Permisi, saya mau numpang cerita soal operasi tahi lalat di erha clinic Semarang ya.

Alkisah, setelah lama menahan diri dan bertanya-tanya, sembari menabung sedikit demi sedikit, akhirnya saya memberanikan diri untuk mengambil keputusan : Tahi Lalat ini harus dioperasi!

Cukup lama juga sih nyari infonya, nanya sana sini, googling sana dan sini. Jadi kalau dibilang hanya didasari pada keputusan emosional, tidak sepenuhnya benar.

Tahi lalat yang tampak pada gambar di bawah ini adalah tahi lalat yang sudah ada sejak kelas 6 SD. Masih ingat waktu itu hanya serupa titik kecil di garis senyum. Lalu lama-lama kok gede. Kata orang itu tahi lalat tumbuh. Makin lama makin item, numpuk dan melebar. Sering ditanya, gatel nggak? Nggak tuh, tapi berambut di sekitarnya iya. Makanya agak kawatir juga. Daaan..sedikit mengganggu penampilan sih? Hihihi.

operasi tahi lalat di erha


Dan tanggal 5 Mei siang saya memutuskan untuk menghubungi Erha Clinic yang ada di kampung kali Semarang. Setelah nyoba dari jam 9, telepon baru diangkat jam setengah 11-an. Diterima dengan baik sih sama Mbak Operatornya. Ramah banget. Pertama nanya, disana ada nggak prosedur laser untuk menghilangkan Melanoma? Dijawab iya. Dan jam 3 meluncurlah saya ke sana.

Di Erha saya harus daftar dulu untuk konsultasi. Ditawarin sama Mbak Resepsionisnya. Mau konsul sama siapa? Mau dokter X (lupa namanya) atau Dokter Winda? Saya balik nanya, siapa yang paling dikit antriannya? Dijawab dokter winda, ya udah saya jawab sama dia aja. Lagian, dokter Winda baru mulai jam jaganya, kalo si dokter X udah dari pagi. Duh! tentu saja saya milih dokter yang masih fresh dong ya dibanding yang udah tugas dari pagi. Salah-salah nanti konsul sambil ngantuk. Hehehe.

Ngantri 3 nomer antrian, saya pun ketemu sama dokter Winda. Dokternya asyik. Seru. Tampilannya rock n roll deh. Rambutnya dipotong jabrik gitu. Tapi ngomongnya lemah lembut. Ketawa-ketawa juga sama dia. Secara sini juga penyiar gitu ya, jadi berasa lagi toksow.

Saya ditanya, tahi lalatnya suka berdarah nggak kalo kesenggol? Tentu saja tidak. Terus diperiksa pake alat dengan kaca pembesar. Abis gitu ngobrol seputar prosedurnya. Dokter Winda bilang bisa dilakukan saat itu juga. Saya agak deg-degan, soalnya belum pernah sama sekali. Wajah tiba-tiba ngilu denger penjelasan dokter Winda apa yang nanti akan dilakukan. Apalagi membayangkan durasi tindakan yang katanya makan waktu sampai setengah jam. Buset! 30 menit pasti lama banget.

And then...


Setelah membulatkan tekad dan nanya-nanya soal biaya, akhirnya dilakukan tindakan laser pada 2 tahi lalat di wajah saya.

Setelah masuk ruang operasi, saya diminta berbaring. Abis gitu, dokter nyuntikin anestesi lokal di sekitar tahi lalat yang mau dilaser. Sakit sih..dikit..bentar doang. Cuma sekali injeksi. Tadinya mau 2 tapi kata dokter Winda sekali aja cukup.

Lalu dokter nyalain alat lasernya. Dan dimulailah tindakan yang mendebarkan hati itu. Itu mesin memang mengintimidasi dengan suaranya "NGGGGGGGEEEENGGGGG!!" tiap kali alatnya diarahkan ke si tahi lalat. Dan pelan-pelan terciumlah aroma barbeque tahi lalat. Agak gosong-gosong gimanaaa gitu. Dan ternyata, prosedurnya nggak lama kok! 2 tahi lalat cuma butuh kurang lebih 10 menit!

Dan prosedurpun selesai dengan sukses tanpa rasa sakit. Beneran nggak sakit pas dilaser. Cuma pas di tahi lalat yang lebih kecil, agak clekit-clekit gitu, kata dokternya mungkin dosis anestesinya terlalu sedikit makanya sakit, tapi untungnya masih tahan sih.

After procedure...

Sebelum diperban, saya sempet ditunjukin hasilnya. Di tahi lalat yang gede, eliatan agak jegong dalem gitu sih. Dijelasin ama dokter Winda, bentuknya emang agak gede dan dalem, makanya agak jegong gitu. Kan dilaser sampe akarnya. Dan setelah dilihat, lukanya pun diperban.

Kata dokter Winda, lukanya harus ditutup dan nggak boleh kena air selama 24 jam. Kalau mau mandi muka jangan diguyur, kalo mau wudhu bisa pake cara tayamum, kan darurat. Hehehe. Tapi tetep sih, wudhunya pake basuh pelan-pelan kalo pas di daerah muka.

Saya dikasih salep khusus untuk prosedur pasca laser. Terus dikasih antibiotik Meact produksi Meiji yang sebutir harganya 24 ribu! 10 biji pula...bayangin tuh berapa. Terus dikasih Skin Core 10 biji, dan setablet gedenya harganya 6 ribu. Disuruh minum sampai habis selama 5 hari. Dan nyatanya, walo dokter Winda bilang perban boleh dilepas selama sehari, tapi 5 hari lukanya masih saya plester dengan Nexcare waterproof. Takut aja sih kalo kena debu.

Dan setelah 5 hari akhirnya saya beranikan diri untuk melepas plester. Dan alhamdulillah lukanya juga udah agak kering. Salep masih saya olesin kadang-kadang. Luka juga udah kena air dan sabun muka. Alhamdulillah nggak ada masalah. Nggak gitu gatel juga sih. Katanya kan kalo luka udah mau sembuh bakalan gatel, tapi alhamdulilah nggak gatel-gatel banget. Pesen dokter Winda sih kalo ntar kering, korengnya jangan dikopek, biar lepas sendiri.

Rincian biaya

Terus berapa duit harus dihabiskan untuk operasi laser ini?

Sebenarnya sih tiap tempat berbeda ya? Tapi untuk tindakan di Erha clinic, jauh lebih murah dibandingkan tindakan di Rumah Sakit! Sebelumnya saya udah nanya di RS Elisabeth Semarang, masak iya biayanya sampe 6-8 juta!?! Dan musti nginep segala? Yasalaaaam. Udah gitu tindakannya pake sayat, nggak pake laser. Hiiiiy..takut ah.

Di Erha saya habis 1,3 jutaan. Dengan rincian :

1 juta 10 ribu untuk laser 2 tahi lalat.

120 ribu untuk 5 antibiotik (karena stok habis, saya cuma dapet 5 dan sisanya beli diluar)

10 kaplet Skin Core 60 ribu

Biaya konsultasi dokter 100 ribu

administrasi 15 ribu

Salep 15 ribu

(kalo nggak salah rincian nya begitu)

Dan rincian biaya tadi emang tergantung dari besar kecilnya tahi lalat dan jumlah titik yang mau dioperasi sih. Soalnya 1 juta itu juga karena saya ada 2 titik. Kalo 1 biayanya 750 ribu.

