Butuh nyali bagi saya untuk menonton film ini. Yaaaa, walaupun suka dengan film horor dan agak "jrot-jrot", tapi kalo yang model The Purge ini emang rada bikin deg-degan. Kalo nonton trailernya sih film ini penuh kekerasan. Filmnya emang begitu. Tapi dipikir-pikir, ini bukan film bertema kekerasan yang saya tonton deh, dan ternyata plotnya juga nggak terlalu enak buat diikuti.


The_Purge_–_Anarchy_PosterThe Purge : Anarchy adalah sequel dari film berjudul The Purge yang rilis tahun lalu. Merupakan film kedua dari beberapa seri The Purge yang sudah direncanakan. Berlatar belakang Amerika di bawah pemerintahan baru yang menyebut diri mereka New Founding Father Of America berusaha menekan angka kejahatan dengan melakukan pembersihan terutama untuk mereka yang termasuk dalam kategori warga miskin. Premisnya sih, kalau semua orang sejahtera, maka kejahatan bisa ditekan.


Itulah kenapa setiap tanggal 21 mulai tenggelam matahari sampai pukul 7 keesokan harinya, semua kejahatan diijinkan untuk dilakukan dengan beberapa syarat. Diantaranya adalah tidak boleh menggunakan senjata kelas tertentu seperti roket atau granat, sementara senjata api dan tajam diperbolehkan. Selain itu, ada warga kelas tertentu yang boleh disentuh atau jadi korban pembersihan. Nah, orang-orang yang melakukan pembersihan ini adalah mereka yang termotivasi dengan uang. Sementara itu orang-orang kaya melakukan pembersihan dengan cara mereka sendiri, yaitu memberikan uang pada mereka yang membutuhkan dan membunuh salah satu anggota keluarga mereka. Jadi lebih untuk kesenangan diri sendiri sih sebenarnya.


Nah, ceritanya, di tahun 2023, pelaksanaan The Purge atau Pembersihan dilakukan untuk yang keenam kalinya. Menjelang malam hari Eva dan temannya Tanya yang bekerja di restoran harus segera pulang sebelum pelaksanaan The Purge dimulai. Sementara itu sepasang suami istri yang sedang dilanda masalah Shane dan Liz terjebak di jalanan setelah mobil yang mereka tumpangi mogok karena disabotase oleh para pembersih.


Eva dan anaknya Cali sudah sampai di rumah dan mengunci pintu. Tapi Papa Rico, ayah Eva, menyelinap pergi menuju rumah orang kaya yang akan berjanji akan membayarnya 100 ribu dollar asalkan dia mau menjadi korban pembersihan. Eva dan Cali yang panik tak bisa berbuat apa-apa, terlebih ketika tetangganya sendiri akan menjadikan mereka sebagai korban. Tapi sepasukan berpakaian hitam-hitam menyelamatkan mereka berdua. Ternyata penyelamatan ini tidak berlangsung lama, karena pasukan tersebut adalah pasukan yang dikirimkan oleh pemerintah di bawah komando seorang lelaki yang dipanggil Big daddy. Orang inilah yang akan melakukan eksekusi di jalanan dengan alasan ritual pembersihan kurang efektif untuk mengurangi jumlah orang miskin.


Sebelum Big Daddy membunuh Eva dan Cali, seorang pria bernama Leo menembak pasukan sekaligus Big daddy. Leo adalah seorang ayah yang kehilangan putranya karena dibunuh oleh pacar dari mantan istrinya karena ritual yang sama. Malam itu dia berniat untuk melakukan balas dendam, tapi terlibat dengan masalah setelah menyelematkan Eva dan Cali. Ketika mereka kembali ke mobil, ternyata Shane dan Liz sudah bersembunyi disana. Mau tak mau Leo pun harus membawa mereka berempat. Mobil mereka sempat ditembaki oleh Big daddy dan mogok di tengah jalan. Leo berniat pergi tanpa orang-orang yang dia selamatkan, tapi Eva berjanji kalau Leo akan mendapatkan mobil baru milik temannya kalau dia berhasil membawa mereka ke rumah Tanya.


Ketika sampai di rumah Tanya, keluarganya sedang berpesta untuk menghabiskan waktu sampai ritual pembersihan selesai. Tapi tak disangka, adik Tanya mengamuk dengan senjata api karena mengetahui Tanya selingkuh dengan suaminya. Lolos dari keributan itu, merekaa berlima pun melanjutkan perjalanan menuju ke tempat yang dirasa aman dari jangkauan para pembersih.


Bagaimanapun mereka mencoba, keberadaan para pembersih ada dimana-mana. Setelah beberapa kali lolos, mereka berlima pun ditangkap oleh sekelompok pembersih yang menyerahkan mereka pada orang-orang kaya yang sudah berkumpul di sebuah gedung. Leo dan teman-temannya pun akan dijadikan sebagai korban yang menutup ritual pembersihan malam itu. Lagi-lagi, mereka pun selamat setelah sepasukan pemberontak yang dipimpin oleh Carmelo menyerbu masuk ke dalam gedung. Mereka inilah yang menjadi pasukan pemberontak yang selama ini tidak setuju dengan ritual Pembersihan yang digagas oleh New Founding Of America.


Adegan ditutup dengan Leo yang berhasil sampai ke rumah pacar mantan istrinya. Ketika dia hendak membalas dendam, Leo pun tidak tega dan keluar dari rumah. Ketika sampai di halaman, Big Daddy menangkapnya. Saat Big Daddy bersiap-siap membunuh Leo, pacar mantan istrinya pun keluar dan menembak kepala Big daddy. Eva dan Cali datang dan membawa Leo ke rumah sakit, tepat ketika sirene tanda ritual pembersihan berbunyi sebagai tanda kalau ritual itu sudah berakhir.


...


Jujur aja saya belum nonton The Purge yang pertama. Langsung lompat ke The purge yang kedua ini. Buat saya, film ini cukup bikin deg-degan karena tensinya yang cukup terjaga. Dari jajaran castnya saya nggak begitu kenal, tapi film produksi Blum House yang diproduseri juga oleh Michael Bay ini pastinya cukup menarik.


Hati-hati, banyak adegan kekerasan disini. Jangan ditonton malam hari, kurang baik untuk kesehatan mental dan akan mengganggu kualitas tidur Anda.

0 Comments