Jadi ceritanya, adek saya mau sowan ke rumah mertuanya di Purwokerto. Dia nitip beliin bandeng buat oleh-oleh. Dan nggak ada tempat lain yang kepikiran selain beli di Bandeng Juwana yang ada di Pandanaran. Udah lupa kapan terakhir kali belanja oleh-oleh disini, dan ketika tempo hari saya datang lagi, tampilannya udah berubah!


Sebelum lanjut cerita soal pengalaman belanja di Bandeng Juwana, cuma sedikit mau cerita aja kalau tempat oleh-oleh ini emang terkenal sejak dulu. Yang punya namanya dokter Daniel Nugroho Setiabudi. Beliau membuka usaha ini tahun 81 dan berkembang sampai sekarang. Jaman saya kecil dulu, pernah datang ke tempat praktiknya dokter Daniel yang letaknya juga nggak jauh dari tempat beliau berjualan. Masih inget jaman dulu ngobatin luka di lutut. Dari Surtikanti naik becak sampai pandanaran, terus nebus obat di Apotek Sputnik, yang lagi-lagi juga berada di area situ-situ juga. Nggak tahu tuh masih ada apa enggak ya apoteknya?


WP_20150806_08_38_40_Pro


Oke, kembali lagi ke Bandeng Juwana, ini adalah outlet pertama, yang kedua dan terbaru ada di Jalan Pamularsih. Lokasi barunya lebih luas sih, dan dilengkapi dengan tempat parkir yang lebih nyaman. BTW, sekarang yang di Pandanaran juga lebih nyaman lho? Konsepnya sekarang diubah jadi seperti Swalayan. Kecuali untuk area penjualan Bandeng, kita bisa memilih sendiri jenis oleh-oleh yang kita cari tanpa harus repot minta bantuan Mbak-mbak atau Mas-mas pelayannya.


Kalau bandeng sih memang harus ke konter khusus. Kalau tadinya ada 2 konter di sisi depan dan samping kanan, sekarang sudah dikumpulkan menjadi satu di bagian kanan pintu masuk utama. Lebih luas dan pastinya lebih akomodatif.


Ada berbagai jenis olahan bandeng duri lunak. Yang masih jadi favorit ya Bandeng Presto original yang sekilonya bisa kita bawa pulang dengan harga 85 ribu rupiah. Ada 2 pilihan isi, mau yang kecil-kecil dengan isi 5-6 ekor,atau 3-4 isi dengan ukuran sedang hingga besar.


Salah satu favorit saya adalah Otak-Otak Bandeng seharga 150ribu perkilo. Ini adalah bandeng isi bandeng dengan rempah yang enak. Tanpa duri dan semuanya lunak. Enak dimakan dengan nasi putih panas dan sambel tomat yang disertakan setiap kita beli bandeng disini.


Atau mau yang bisa lebih tahan lama? Ada Bandeng Vacuum, yang bisa dijadikan oleh-oleh perjalanan jauh. Kalau bandeng biasa paling tahan hanya sekitar 2-4 hari, Bandeng Vacuum bisa lebih lama dari itu. Bahkan konon kalau masuk kulkan bisa sampai 3 bulan. Tapi saya nggak pernah beli yang jenis ini sih. Favorit saya ya Bandeng Otak Otak itu.


Pokoknya masih banyak deh. Ada Bandeng Pepes juga, Bandeng Kremes, dan macam lainnya.


WP_20150806_08_37_16_ProSelain bandeng, kita juga bisa beli wingko babad produksi Dyriana. Untuk wingko campur isi 20 (beragam rasa) harganya sekitar 70 ribu. Kita bisa milih rasa yang ada. Kalau nggak salah ada sekitar 6 rasa (nggap apal apa aja), tapi kalau mau yang rasa original kelapa juga bisa. Tersedia dalam 2 jenis pembungkus, yaitu kardus dan besek.


Nah, yang saya suka dari desain baru yang ada di Bandeng Juwana ini adalah penataannya yang lebih akomodatif untuk pembeli. Saya rasakan sih lebih nyaman dan waktu untuk belanja pun jadi lebih singkat. Kalau biasanya apa-apa kudu dilayani, bahkan untuk beli sekantong keripik aja kita musti minta tolong pelayan, belum lagi kalau pake acara bingung mau pilih keripik yang mana, sekarang kita bisa mengambil sendiri, melayani sendiri sesuai dengan keinginan kita.


Buat saya sih ini praktis. Waktu ngantri jadi bisa dipotong. Apalagi kalau peak season liburan yang udah pasti rame banget, jenis swalayan begini terasa memudahkan bagi pembeli.


WP_20150806_08_35_38_Pro WP_20150806_08_35_45_ProNah, kalau sudah selesai memilih, pembeli tinggal menuju ke kasir untuk menghitung total belanjaan. Tersedia juga layanan bungkus kardus kalau belanja banyak dan butuh packaging yang lebih representatif.


WP_20150806_08_37_21_Pro


Kalau udah capek belanja, bisa juga naik ke lantai 2. Disana ada cafe Elrina yang menyediakan makanan olahan bandeng dan lainnya. Sambil nongkrong sama temen dan keluarga, boleh lho makan siang juga.


Lokasi belanja ini dilengkapi juga dengan ATM, Musholla yang cukup bersih, dan toilet yang juga bersih. Letak Musholla dan Toilet ada di samping kanan toko.


Selain tunai, Bandeng Juwana menerima kartu debit dari berbagai Bank.


Bandeng Juwana juga melayani paket pengiriman bandeng  ke luar kota lho? Coba tanya lebih lanjut ke 024-8311488 atau datang langsung ke Jl. Pandanaran no. 57 Semarang.


Pokoknya suka deh sama penataan toko Bandeng Juwana yang sekarang.


Salut.

2 Comments

  1. Waah nyenengin sekarang. Bisa milih sepuasnya, gak pake ngintip -ngintip nunjuk dari balik etalase. Baru tau...

    ReplyDelete
  2. Hooh! Bener! Pokoknya sekarang nyaman...ga kayak dulu umpel2an ngantri rebutan sapa dulu yg dilayanin...

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.