Dan cuma butuh 2 jam dari mulai ngantri konsultasi, sampai ngantri obat. Alhamdulillah, banyak yang bilang muka jadi tambah bersih.

Sebenarnya bukan cuma masalah estetika, atau nggak mensyukuri pemberian Tuhan ya, tapi kalo soal tahi lalat, kudu agak waspada juga. Dan saya ngambil tindakan juga bukan ujug-ujug, pake nanya dan konsultasi segala. Jadi selain buat estetika, prosedur ini juga demi antisipasi. Soalnya, tahi lalatnya tumbuh.

Jadi begitulah. Cerita soal operasi tahi lalat di Erha Clinic.

Kalo mau tanya-tanya soal prosedur yang sama, boleh telepon Erha Clinic Semarang di Kampung Kali 024-8447799.

239 Comments

  1. Alamat tempat praktek dokternya dimana ?

    ReplyDelete
  2. Silakan hub saja teleponnya, nanti akan dipandu oleh Mbak Resepsionisnya. Praktek dokternya ya di klinik tersebut, kurang tahu kalo diluar mereka praktek juga.

    Terima kasih sudah mampir.

    ReplyDelete
  3. Nice infonya mas, saya juga lagi cari-cari info soal operasi tahi lalat, hehehe, tadinya mau ke rumah sakit, tapi ternyata di Erha lebih murah ya,

    ReplyDelete
  4. Silakan kunjungi ErHa Clinic terdekat...semoga berhasil ya? Terima kasih sudah mampir.

    ReplyDelete
  5. anastasia larasatiJuly 31, 2014 at 5:53 AM

    abis pasca operasi perih ga ? rasanya apa?

    ReplyDelete
  6. Tidak ada rasa perih yang berlebihan, seperti yg sudah saya ceritakan, kalo ada sedikit 'clekit2' ketika dilaser, tapi tidak sakit kok.

    Terima kasih sudah mampir.

    ReplyDelete
  7. kak, ada bekasnya ga sih ? saya juga rencana mau laser tahi lalat nih kak di erha.

    ReplyDelete
  8. Hmm...hasil bisa bervariasi..asal nurut apa kata dokter insya Alloh ga ada sih..paling cuma bopeng dikit, tapi tenang aja, seiring pertumbuhan sel kulit bopeng bisa agak samar walau ga bs 100% pulih mulus..

    Terima kasih sudah mampir...

    ReplyDelete
  9. Kak mo tanya saya punya tahi lalat jg sebesar kacang tanah d bawah hidung, kalo dilaser ada bekasnya ga?bekasnya bisa hilang ga? Saya bingung mo di bedah ato laser czi takut bekasnya ga bs ilang tp jujur tahi lalat ini sangat mengganggu penampilan saya. Trims atas jawabannya.

    ReplyDelete
  10. Dear Amel,

    Terima kasih sudah mampir ke blog saya...

    menjawab pertanyaan kamu, sebaiknya perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, baik di klinik kecantikan yang sudah terpercaya, atau ke rumah sakit di bagian bedah. Mereka akan mendiagnosa apakah tahi lalatmu bisa dioperasi dengan sayat atau laser.

    Saya mempertimbangkan beberapa lama sampai kemudian memutuskan untuk melakukan prosedur laser di ErHa Clinic Semarang. Biasanya prosedur laser ini untuk tahi lalat yang bentuknya melebar dan tidak membesar ke depan,tapi ke samping. Itulah kenapa penting untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan medis.

    Soal bekas & biaya, silakan saja bertanya dengan tempat dimana kamu akan ditangani. Pastinya berbeda masing-masing tempat.

    Semoga membantu. Salam.

    ReplyDelete
  11. pengen laser juga :3 ini soalnya depan muka banget TT

    ReplyDelete
  12. Terimakasih mas.... dipromosiin ...hehehe

    ReplyDelete
  13. Mas itu bekas operasi tahi lalatnya berbekas ga?

    ReplyDelete
  14. Bopeng aja sih...kalo gosongnya enggak...asal nurut perintah dokter... :) terima kasih sudah mampir..

    ReplyDelete
  15. *berarti dapet voucher treatment gratis* #eh

    ReplyDelete
  16. Dokter winda perbedaannhasil antara disayat sm dilaser apa ya?thx.

    ReplyDelete
  17. Aku dah lama bgt pingin operasi tahi lalatku,karna menggangu bgt di sebelah hidungku persis trus lama lama tumbuh gede.Tapi aku takut ada yg bilang laser bisa jadi penyebab kanker benar ga sih informasi itu.

    ReplyDelete
  18. Saya punya 1 titik tahi lalat tapi kecil dan tidak begitu timbul. Kalo kondisi spt itu untuk menghilangkannya kena biaya brp ya?

    ReplyDelete
  19. kok jadi Dokter Winda yang ditanya? Hahaha. Untuk lebih jelasnya, silakan datang ke klinik erha terdekat ya? ^_^

    ReplyDelete
  20. Wah, gosip darimana tuh?

    Mungkin ada benarnya, tapi lihat jenis2 lasernya dong. Kalau untuk penggunaan medis dan estetika seperti ini ya jelas itu tak benar. Lagipula paparan lasernya kan tidak dalam jangka waktu lama dan berkelanjutan. Praktisi tentu saja sudah melakukan prosedur sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Jadi jangan kawatir soal penggunaan laser untuk menghilangkan tahi lalat.

    ReplyDelete
  21. soal biaya silakan konsultasikan dengan klinik yang bersangkutan. Besarnya biaya tergantung dari besar kecil dan banyaknya titik tahi lalat yang akan dilaser.

    ReplyDelete
  22. kak itu punya kakak bekas gag ? aku punya tahi lalat gede diatas bibir pengen sih di ilangin soalnya khawatir kalo berbahaya, tapi takut kalo ntar malah bekas soalnya ini diatas bibir. terus kalo gede di laser bisa? apa harus oprasi? soalnya aku juga takut jarum suntik -,-

    ReplyDelete
  23. halo,
    kalo yang di pipi kanan sama sekali nggak ada bekasnya. Nah kalo yang di pipi kiri sepertinya jadi keloid. Tapi sebenernya kamu nggak perlu khawatir, karena dokter pasti sudah memperhitungkan tindakan yang akan diambil. Itulah kenapa kamu perlu untuk berkonsultasi lebih dulu. Kalau masalah gede kecilnya tahi lalat bisa dengan beberapa tindakan. Sebenarnya dengan laser pun termasuk prosedur operasi, hanya saja nggak pake sayat dan jahit. Hehehe...

    Yang pasti sebelum dilaser, kamu juga akan disuntik. Jadi pakai sayat atau laser, bakal ketemu jarum juga. Santai aja, ga perlu takut. Sakitnya cuma bentar kok...

    Terima kasih sudah mampir.

    ReplyDelete
  24. Aq dah ke erha cab utama jogja.ngilangin 4 titik,950rb.obatnya cmn dikasih salep aja

    ReplyDelete
  25. Mbak frestiana itu yang cabang jogja dimana ya? Kalo mau konsul dulu aja bisa?

