2015-08-24-11-37-18 Transaksi terakhir ada di barisan paling atas. Jika diklik akan muncul seperti ini :


Screenshot_2015-08-24-11-37-24


Di bagian informasi booking, tertera kode pembayaran. Itulah kode yang akan ditanyakan oleh petugas payment point di minimarket atau akan dimasukkan ke kolom kode ketika melakukan pembayaran via ATM. Sementara KODE BOOKING adalah kode untuk mencetak tiket Anda jika pembayaran sudah dilakukan.


Kalau tiket sudah dibayar, kita bisa mencetak tiket dengan menggunakan kode bayar yang sudah tertera. Dan enaknya lagi, pencetakan tiket bisa kita lakukan secara mandiri lho? Melalui mesin ini :


WP_20150806_09_13_03_Pro


Mesin ini tersedia di banyak stasiun besar, jadi Anda nggak perlu ngatri di loket hanya untuk mencetak tiket. Petugas stasiun yang standby siap membantu Anda untuk yang mengalami masalah dalam pencetakan tiket. BTW, mesin ini sudah menggunakan teknologi layar sentuh lho. Tinggal masukan KODE BOOKING, dan cetak tiketnya. Gampang kan? Proses ini bisa dilakukan kapan saja, bahkan di hari H ketika hendak melakukan perjalanan, tiket bisa kita cetak saat itu juga.


Oh ya, lupa, pemesanan tiket secara online hanya bisa kita lakukan maksimal 6 jam sebelum kereta berangkat. Jadi tidak bisa mepet-mepet. Dengan kata lain, pemesanan tiket secara online memang ditujukan untuk mereka yang sudah merencanakan perjalanan jauh-jauh hari. Kalau misal mendadak ya, mau tak mau harus mengantri di loket penjualan tiket yang tersedia di stasiun.


Jadi sebenarnya penjualan tiket ini memang memudahkan kita untuk merencakan perjalanan. Tapi jangan khawatir untuk yang tak bisa melakukan pembelian tiket secara online, tak perlu takut nggak kebagian tiket karena PT KAI juga sudah mengatur porsi penjualan yang cukup adil untuk semua. Jadi kesempatannya juga sama. Hanya saja pembelian tiket melalui online channel memang memudahkan! Bahkan bisa kita lakukan sambil tiduran! :D


Semoga ke depannya PT.KAI tetap mempertahankan prestasi ini dan terus berinovasi untuk layanan kereta yang lebih baik. Oh ya, sekarang kereta kelas Ekonomi pun sudah dilengkapi dengan Air conditioner!


Jadi, Yuk! Naik kereta!


:D

5 Comments

  1. makin gampang pake bangeeet.. bantuin temen dari luar booking tiketnya jadi lebih mudah ngasih taunya :)

    ReplyDelete
  2. mas, apa bisa saya memesankan utk keluarga teman (3 orang) dg aplikasi kai acces tsb, soalnya saya jg mau pesen buat keluarga saya ( 3 orang)

    ReplyDelete
  3. Bisa. Maksimal 4 orang dalam sekali pemesanan.

    ReplyDelete
  4. Mas saya kok udh daftar tapi gk dpt kiriman sms kode aktifasinya ya?

    ReplyDelete
  5. Daftar apa nih? Sepertinya kalau sudah Sign In nggak ada kode aktivasi apa2. Kecuali kalau kita memesan tiket dan sudah membayar biasanya ada kiriman email dari KAI.

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.