[spoiler alert]


The_Maze_Runner_posterSebenarnya saya agak mulai bosan dengan film bertema futuristik yang melibatkan sekumpulan pemuda, sebuah organisasi dan eksperimen mereka untuk mendapatkan sosok pemuda tangguh, lalu kemudian ada pemberontakan, pemuda yang melawan kembali organisasi jahat yang menculik mereka or what ever lah. Tapi begitulah yang sekarang sedang tren. Mungkin Hunger Games bukanlah pelopornya, tapi kebetulan saja sejak suksesnya, banyak film serupa yang juga diangkat dari novel terkenal bermunculan.


Bukan, ini bukan latah. Hanya sebuah faktor kebetulan saja. Tapi saya yakin mau tak mau orang pasti akan berpikiran kalau beberapa film itu hampir mirip satu sama lain. Setelah Hunger Games, Divergent, dan yang akan datang The Giver, saya baru saja menonton The Maze Runner.


Kalau yang satu ini datang dari buah karya James Dashner, penulis buku The Maze Runner yang rilis tahun 2007. Digarap oleh studi 20th Fox Century, The Maze Runner diserahkan pada Wes Ball sebagai sutradara. Berkisah tentang seorang pemuda bernama Thomas, yang tiba-tiba terbangun dalam sebuah lift yang membawanya ke tempat yang belum pernah dikenalnya. Thomas yang kehilangan ingatannya bertemu dengan banyak pemuda yang sudah berada di tempat tersebut selama bertahun-tahun. Membentuk koloni yang dipimpin oleh Alby, para pemuda itu membagi diri mereka dengan tugas masing-masing. Ada yang bertugas sebagai tukang kebun, dokter, dan beberapa tugas lain. Oh ya, satu lagi yang  bertugas sebagai Runner. Apa itu runner?


Jadi ceritanya, tempat dimana Thomas terbangun adalah sebuah tanah lapang yang dikelilingi oleh sebuah labirin raksasa yang akan terbuka dipagi hari dan menutup saat malam tiba. Nah, Maze inilah yang menghalangi orang-orang di koloni baru itu untuk keluar dari wilayah tersebut. Dan kehadiran Thomas seperti merubah semua yang sudah dibangun selama 3 tahun. Keadaan ini tidak disukai oleh Gally, salah satu warga senior yang agak cemburu dengan kehadiran Thomas yang langsung disukai oleh semua orang, terlebih ketika dia berhasil mengalahkan Gally dimalam inisiasi.


Posisi Runner diberikan pada Thomas setelah salah satu Runner yang bernama Ben disengat oleh makhluk bernama Griever yang hidup di dalam Maze. Kondisi Ben memburuk dan warga koloni memaksanya untuk masuk ke dalam labirin. Otomatis posisi Runner yang semula diisi oleh 2 orang kosong. Padahal Runner sendiri cukup vital karena merekalah satu-satunya orang yang pernah melihat semua bagian dalam labirin. Minho, salah satu Runner yang bertahan mengajak Alby untuk melihat kondisi Ben di dalam labirin, ternyata mengalami serangan. Alby disengat oleh Griever dan nyawa mereka terancam. Sampai Thomas memaksa masuk ke dalam labirin dan menyelamatkan mereka berdua. Tidak hanya itu saja, Thomas berhasil membunuh salah satu griever dan mendapatkan sebuah benda aneh.


Benda itulah yang belakangan diketahui sebagai sebuah kunci dari sebuah pintu keluar dari labirin.


Suatu hari koloni kedatangan seorang pendatang baru. Kali ini adalah seorang gadis bernama Teresa. Ini baru pertama kali seorang gadis didatangkan ke koloni. Ditangan Teresa terdapat sebuah catatan kalau dia adalah orang terakhir yang akan di kirim ke koloni. Apa maksudnya?


Semua orang di koloni mencari jawaban dari misteri yang membuat mereka penasaran. Siapakah mereka? siapakah orang-orang yang tega mengirimkan mereka ke tempat itu? Untuk tujuan apa?


Dan rasa penasaran mereka pun akhirnya terjawab. Setelah organisasi yang menyebut dirinya sebagai WCKD alias Wicked mengirimkan sepasukan griever untuk menghancurkan koloni, Thomas dan beberapa teman termasuk Teresa nekat masuk ke dalam Maze dan mencari pintu keluar. Setelah berjuang mati-matian, akhirnya Thomas berhasil keluar dari labirin melalui sebuah pintu yang membawa mereka ke dalam inti dari Wicked.


Ternyata Wicked adalah sebuah organisasi yang sedang meneliti sebuah virus yang menyerang manusia setelah matahari membakar bumi. Dipimpin oleh Ava Paige, wicked mencari pemuda-pemuda tangguh yang nantinya akan diteliti aktifitas otaknya demi menemukan serum penyembuh dari virus yang memang menyerang otak itu.


Film diakhiri dengan adegan helikopter yang menjemput Thomas dan beberapa temannya yang berhasil selamat keluar dari markas Wicked. Dan kemudian, kita harus menanti film keduanya.


...


Shit! lagi-lagi.


Memang sih, film ini berdasarkan dari buku trilogy, yang tentu saja jika film yang satu dibuat, masih akan ada lagi kelak (kalo yang ini sukses). Seperti Hunger Games yang sudah sampai ke film ketiga yang akan tayang tahun ini, Maze Runner juga pasti akan dilanjutkan dengan film berikutnya. Tapi seperti yang saya bilang di awal, kalau saya mungkin sudah mulai agak bosan dengan jenis film seperti ini. Tapi kadang mau nggak mau ya harus nonton juga karena udah "kebacut" nonton yang pertama.


Filmnya sih lumayan, nggak bagus-bagus banget. Cukup menghibur. Nggak terlalu bikin saya kecewa, tapi bisa bikin saya bilang




"meneh-meneh film koyo ngene..."


0 Comments