    ReplyDelete
  26. Info dong di Bogor ada ga ya kliniknya

    ReplyDelete
  27. Mas, mau nanya. Kalo ambil tindakan di erha aman kan yah? Masih bingung deh. Soalnya banyak yg bilang lbh baik di rumah sakit, krn dokter nya spkk, jd lbh ngerti. Cuman ya itu pasti jauuuuh lbih mahal.
    Dokter2 di erha dokter biasa atau kulit sih sbnrnya. Blom prnah transaksi apapun di erha soalnya

    ReplyDelete
  28. Dear CHS,

    Insya Alloh aman. Dokter di erha juga spesialis kulit kok, bahkan setahu saya juga beberapa dari mereka juga praktik di rumah sakit lho? Soal biaya memang jauh lebih murah di erha, di rumah sakit malah ada yg jawab paling ga 8 juta. Apa-apaan? *emosi* hahaha...saya tdk promosikan erha, tapi silakan bisa konsultasi dulu, gratis kayaknya...dan ada tawaran, mau dikerjakan saat itu atau mau pikir2 dulu...gitu..

    ReplyDelete
  29. Mau nanya lg dong mas :D
    Pas di bagian regris, ngomong nya apa ya? Scra kita kan enggak dftr pasien baru buat ngurusin muka, tp lebih ke konsul soal laser ini. Soalnya stau saya klo dftr baru di estetika gini pasti org2 difoto dulu mukanya. Lha kalo mas nya gimana kmren?
    O iya dokter nya ada nyinggung soal kmungkinan tumbuh lagi gak ya stelah di laser?
    Saya masih galau haduh :s

    Thx b4 :D

    ReplyDelete
  30. Kalo ke registrasi bilang aja mau konsul dokter soal laser tahi lalat..gitu, nanti kan dischedulin ke dokter siapa..paling juga ngantri bentar..konsul dokter kulit kan jg ga lama2 banget..kalo difotonya sih iya, tapi di ruangan dokternya kok, ga di depan umum. Soal numbuh lagi, dokter sih ga menyinggung, tapi saya yg nanya2. Jawabannya sih cukup diplomatis..katanya tergantung gaya hidup *alah* maksudnya, kalo kita sering terpapar sinar mentari *alah lagi* kemungkinan tahi lalat akan muncul lagi. Tapi itupun butuh waktu laaaaama. Tenang aja, ga perlu galau. Yg penting tahi lalat yg mau kamu ilangin bukan jenis yg bikin orang bilang "ih kamu manis banget deh gara2 ada tahi lalatnya disitu..." gitu...soalnya aku sempet sedih setelah tahi lalatku yg di pipi kiri ilang..karena konon kabarnya itu yg bikin mukaku terlihat lebih manis...*tsaaaah*

    ReplyDelete
  31. Oke deh mas saya semedi dulu aja deh.
    Btw mas, utk bekas nya sndiri, yg jdnya keloid itu yg disebelah kiri yah? Kalo dr foto yg diatas, itu pipi kanan kan yah.(Bkn pipi kiri yg kena apps editan foto mirror?) Nah yg kanan malah gk berbekas?
    Trus itu di komen sblumnya, mas nya kan bilang, kalo laser itu dipake buat tahi lalat yg enggak timbul. Nah kalo yg difoto itu beneran pipi kanan, ampuh juga ya mas brarti soalnya gk ninggalin bekas. Emg kondisi yg di pipi kiri sndiri timbul ato gimana mas kq bisa jd keloid.

    *bnyk nanya* Matur nuwun nggih mas XDD

    ReplyDelete
  32. Yups..yg di foto itu adalah pipi kanan..yg tampak tahi lalatnya dan yg sesudah...jadi keloid krn saya ga nurut kata dokter..hihi..tp keloidpun ga ketara kok..cuma kerasa ama kita aja kalo diraba..tapi kondisi ini berbeda2 tiap org..mungkin di kamu ga bakal jd keloid..kalau saya mah emang punya bakat luka apa aja bs jd keloid..tp itu juga bisa diilangin kok..ada salep penghilang keloid mah sekarang..

    Sebenernya timbul ga timbul bs dilaser..kalo punya saya itu semuanya timbul..malah laser itu bs sampe ke akar2nya..

    Semedinya jangan lama2...ntar laper..

    ReplyDelete
  33. Mau tanya setelah laser ,minggu selanjutnya harus kembali ke erha gak?

    ReplyDelete
  34. Harusnya sih diminta begitu...untuk cek up..tapi saya enggak..hehehehe

    ReplyDelete
  35. Oh begitu , trus besar tai lalat mempengaruhi harganya gak sih ?

    ReplyDelete
  36. Sepertinya enggak..cuma berapa titik yg mau digarap itu yg mengaruhin harga..tapi coba tanya saja ke erha terdekat supaya lebih puazzz..sekalian konsultasi.. :D

    ReplyDelete
  37. Gw mau leser cuma duitnya takut kurang, pas konsultasi boleh tanya harga dulu gak, trus kalo mahal nanti aja di lesernya ,hehe kan yg penting udah konsultasi, bisa gk yah

    ReplyDelete
  38. Bisa...itulah kenapa kamu perlu loose aja pas konsultasi ama dokternya...santai...banyakin ketawa...kalo bs pereuz ya pereuuzz...

    ReplyDelete
  39. Haha sip deh, oh iya selesai di lasernya di perban? Gw kan dekat mata ,waduuh

    ReplyDelete
  40. Ga diperban yg gimana2...ditempel hansaplast juga cukup..perbannya keciiiilll

    ReplyDelete
  41. wah akhirnya nemu juga post.an yg ngebahas soal laser mole removal di erha. scra jarang bgt yang ngreview gini
    mbantu sekali massss. super
    cepet juga yah kalo cuman 2 jam aja. mau nanya mas, kalo di erha cmn bisa laser mole di wajah atau bisa diluar wajah ya? pas di laser dokter nya dibantu asisten nya atau sendiri doang?
    maju mundur nih niatan nya -_-

    ReplyDelete
  42. Haaaai gyuull...terima kasih sudah mampir...yesss..proses removal mole nya sendiri cuma 20 menit...cepet kok...dan waktu dilaser ada 1 asisten yg membantu..dokter Winda sendiri yg ngerjain..kalau soal area yg mau dikerjakan, mungkin bisa di tempat lain ya? Cuma ya kebanyakan org ngilangin tahi lalat ya di area wajah, krn secara estetika mungkin mengganggu. Tapi bisa jadi erha juga melayani penghilangan tahi lalat di area selain wajah..jangan maju mundur, nanti capek...salam!

    ReplyDelete
  43. Alamatnya erha clinic dmn y

    ReplyDelete
  44. Yang dimana nih? Kalau di Semarang ada di Kampung kali, itu telpon sudah ada. Kalo yg di luar semarang dan itu di kota tempat kamu tinggal, coba tanya Mbah Google, kali aja tahu.

    ReplyDelete
  45. Mungkin bisa...coba ditanyakan pada dokter ybs, nanti akan dilihat jenisnya. Salam.

