Sebenernya agak bingung juga mau nulis judul di atas. Baca buku atau denger buku ya? Hehehe. Akhirnya nemu frase yang cukup pas, Cara Asik Menyimak Buku. Secara kalau buku itu kan mostly untuk dibaca ya? Tapi karena kemajuan teknologi dan demi azas kepraktisan kemudian muncullah apa yang disebut Audio Book.


Audio Book bukan sesuatu yang baru sih. Menurut beberapa literatur yang saya baca, sistem audio book ini sudah ada sejak tahun 1930. Hanya saja ketika itu Audio Book lebih cenderung digunakan untuk kepentingan pendidikan formal di sekolah. Baru di tahun 1980 sistem ini menarik perhatian banyak retailer buku. Masih ingat nggak kalau dulu beli buku panduan belajar bahasa asing, biasanya disertai dengan sebuah kaset yang bisa kita dengarkan sambil baca bukunya dengan harapan proses belajar jadi lebih menyenangkan dan materi yang dibaca jadi lebih mudah dipahami.


Dalam perkembangannya, audio book tidak hanya melulu berisikan soal buku literatur saja, tapi berkembang ke buku-buku genre lainnya, bahkan sampai ke fiksi. Dengan akses luas melalui internet, kita bisa dengan mudah menemukan banyak sekali audio book, baik yang gratis maupun berbayar. Nah, salah satunya yang bisa Anda pilih untuk mendengarkan audio book adalah melalui salah satu aplikasi buatan anak negeri yang diberi nama LISTENO.


Listeno ini (kalau menurut asumsi saya) berarti DENGARLAH. Berasal dari kata LISTEN yang berarti mendengarkan, dicampur dengan lafal O (dalam bahasa jawa - karena developernya kebetulan orang Jogja), jadilah LISTENO. Yang kalau dalam bahasa jawa artinya adalah RUNGOKNO atau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi DENGARLAH. Unik ya kalau kasih nama?


Screenshot_2015-08-18-17-26-09


App ini memungkinkan kita untuk menyimak buku dengan cara yang lebih asyik melalui handphone. Tidak butuh banyak kuota koneksi internet (yang penting lancar), kita sudah bisa mendengarkan banyak audio book yang tersedia.


Listeno sendiri saat ini masih tersedia di google app (pengguna android). Tapi ke depannya akan dikembangkan untuk beberapa pengguna OS yang lain. Nah, bagaimana dengan isi dari LISTENO sendiri? tentu saja isinya adalah AUDIO BOOK donk ya? Dan gimana caranya menikmati LISTENO di HP Anda?


caranya mudah...


yang pertama, buka google play di HP android Anda, kemudian cari LISTENO di kotak pencari app


Screenshot_2015-08-18-17-25-25kalau sudah, nanti akan dibawa ke halaman yang berisi banyak APP, nah Listeno ada di posisi paling atas tuh...terus diklik deh, nanti akan muncul tampilan yang kurang lebih seperti ketika Anda akan mendownload app dari google play. Kalau sudah, download deh tuh app. Besar filenya hanya 21 MB-an kok. Ga gede kan? Kalu sudah download, akan muncul seperti di bawah ini. Tinggal klik OPEN (BUKA) Anda sudah selangkah lebih maju ke dalam inti dari Listeno (cailah!)


Screenshot_2015-08-18-17-25-38Sebelum Anda bisa masuk lebih jauh lagi, Anda akan diminta untuk mendaftar kurang lebih tampilannya seperti ini.


Screenshot_2015-08-18-17-56-14untuk pengguna baru, silakan klik DAFTAR. Nanti Anda hanya butuh mengisi alamat email, username, dan password yang bisa Anda pilih untuk log in ke app ini. Kalau sudah daftar dan berhasil masuk, Anda sudah bisa menikmati layanan dari LISTENO.


Screenshot_2015-08-18-17-26-21


Jangan kawatir, semua GRATIS alias ga bayar.


Nah, kalau sudah masuk, menjelajahlah ke isi dari LISTENO.


Screenshot_2015-08-18-17-27-07


Screenshot_2015-08-18-17-28-17Diklik-klik aja sesuka Anda, mau pilih jenis buku yang sesuai dengan Anda semuanya terserah. Atau mau pilih dongeng? Boleh banget! Jenis yang satu ini cocok untuk para orang tua yang agak males atau nggak punya waktu untuk mendongeng. Tinggal buka saja bagian dongeng dan pilih dongeng favorit Anda untuk didengarkan sebagai teman tidur anak-anak.


Ehm-ehm...itu naratornya saya yang ngisi lho? (promo maksimal)


Dan khusus untuk dongeng ini, tidak hanya sekedar hanya mendengar buku dibacakan saja, tapi seperti ketika Anda mendengar cerita dengan banyak karakter yang dibawakan dengan jenis suara yang berbeda. Dan semua berasal dari satu suara, suara saya. Hahahaha!


Gimana caranya? Mudah...misalnya...pilih satu buku


Screenshot_2015-08-18-17-28-25Nah, tuh nampang! eh, maksudnya tampilannya begini, tinggal diklik aja tanda lingkaran yang ada segitiganya itu (tanda PLAY) nanti akan dibawa ke laman seperti ini


Screenshot_2015-08-18-17-28-35Ada 2 pilihan, apakah Anda ingin mendengarkan contohnya saja (1 cerita) atau ingin mengoleksi semua bab yang ada di cerita tersebut. Kalau klik GRATIS, otomatis akan mengunduh file audio dari buku yang bersangkutan dan akan disimpan dalam HP anda, bisa didengarkan kapan saja Anda mau.


Gimana? Mudah kan?


Saat ini jumlah audio booknya memang belum terlalu banyak, tetapi jumlahnya akan terus bertambah karena proses take VO masih berlangsung dengan banyak Voice Over handal dari LISTENO. FYI, beberapa VO adalah radio person sehingga kualitasnya sudah tak perlu diragukan lagi. Oh ya, kualitas audionya juga oke lho karena digarap di studio profesional lengkap dengan peralatan canggih, sehingga hasilnya lebih baik dibanding audio book kebanyakan. Nggak percaya? Buktikan saja!


Screenshot_2015-08-18-17-27-56Dan itulah beberapa voice over yang mengisi suara di aplikasi LISTENO.


Bagaimana? tertarik untuk menyimak buku dengan cara yang lebih asyik?


Download sekarang juga.

3 Comments

  1. […] Catur Sleman, Jogjakarta (untuk tahu apa itu Listeno dan bagaimana mengoperasikannya, silakan klik disini). Setelah berbulan-bulan berkontribusi menjadi Voice Over akhirnya app ini rilis juga secara resmi. […]

    ReplyDelete
  2. Reblogged this on MindTalk and commented:
    Meneruskan tulisan Nuno Orange tentang #BukuSuara Listeno.
    Thankyou Nuno!!!

    ReplyDelete
  3. […] [ Baca juga : Cara Asyik menyimak buku via Listeno ] […]

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.