[caption id="attachment_2312" align="aligncenter" width="660" class=" "]"koleksi pribadi" "koleksi pribadi"[/caption]

Kyle McAvoy adalah seorang mahasiswa Hukum tingkat akhir yang menunggu kelulusan. Sebagai salah satu mahasiswa penuh prestasi, Kyle bercita-cita ingin mengabdikan diri sebagai pengacara Pro Bono dan membela hak imigran yang terjerat kasus hukum. Tawaran dari firma hukum di New York tak membuatnya tertarik. Namun menjelang wisuda, sebuah kejadian membuatnya harus memikirkan ulang prioritas kerjanya. Terjebak dalam sebuah dilema ketika orang-orang yang mengaku sebagai FBI menggiringnya ke dalam sebuah masalah. Video berisi rekaman kegiatan di sebuah pesta yang menjadi liar menjadi bahan untuk menjebak Kyle.


Meskipun tak terlibat dalam adegan yang diklaim sebagai tindak perkosaan, Kyle mau tak mau harus menuruti skenario yang sudah diatur oleh orang-orang yang mendatanginya. Karena tak mau video itu menyebar luas dan mengancam masa depannya, Kyle merubah semua rencananya. Masuk ke dalam sebuah firma hukum besar hanya demi menjadi mata-mata dan mencuri banyak dokumen penting terkait dengan sebuah kasus besar yang ditangani.


Dokumen-dokumen ini rencananya akan diserahkan kepada para pemeras sebagai bahan kajian oleh firma hukum lawan demi memenangkan pertarungan di pengadilan. Dalam perjalanannya, Kyle merasa harus melakukan perlawanan. Dengan bantuan beberapa teman dan ayahnya, Kyle mulai merubah skenario yang sudah dirancang oleh si pemeras. Berhasilkah usahanya?


...


The Associate adalah buku kesekian karya John Grisham yang saya baca. Saya minta dari seorang teman yang sudah lama membelinya, tapi tak pernah rampung membacanya. The Associate masih menyajikan konflik seputar hukum yang dibumbui oleh Thriller khas John Grisham. Mafia dan bagaimana kerja sebuah firma hukum masih menjadi salah satu unsur utama dalam buku karya John. Tentang penagihan jam kerja dan betapa gilanya para pengacara yang rela melakukan apa saja demi kemenangan di meja hijau.


As always, membaca novel John Grisham seperti menonton sebuah film jaman 90-an. Tidak ada sesuatu yang baru. Cukup menyenangkan sebenarnya, kalau tak bisa dibilang membosankan.


Tapi lumayanlah untuk sebuah buku bacaan.

0 Comments