    ReplyDelete
  46. kaloo biaya konsul erha sekarang berapa ya mas? buat tahi lalat itu besar kecil tarifnya sama aja?

    ReplyDelete
  47. Kalo dari tanda terima yang saya dapet sih tertera biaya konsul dokternya 100rb..sepertinya ga tergantung besar kecilnya d3h, tapi jumlah berapa titik yg mau dikerjakan. Tapi mungkin bisa dibicarakan..a.k.a digoyang harganya kalo misal titiknya agak banyak..hehe..Salam.

    ReplyDelete
  48. Mas, tahi lalat yg sebelah kiri yang katanya ga berbekas sama sekali dulunya bentuk tahi lalatnya gmana mas? Kok bisa ga berbekas? Apa tahi lalatnya kecil ya jadinya ga berbekas?

    ReplyDelete
  49. Sesuai judulnya...besar tahi lalat yg sebelah kiri itu seukuran chocochips. Tau kan chocochips segeda apa? Nah..itu di foto before after keliatan kecil, padahal aslinya gede dan tipenya melebar agak dalem. Bukan jenis yang "nyempil" macam kutil. Jafi dilasernya pun sampai ke akar2nya. Nah, laser cocok buat jenis tahi lalat yg lebar dan dalem.

    ReplyDelete
  50. Mas mau tanya kl tahi lalat segede jagung bisa di laser jg gak ganggu soalnya di atas bibir.mksh

    ReplyDelete
  51. Mass saya jg pinginn tp masih maju mundur maju mundur cantikk ..tkut y after leser kenapa2 gt. Trs tkut mahong harga y..mas kalo nanya biaya y pas konsultasi tah ama dokter y ? Trs klo misal gak ngambil tindakan itu gapaapa gak yah ? Hehhe misal duit y kurang gt

    ReplyDelete
  52. mas, aku numpang review yaah. kalo2 ada yg butuh review.an gitu
    jadi setelah maju mundur ngliat post.an sana-sini, sore ini brangkat ke erha clinic cabang cipinang jaktim, ketemu dg dr.herliyani.
    setelah diliat2, bisa langsung di laser juga, trus pas nanya biaya...cuman 550 dooong *happy*
    saking udah happy nya jd gk konsen dah nanya2. yg penting laser aja skrng.
    setelah nunggu si mesin laser nya panas, disuntiklah saya (gk krasa sih nyuntiknya) trus mulai dilaser dan slesai dlm wktu 15 menit (udh sama pas nyuntik).
    nevus saya sama kyk mas, timbul tp gk gede, cuman sebiji dan letaknya dibadan. beda sama mas yg hasilnya ndlesep ke dalem, hasil laser ku rata.
    tp emg dibilangin klo nevus itu suka kemugkinan balik lg, ya hoki2an aja. cuman numbuh nya lama.
    nah pas bayar dikasir rincian saya:
    biaya konsul dokter 160rb, laser co2 550rb sama obat oles (bentuk jar) doang 52rebu dan adminis 10rebu.
    muraaaah. saking udah seneng murah saya lupa nanya baiknya boleh kena aer apa enggak. welah piye ki

    ReplyDelete
  53. Waduuh..pada kena sihir syahrini yaaa...pada suka maju mundur cantik..hehehe..gapapa kok kalo mau konsultasi dulu sebelum diambil tindakan. Biasanya dokter nawarin apa mau digarap sekarang atau nanti? keputusan ada pada kita, karena gimana pun juga ini bukan jenis operasi darurat yang harus dilakukan saat itu juga. Jadi boleh aja kalo abis konsultasi (baik soal segi medis maupun biaya) terus kamu masih pengin maju mundur cantik, bisa pulang buat minta petunjuk dulu.

    ReplyDelete
  54. Hmmm..pertanyaan yang agak sulit bagi saya untuk menjawab.

    (mungkin) sebenernya semua jenis tahi lalat dan seberapapun gedenya bisa dilaser, cuma ya balik lagi ke keputusan dokter dan pasien, kira2 bisa nggak dilaser..kalau menurut saya sih bisa2 aja...

    Coba silakan tanya ke dokter dulu buat dicek2 ya.

    ReplyDelete
  55. waaah...selamat yaaaa...akhirnya operasi juga...


    :D

    ReplyDelete
  56. Terimakasih atas postingannya. Setelah gogling sana sini, aku nemuin postingan ini yg bikin aku berani jg ngilangin tahi lalat di erha Hehehe. Baru kmrn sore sih, sm dokter winda jg. Semoga ga berbekas :D

    ReplyDelete
  57. Hai DTIK...waaaahh...terima kasih kembali karena sudah mampir baca blog saya....alhamdulillah kalo postingan saya berguna dan memberikan kekuatan..#halah #lebay


    Semoga nanti ga berbekas, asalkan ikut apa kata dokter yaaa...

    ReplyDelete
  58. Mas aku udah ngilangin , tp udah 2minggu kok bekas luka leser y gak ilng2 yah ? Apa mas waktu itu bekas y cepet ilng y ? Pdhal semnggu after leser aku konsul lg kata dokter y ok tp buat bekas y mngkin perlu wktu ..ntr juga rata kt y.trus kata dokter juga udah gak perlu dkasih antibiotik lg yg bkas leser y ,hemmmm Tp dokter y gak nyaranin make apa2 lg , gak ngasih crim ato apa2 lg. apa mas stelah after leser make crim apa gtu sihingga bekas y udah ilang?kok aku msih agak jekong yh blm rata

    ReplyDelete
  59. Hai imeh, kondisi kulit masing2 org berbeda...jadi memang tak bisa dipukul rata hasilnya bakalan sama. Sebenernya kalau mau teliti dilihat, bekas tahi lalat yg dilaser di pipi saya juga ga ilang2 banget kok..maksudnya gosongnya ilang dan ga item, tapi jegongnya masih, cuma agak samar. Nah, beberapa faktor memengaruhi..misalnya pas perawatan pasca laser, apakah setelah laser luka kena air? Apakah pengolesan salepnya sudah benar? Apakah koreng bekas lasernya dikopek? Dan beberapa kondisi lain macam kadar kolagen dalam kulit kita, kelembaban, kekenyalan kulit, juga mungkin aja berpengaruh, karena jegong terjadi akibat jaringan kulit yg tdk bertumbuh sempurna. Tapi sebenarnya tak perlu kawatir..coba aja perawatan dengan scrub halus, dan pastikan kelembaban kulit terjaga. Banyak minum air putih...kalau perlu minum vitamin E..hehehe...asal ga item aja sih menurutku udah lumayan ya?

    ReplyDelete
  60. 8hari after leser aku gak kena air, padhal kata dokter yg ngeleser aku 2hari aja udah boleh tp karna aku baca2 pngalaman yg lain smnggu gak kena air aku ngikut aja lah 8hari gk kena air malah ,hiihhii .. Kyak y aku gk ngoreng malah mas , ih gmn si yah ngmng y keder.hahaaahaa .
    Mas emng kamu butuh wktu brapa lama pas after leser ampe bekas luka y bisa samar??iy dari awal after leser juga aku lg blajar rajin minum vit E , hihhii

    ReplyDelete
  61. Hai Imeh,

    Jangan khawatir soal bekas luka... karena kadang bekas luka mengajarkan kita sesuatu *halah

    Kalau diinget2 dari mulai buka perban sampai agak samar sekitar 2 mingguan...santai saja, yang penting tetap jaga kebersihan wajah dengan cuci muka (pake air dingin aja)..jangan terlalu sering pake sabun muka ntar kering, olesin pelembabnya...nanti bersih sendiri kok noda bekas lasernya...

