Ceritanya saya ini lagi pengen nonton film drama edisi lama. Nggak tahu, mungkin karena emang beberapa hari lalu rasanya "mellow" dan cuma pengen ngendon di kosan, nonton film sambil tiduran. Hidup lagi agak kacau, mungkin karena perubahan hormon dan "kesambet" jin pohon mangga deket kosan kali ya?


Ke EZ dan pinjem beberapa film lama. Nanti saya mau revew satu-satu. Dan saya mulai dengan sebuah film yang konon kabarnya kontroversial di jamannya. Termasuk film yang [konon lagi] terlarang dan masuk kategori film antik yang susah didapat. Bisa jadi karena ceritanya soal waria kali ya? Tapi beneran, film ini hilarious banget walaupun plotnya sederhana.


priscillaBersetting di Australia. Priscilla sendiri berkisah tentang 3 orang waria bernama Bernadette Bassinger (Terence Stamp), Mitzy Del Bra (Hugo Weaving) dan Felicia Jollygoodfellow (Guy Pearce).


Bernadette adalah seorang transeksual , mantan gadis panggung yang sudah lama pensiun dari dunia hiburan dan mengalami krisis paruh baya setelah ditinggal mati oleh pasangannya. Sementara Mitzy dan dan Felicia masih aktif tampil di beberapa klub kecil di Australia, walaupun seringkali tanggapan penonton tidak menyenangkan.


Suatu saat Mitzy menerima panggilan job di sebuah kota terpencil di Australia bernama Alice Spring dari seorang wanita bernama Marion. Marion adalah teman lama Mitzy. Dia mengajak Felicia dan Bernadette untuk tampil bersama di tempat itu. Bernadette yang semula tidak berminat untuk bergabung akhirnya menyetujui ajakan Mitzy. Bertiga mereka menuju Alice Spring dengan menggunakan sebuah bis tua yang dibeli oleh Felicia. Bis itupun dinamai Priscilla : Queen Of The Desert.


Sepanjang perjalanan, mereka bertiga bertemu dengan beberapa karakter, mulai dari hippies aborigin yang sedang berpesta di tengah gurun tandus Australia, sampai orang-orang di sebuah kota kecil yang kurang bisa menerima mereka dan menyebut mereka dengan "Para Penyebar AIDS".


Suatu ketika Priscilla mogok di tengah jalan, dan mereka bertemu dengan seorang mekanik bernama Bob yang berjanji akan membantu mereka mencari suku cadang di sebuah kota yang tak jauh dari tempat tinggal Bob. Dia sendiri adalah seorang mekanik yang terjebak dalam sebuah pernikahan bersama wanita asia yang dulu pernah bekerja sebagai wanita penghibur. Istri Bob pun mengalami hal serupa dan kemudian kabur dari pernikahan ini. Bob yang kesepian pun akhirnya memutuskan untuk ikut dalam perjalanan bersama dengan Bernadette, Mitzy dan Felicia. Setelah mengalami berbagai peristiwa, termasuk kekerasan yang dialami oleh felicia saat dia dipukuli oleh beberapa pria yang juga teman Bob di sebuah kota kecil, akhirnya mereka bertiga berhasil sampai juga di Alice Spring.


Ternyata Marion adalah wanita yang pernah dinikahi oleh Mitzy, dan yang lebih mengejutkan Bernadette dan Felicia adalah mereka berdua punya anak berusia 8 tahun bernama Benjamin. Marion sendiri sudah tahu sejak awal tentang keadaan Mitzy yang seorang waria, tapi Mitzy berkeras tidak ingin anaknya tahu pekerjaan yang dilakukannya. Saat Trio Priscilla tampil di klub malam tempat Marion bekerja, Benjamin pun menonton pertunjukkan itu. Mitzy sempat kecewa dan cemas saat melihat Benjamin akhirnya tahu apa pekerjaannya. Tapi kekhawatiran Mitzy tidak terbukti karena ternyata Benjamin menerima sepenuhnya kondisi Mitzy.


Saat pekerjaan di Alice Springs selesai, mereka pun kembali ke Sydney. Tapi Bernedette memutuskan untuk tidak ikut rombongan karena akan memulai hidup baru bersama dengan Bob. Akhirnya Mitzy dan Felicia berangkat ke Sydney bersama dengan Benjamin.


...


priscilla2The Adventures Of Priscilla : Queen Of The Desert adalah film rilisan tahun 1994 dari MGM. Menurut saya film ini hilarious - thank to Guy Pearce yang bisa menghidupkan tokoh Felica yang cerewet, kasar, dan ngondeknya total. Haha. Walaupun sebenarnya karakter yang diperankan oleh Hugo Weaving sendiri adalah tokoh sentral di film ini, tapi sebenarnya 2 tokoh lainnya terasa lebih mencuri "spotlight", terutama Felicia. Meskipun begitu, tokoh Bernadette sendiri mungkin adalah karakter yang "paling normal" diantara ketiganya, yang bisa mewakili perasaan seorang waria yang sudah masuk masa paruh baya. Bernadette digambarkan sebagai seorang transeksual yang memasuki masa tua dan pensiun, begitu kesepian dan lelah.


Bagi ketiganya, peran difilm ini adalah yang (mungkin) paling menantang. Saya tidak pernah tahu sebelumnya kalo Priscilla akan diperankan oleh Terence Tramp, Hugo Weaving dan Guy Pearce, secara dimasa kini film-film yang mereka perankan tak jauh dari tokoh yang "laki banget". Tapi ngelihat bagaimana akting mereka disini rasanya patutlah disebut sebagai aktor sejati. Akting ngondeknya tuh terlihat normal dan tidak dibuat-buat. Nggak heran juga kalo film ini dinominasikan di banyak ajang penghargaan.


Rasanya mereka memahami benar tentang apa itu akting dan tak khawatir dengan image yang muncul setelah memerankan diri sebagai waria. Dan nyatanya, peran itu sama sekali tidak mendatangkan masalah bagi ketiganya di kemudian hari. Karir Tramp, Weaving, maupun Pearce masih mulus-mulus saja sampai sekarang.


Film ini tidak punya plot yang rumit, meskipun ada satu karakter yang menurut saya cukup mengganggu, yaitu Istri Bob yang menurut saya sakit jiwa dan nyebelin banget. Tapi selebihnya Priscilla : Queen Of The Desert adalah film yang lucu dan seru. Cocok ditonton dihari minggu siang yang panas dengan angin semilir.


Tapi ingat, film ini tidak cocok ditonton oleh anak-anak, atau orang dewasa homophobic yang nggak suka dengan sosok Waria. Well, it's just a movie anyway.


Ciao!

0 Comments