    Tetap cantik dan terus selalu merasa cantik ya?

    Salam

    ReplyDelete
  62. Hihiiihii makasi yoooohhh

    ReplyDelete
  63. Wah mas infonya berguna sekali. Saya juga punya tahi lalat sebesar chocochip di pipi sebelah kanan, dulu ya ngerasa unik aja tp lama2 jd tambah besar dan takut aja membahayakan makanya saya ada niat untuk operasi. Saya mau tny nih mas, setelah masa 2 minggu pemulihan lukanya itu jadinya bekas tahilalatnya ke dalem gt ga? Apa rata sama kulit mukanya. Terus selama ini apa pendapat tmn2 mas tentang penampilan mas setelah mas operasi tahilalat.

    ReplyDelete
  64. Hai Rachel...

    Seperti yang sudah saya ceritakan di postingan maupun komen, bekas operasinya tak bisa 100% pulih mulus rata karena memang tahi lalatnya bertipe lebar dan dalam. Jadi bekasnya ya agak jegong gitu, tapi samar kok, nggak terlalu kelihatan. Saya juga merasa fine2 aja dengan bekas operasinya karena emang nggak keliatan :)

    Kalo pendapat sih relatif ya...awal2nya aja bilang kalo saya berbeda..ya tentu saja, ada yang hilang dari pandangan soalnya. Tapi lama2 mereka biasa aja...komentar2 semacam itu tak akan bertahan lama kok...Dan yang penting sih saya selalu merasa ganteng...hihihi

    ReplyDelete
  65. Wuiiih mas itu beneran 2 minggu udh gk bekas2 coklat? Bener2 bersih gt mas, cmn gk rata aja? Aku udh brapa minggu ini ya, masih coklat gt, tp mulus, gak ndlesep ngebentuk kawah XD
    aku tipe manusia emg yg klo pnya luka dikit lama bersih nya siiih.
    D*rmatix bisa ngilangin bekas nya gak sih mas?

    ReplyDelete
  66. Mass q dah laser 3hr ini di natasha cab.sby....laser 2thlalat. Hrg 700rb + salep antibiotik 50rb. Yg q tnyakan mass...cr pakke salepY tuh gmn sih n boleh kena air gk....

    ReplyDelete
  67. Hai muthia...selamat ya...soal cara pale salepnya sih standar ya..paling oles2 di area abis operasi aja..dikit2..jangan dioles terlalu lebar...sementara kalo abis pake salep jangan kenain air dulu..tutup pake plester aja lebih aman...kalo kamu muslim dan berwudhu bisa lah diatur...kan darurat..hehehe...

    Salam

    ReplyDelete
  68. Mass mo nanya boleh gk....hehehe

    ReplyDelete
  69. Silakan...pertanyaannya sudah saya jawab yg soal aplikasi salep.. :)

    ReplyDelete
  70. Mass sy kn g dpt obat minum, hya dpt salep doang....itu memengaruhi lm penyembahan gk..cz dihri 3 bks laserY kok msh basah2 agak putih gtu...bs direply ulg yg mslh salep itu mas cz tk cri postinganY g ada

    ReplyDelete
  71. Hai Mutiya,

    obat minum itu lebih ke vitamin sih. Jadi kalau ditanya apakah memengaruhi proses penyembuhan atau tidak, tentu saja cukup berpengaruh. Tapi mungkin kalo ga dapet juga ga apa-apa.

    Soal luka, memang begitu bentuknya. Agak putih dan "nyenyeh" begitu istilah saya nyebutnya. Tapi gapapa, itu karena efek salepnya. Nanti kalo perbannya sudah dibuka dan kena udara, nggak akan sebasah itu kok.

    Kalau saya sih sampe semingguan pasang plester biar lukanya sembuh bener, dan saya mantep. Padahal dokter bilang 1 hari udah boleh lepas. Tapi selama saya pake salep, plester masih saya pasang. Baru deh setelah seminggu saya lepas dan udah nggak nyalepin lagi.

    Aplikasi salep dikit2 aja, coba pake cottonbud biar lebih steril..di lukanya saja, ga perlu lebar..

    Semoga cepet sembuh ya?

    ReplyDelete
  72. Jdi mass klo pke salep 3x shri pke plester ny jg 3x ya....tp q msh bingung ngasi salepny mass...cz stlh q ksh salep. LukaY agk mngering. Bukan luka sih, tp salepY Yg mengring wong dalemY lho msh "nyenyeh"...trus klo mo pake salep lg (kt doktr sehri3x), yg sisa salep mengering tdi dibrsihkn dlu gk mass...cz q bingung, Klo dibrsihkn takut brpengaruh, tp klo gk dbrshkn salep baru yg mw sy oles g kena lukaY malah kena sisa salepY yg agk mngering td...kan kataY gk blh dikopek2...tp yg kering itu sih salepY ms...mohon masukannya ya mass...q tkt bgt...finally nya hslny gmn

    ReplyDelete
  73. Mass putra sibuk ya....lom djwb ????

    ReplyDelete
  74. Apanya yg belum dijawab? :) coba donk cek reply commentnya..jangan nyari dipostingan..ya saya nggak akan nulis tiap jawaban pertanyaan di postingan ..hehe

    ReplyDelete
  75. Broo/Sist Ane Punya Tahi Lalat Nih Tapi Ga Besar gitu Cuma Kyk Rata Itu Bisa Ga Ya Di Erha Clinic and Apakah Ada Bekas Nya Thanks :) And Lagi Nyari Daerah Tangerang Jakarta Nih

    ReplyDelete
  76. Bisa...dikonsultasikan dulu ya ke erha nya...coba googling aja kira2 ada ga tuh erha di wilayah tangerang...makasih...

    ReplyDelete
  77. Mas putra...kalo bekas tahilalat / lukaY uda kering n ngelupas....boleh gk pake pelembab muka n ada gk hal2 yg dilarang ....spy hasilY lbh max...thx mas putra

    ReplyDelete
  78. Boleh..kalo udah mengelupas, silakan lanjutkan perawatan wajah yg selama ini dijalankan..

    ReplyDelete
  79. Bang putra
    saya mau ngilangin tahi lalat saya yang udah ada mulai lahir agak bertambah besar perlahan dan sedikit menonjol
    yang saya ingin tanya apa nanti tahi lalat nya bakal muncul lagi? Saoal nya saya dngar2 itu bisa saja tahi lalat nya muncul lagi.. Apa Kira2 dalam waktu dekat?
    Dan apa saja yang tidak dapat kita lakukan setelah di laser? Kalau lukanya kena keringat nggak papa tuh gan?
    Sori nanya kebanyakan heheh
    trims
    mohon pencerahan nya :)

    ReplyDelete
  80. Hehehe
    terima kasih atas pencerahan nya bangg...
    Jadi bekas laser di pipi abang berbekas tidak?
    Tahi lalat nya tahi lalat hidup kan?
    Kbetulan saya tidak beraktivitas terlalu sering di bawah sinar matahari.. Kemungkinan tahi lalat nya tumbuh kembali berarti sudah sedikit yah bang?
    Heheh
    :D
    sori nanya lagi

    ReplyDelete
  81. Tahi lalat saya nggak hidup kook..soalnya belum pernah liat dia lari2..hehehe

    Soal bekas, punya saya ga terlalu berbekas..tdk keliatan bekasnya. Semoga punya kamu juga kelak nggak berbekas ya. ☺

    Dan semoga tahi lalatnya nggak muncul lagi di lain tempat. Sebisa mungkin tetap pakai tabir surya kalau beraktifitas di luar ruangan ya...

    ReplyDelete
  82. Tapi tadi abang bilang diatas tahi lalat nya semakin besar berarti hidup dong :p :v
    tapi tulisan nya sangat bermanfaat, saya jadi berani ngambil keputusan ke erha clinic
    terima kasih bnyak bang putra

    ReplyDelete
  83. Sama2 Aguss...salam buat teman2 di erha..

    ReplyDelete
  84. Nanya lagi bang :D
    cara pendaftaran di erha clinic itu ribet gak?
    Apa kita asal datang aja terus daftar
    atau nelpon dulu?
    Minta pencerahan nya lagi bang

    ReplyDelete
  85. Kamu telepon erha aja..bilang mau operasi laser tahi lalat..bikin janji temu dulu. Kalo bisa pilih dokter yg baru jaga, jangan yg udah dr pagi bertugas..bukan apa2 sih..biar fresh aja...kalo dokternya ngantuk..hehehe..ga ribet kok..ga pake kudu bawa ijasah segala buat daftar :D

    ReplyDelete
  86. Kalo gak pake via telepon dulu juga ga apapa kan bang?
    Langsung datangi erha nya gitu tanpa via telepon..
    Gak masalah kan bg

    ReplyDelete
  87. Punya agan pas di plester berdarah tidak?
    Dan pas ditunjukin hasil laser nya tai lalat agan udah berwarna sama dgn kulit gak
    n berarti dulu pas mengoles salep nya plester dibuka kmudian dipasang dan berulang2 ya gan

    ReplyDelete
  88. Dulu saya nggak berdarah sih...warna bekas tahi lalatnya agak merah tapi bukan berdarah..hanya kemerahan..

    Kalo oles salep pasti ganti plester...jangan cuma pake satu buka tutup..ga steril...rajin ganti plester demi menjaga higienitas...

    ReplyDelete
  89. Permisi ngikut komen berbagi cerita. 5Hari yg lalu saya abis operasi kecil gtu mas..tp awalny diliat dlu bntukny trs disuntik agak skt sh dikit tp pas dioperasi'a gk skt.. ada 3 tai lalat yg di ambil.yg 2timbul yg 1 gak..aku cmn bayar 600rb.. trs kmrn dtng lg byar 50rb tp blm dibuka jaitanny..kra"klo buka jaitan sakit gk ya..trs klo boleh tau biar bsa ngilangin bekasny butuh wktu brapa mnggu y..

    ReplyDelete
  90. Hai Dede,

    Kalo saya sih nggak pake jahitan karena laser. Mungkin kalo punyamu itu operasi sayat ya? jadi pake jahitan. Soal bekas luka tergantung kamu merawat wajahmu dan tentu saja kondisi masing2 orang berbeda. Ada yang cepet pulih, ada juga yang butuh waktu lama. Yang penting sabar aja ngerawat bekas lukanya sampe agak samar.

    Salam

    ReplyDelete
  91. Dulu tai lalat agan berbulu tidak?
    Apa setelah koreng nya terkelupas berwarna gelap dan masih tumbuh bulu?

    ReplyDelete
  92. Stephani SusiloMay 3, 2015 at 8:22 PM

    Hi boleh tanya ga nama salepnya apa ? Saya sendiri baru dilaser cuman ga dikasih salep ...

    ReplyDelete
  93. Dulu berbulu...dan setelah dioperasi ga hitam tuh..tapi masih tumbuh bulu di area itu.

    ReplyDelete
  94. Wah...saya lupa...sepertinya tak ada merk tuh...itu salep untuk luka dan iritasi..harusnya minta tuh...

    ReplyDelete
  95. Wah
    berarti sama dong mas
    tapi saya kwatir nih
    siapa tau karena masih tumbuh bulu di tempat tahi lalat nya dulu itu berarti tahi lalat nya sewaktu2 akan muncul
    bagai mana pendapat agan

    ReplyDelete
  96. Soal nya sama saya ada sedikit bagian yang gelap
    tapi yang lain nya kemerahan dan tumbuh bulu
    menurut mas apa itu arti nya tahi lalat nya akan tumbuh dalam waktu dekat?

    ReplyDelete
  97. Mungkin kamu perlu konsultasi ke dokter soal ini. Daripada bertanya2 dan bingung sendiri. Soal kesehatan, sebaiknya tidak pake jurus kira2. :)

    ReplyDelete
  98. Mas, bekas laser nya di aku jd ngebekas nih. Bekasnya gk rata alias malah nimbul. Trus warna jd pink2 agak gelap. Ini yg namanya keloid yah? Ukurannya juga sebesar mole awal nya malah.
    Hadeeh. Enaknya balik ke erha apa gimana ya mas. Udah hampir 2 bulan pk dermatix jg gk ngaruh nih.
    Takutnya kalo beneran dilaser sama erha malah makin besar dan melebar *baca dr review2 org sih*

    ReplyDelete
  99. Coba kamu cari obat namanya Lanakeloid. Dulu aku beli harganya 24ribuan..ga tahu kalau sekarang. Coba dulu pake itu.

    ReplyDelete
  100. mas, saya juga ada tahi lalat pas di hidung. Kira2 bisa di laser gak ya..., dan bekasnya itu kelihatan banget gak mas. Masa pemulihan kulit sampai bekas lasernya kelihatan samar itu sampai berapa hari kira2 ya mas. Maaf nih banyak nanyanya :)

    ReplyDelete
  101. Coba kau tanyakan pada dokter ybs di klinik tempatmu datang. Soal bisa atau tdknya bukan kapasitas saya untuk memutuskan. Mengenai masa pemulihan, kembali ke kondisi kulit masing2 orang. Ketelatenan dalam merawat bekas luka juga berpengaruh pada pemulihan kulit sehabis operasi laser. Semoga jawaban saya cukup membantu dan terima kasih sudah mampir. :)

    ReplyDelete
  102. Kak, jelasin dong daftar di Erha Clinic nya gimana...

    ReplyDelete
  103. Dear Ali, cara daftarnya mudah kok. Mungkin kamu perlu bikin temu janji dulu via telepon dgn resepsionis erha yg bersangkutan. Bilang aja mau periksa tahi lalat. Atau kamu datang langsung aja kesana tanpa reservasi. Bilang mau periksa sama dokter. Nanti kamu ketemu dokter dan konsultasi soal tahi lalatmu. Kamu juga boleh banyak tanya, jangan malu. Jangan khawatir, dokter kulit akan dengan senang hati menjawab semua pertanyaanmu termasuk biaya yg diperlukan untuk tindakan operasi. Prosedur operasi bs dilakukan saat itu juga atau menunggu sampai kamu siap secara mental dan finansial. Tdk ada kewajiban kalo sudah konsul hari itu terus musti dikerjakan hari itu juga. Nah, kalau memilih dokter utk melaksanakan prosedur laser, pilih dokter yg baru saja bertugas hari itu, maksudnya baru datang, karena masih fresh dibandingkan dokter yg udah dr pagi bertugas. Begitu ya? Boleh tanya saya lagi kalau ada yg kurang jelas. Salam.

    ReplyDelete
  104. tempatnya dimana kak ? saya jg di semarang pengen jg oprasi .makasih

    ReplyDelete
  105. Hai adek Angga ^_^ apakah sudah membaca postingan saya sampai selesai...itu..disitu ada alamat plus nomer teleponnya..silakan hubungi yaaa...hehehe

    ReplyDelete
  106. yoantika exellenJuly 28, 2015 at 7:22 PM

    Kak, erha clinic ada di semarang aja ya ? Dijakarta/bekasi ga ada?

    ReplyDelete
  107. Erha klinik ada di beberapa kota. Tapi ga tahu kalau di bekasi. Jakarta pastinya ada, coba deh tanya mbah google ya. Terima kasih sudah mampir.

    ReplyDelete
  108. kak . mau nanya , lw d'clinick erha semarang buka'y dr jam brp sampai jam brp yah & lw tahi lalat'y 1 kira" biaya'y brp yah .
    Makasih .

    ReplyDelete
  109. Hi hidayah...bisa dibaca sampai selesai ya tulisan saya....makasih.. :D

    ReplyDelete
  110. deket sama simpang lima gak kak

    ReplyDelete
  111. Deket kok Zahra...tepatnya di Kampung Kali

    ReplyDelete
  112. Mas ak baca. Bulu di bekas laser masih ada y? Terus ilanginnya gmn y? Ini pnyaku ternyata jg masih numbuh bulunya. :(

    ReplyDelete
  113. Kalau bulu memang agak susah hilang kecuali akarnya "dibasmi". Prosedur penghilangan tahi lalat ini tidak serta merta menghilangkan bulu karena butuh prosedur hair removal lebih lanjut. Coba tanyakan pada dokter kulit ybs apakah prosedur hair removal bisa dilakukan disana atau tidak. demikian dan terima kasih sudah mampir ya?

    ReplyDelete
  114. Bulunya masih tumbuh kok. Selama tidak mengganggu tidak masalah.

    ReplyDelete
  115. Kalo punya saya juga masih tumbuh bulunya...saya biarkan tuh. Paling kadang saya cukur pake pisau cukur. Ya tumbuh lagi tumbuh lagi...tapi gapapa..ga masalah kok.

    ReplyDelete
  116. halo

    wah jadi tambah siep nie stlh tahi lalatnya diangkat .
    aku punya beberapa tahi lalat di muka , turunan dr kakek yg banyakkkk bgt tahi lalatnya .
    tapi kan kalu di muka rasanya enggak bgt ya kalu banyak tahi lalat. 1 oke lah ini aku hitung lebih dr 4 yg sebesar kacang ijo sisanya anak2 tahi lalat yg akan tumbuh --.--
    aku konsult k Erha clinic di surabaya ... ( aku lupa nama dokternya) katanya tahi lalat ku ga bisa dilaser
    aku tanya kenapa , dan dokter itu bilang kalu tahi lalatku termasuk yg aktif . yaitu setelah di laser.. akan muncul lagi karena akarnya dalem...

    haruskah operasi ><
    operasi kayanya lebih murah sih 1 tahilalat kena 200-400rb
    tapi yg aku takutin secara ini muka takut berbekas habis operasinya...

    gemana ya bingung jadinya

    ReplyDelete
  117. 3 hari yg lalu sayĆ  melakukan laser tahi lalat di natasha . hanya d.beri salep . pagi dan malam rutin saya pakai . Tapi koq suka keluar cairan gitu . Emng seperti itu/saya aja yg seperti itu ka?

    ReplyDelete
  118. Keluar cairan? Waduh...saya tidak mengalaminya tuh. Mungkin kamu perlu konsul kembali dengan dokter di t4 kamu melakukan operasi. Kemungkinan dokter akan bilang bahwa ini reaksi normal. Atau bisa jadi cairan ini sebenarnya adalah salep yg berubah konsentrasinya karena terkena udara. Dr yg tadinya agak kental jadi lebih encer. Tapi jangan menduga2. Sebaiknya tanyakan pada dokter ybs ya? Semoga cepat sembuh dan terima kasih sudah mampir baca.

    ReplyDelete
  119. Udh ga kluar cairan ka . Kaya.a efek dr salep.a deh . Skrg sie udh kering luarnya . Oiya untuk proses pengelupasan.a kiraa" brpa lama ka ?

    ReplyDelete
  120. tergantung dari perawatan sih. kalau saya sekitar 5 harian sudah mengelupas. jangan dikopek ya? biar ga jadi bopeng atau bernoda :)

    ReplyDelete
  121. Eh mas.. Kan kemaren ak ikut saran mas, bulunya ak cukur, tapi tumbuhan cepet bgt jadi ak cabut deh pk pinset. 2x cabut abis itu smpe skg g numbuh2 bulunya. Hehehe. Semoga ga numbuh lg bulu nya. Wktu ke Natasha dl ak jg sering keluar cairan gt. Susah keringnya, trus ak ke dokter kulit aja. Ternyata infeksi. Diobatin trus kering..

    ReplyDelete
  122. Mas saya pengen nanya ini mau operasi juga ..kira kira jadi keloid apa enggak ya mas :(

    ReplyDelete
  123. Boleh minta foto mas gak yang habis dioperasi? Saya bener bener pengen nhilangin ini tpi bingunh takut keloid :(

    ReplyDelete
  124. Mas itu tahi lalat atau tompel yg dioperasi?? Apakah biaya masih sama??

    ReplyDelete
  125. Tahi lalat mas...coba dikonfirm saja..sudah lewat setahun pasti ada perubahan harga.

    ReplyDelete
  126. Meme di natasha ilangin tahi lalat 800rb dah trmasuk obat? 800 rb 1 titik tahi lalat aja apa bisa hilangin tahi lalat semuanya.bls ya

    ReplyDelete
  127. Sore ini, Saya abis laser 5 tahi lalat di erha, satu besar yg satu sedeng, yg satu kecil yg 2 lg kecil bgt dan habis 2juta, blm biaya sama konsul dan obat salep ya. Ini yg besar lukanya nanti mengelupas sendiri ya? Lupa nanya dokternya. Kl yg kecil banget malah udah ga ada sama sekali bekasnya. Makasi ya krn saya baca blog ini sy lgs ke erha. Thanks for sharing...

    ReplyDelete
  128. Coba tanya saja ke dokternya apakah biaya segitu hanya untuk 1 tahi lalat atau lebih. Kalau menurutku sih itu untuk 1 tahi lalat ya. Mengenai apakah bs utk ngilangin semua? Bisa2 aja. Tapi coba agak bijak memilih mana yg dirasa agak "mengganggu" kamu, ga perlu diilangin semua kok. Karena kadang2 dgn tahi lalat pun kita jadi lebih manis. Hehe. Salam.

    ReplyDelete
  129. Sama2 ya Bluma sudah mampir blog saya. Senang kalo pengalaman saya bisa membanyu. Iya, tenang aja nanti mengelupas sendiri kok. Jangan dikopek ya biar ga jadi bopeng.

    ReplyDelete
  130. Tompel bisa ga sih kak? Di solo ada gag kliniknya

    ReplyDelete
  131. Coba dikonsultasikan dulu ya Fajar...karena jenis2 dan bentuk tompel pun macam2...apakah bs dilaser atau butuh dioperasi dengan cara lain silakan ditanyakan. Setahu saya erha clinic ada di Solo Paragon. Coba dicari. Terima kasih sudah mampir ke blog saya ya.

    ReplyDelete
  132. Setelah laser dokter kasih saran muka enggak boleh kena matahari ga kak? Soalnya aku baca diinternet ada yg ga boleh kena matahari.terimakasih :)

    ReplyDelete
  133. Ah,gapapa. Aku tetep kerja, tetep naik sepeda, tetep mandi, tetep cuci muka. Wong operasi ringan dan lukanya tidak terlalu besar kok. Apa yg kamu baca di internet tidak semuanya benar, penting untuk mencari opini kedua, ketiga, dst. Yg paling bener ya tanya dokter. Demikian. :D

    ReplyDelete
  134. 1,3 ya mas, akahir tahun nggk ada diskon 50 % gitu , kalo ada saya mau banget deh. Anyway terimakasih infonya jadi ada bayangan terutama soal harga

    ReplyDelete
  135. Loh, mau operasi laser juga? Dokternya yg di Semarang bisa dirayu buat diskon lhoo...soalnya udah kenal juga ternyata sama Gajahmada..jd ngomongnya enak...langsung todong diskon! Haha

    ReplyDelete
  136. Hai mas Putra, Bluma lagi nie.
    Bekas lasernya masih ada kalau aku, untuk tahi lalat besar masih ada hitamnya, mungkin harus di laser lagi kl yg besar dan untuk yg kecil ada yg bekasnya keliatan tapi ga sakit sie. mungkin memang harus ke erha lagi. tp mas putra pernah begitu kah? ada kah yg bisa menghilangkan bekasnya? mulai panik ini sama bekas2nya.

    ReplyDelete
  137. Halo Bluma, tidak perlu panik. Waktu dilaser apakah sampai bersih hingga ke akarnya? Soalnya kalau punyaku sampai bersih. Sebenernya bekas hitam bisa dihilangkan kok..tapi pelan2. Pakai krim pencerah saja cukup kok. Memang ga bisa cepet. Yg penting rutin pake sunblock aja. Karena bekas hitam itu bs jadi karena pengaruh sinar matahari yg menyebabkan kulit menghitam. Sabar ya.

    ReplyDelete
  138. Hai mau sharing,kmrn aku tanggal 30/01/16 ke erha jogja sm dr esta.laser tai lalat segede cocochips jg,diatas bibir.biaya laser 500,konsul 100,obat minum metcor sm salep,admin.total 666.500.klo di Natasha Jogja jl kaliurang pernah nanya 750.

    ReplyDelete
  139. Hai, terima kasih sharingnya. Wah, lebih murah donk ya? Gimana hasilnya? Oke kan? Hehe..

    ReplyDelete
  140. Hasilnya si moga2 memuaskan :) ini hari ke 3 jd blm kering.tp kmrn laser lumayan sakit.aku baca mas putra kan dibius suntik yah.kmrn cm dioles jd pas yg aga dalem mewek masi kerasa clekit2.

    ReplyDelete
  141. Mau share pengalaman teranyar ni, awal bulan mei 2016 setelah baca blog ini jd yakin buat laser tahi lalat dipipi yg cukup menonjol (walaupun masih maju mundur karna ragu harga dan takut berbekas hehe). Dan akhirnya pagi hari sampelah saya di erha clinic semarang, pagi itu setengah10 dokternya baru ada dokter Le___. Akhirnya saya konsul dengan beliau, trus dibilang ga terlalu dalam dan bisa dilakuin penanganan hari itu juga. Tp setelah tanya harga WoW 800ribu padahal lebih kecil dr tahi lalat yg ada difoto mas itu. Saya berusaha nawar trus dokter bilang emang minimal segitu. Yasudahlah, awalnya sempet bilang ga jadi, bwberapa detik kemudian berubah pikiran dari pada balik lagi ke dokter lain trus hasilnya sama, dan bayar konsultasi lagi jadi okelah saya ambil. Dikasih anestesi oles (cream), sebelum penanganan juga disuntik anestesi sedikit, dan langsung deh dilaser sekitar 10menitan. Ternyata jauh lebih sakit difacial ya haha. Setelah itu diplester dan pbatnya cuma dikasih salep oles. Rincian pembayarannya: -biaya adminitrasi 15000, konsultasi 120000, salep 10gram 58500, dan laser 800ribu. Total 193500,- cukup menguras kantong saya yang hanya mahasiswa perantauan . Saran saya, pintar pintar merayu dokternya aja yaa dan mungkin jangan terlalu buru buru dan cari info harga harga setiap dokter lebih detail lagi. Semoga ini ga berbekas hasilnya, jd ga nyesel walaupun udah ngeluarin yg lumayan banyak buat saya.

    ReplyDelete
  142. Mas mau tanya,saya tadi pagi laser tahi lalat di erha. Dokter bilang sore diganti plesternya. Saat proses ganti plester dan ngaca, saya kaget kok bekas laser tahi lalat saya ga bopeng ya,malah seperti tahi lalatnya ga hilang (masih menonjol) dan ada darahnya. Apa mas seperti itu juga? Masalahnya tepat setelah laser saya ga dikasih lihat hasil pembuangan tahi lalatnya jd saya ga tau awalnya itu bopeng atau ga, jd saya ga bisa nanya nanya dokter kenapa begini begitu.

    ReplyDelete
  143. Hai Ica, wah, terima kasih sudah mampir baca dan jadi dapat referensi operasi tahi lalat dari blog ini ya? Untuk biaya segitu memang masih relatif lebih murah dibanding ke rumah sakit. Yang saya tanya dulu malah hampir 6 jutaan dan harus nginep segala. Nggak tahu bagian informasinya salah ngasih harga atau bagaimana, tapi harga segitu sama sekali enggak masuk akal. Jadi biaya yang dikeluarkan untuk laser ini masih relatif lebih terjangkau lah ya? Hehehe. Jadi ke depannya kamu musti ngirit dulu, jangan banyak jajan. Kan mahasiswa perantauan? :D Soal bekas, asal ngikut saran dokter, semoga ga berbekas karena punya saya juga enggak tuh? :D

    ReplyDelete
  144. Halo, terima kash udah mampir ke blog saya ya.

    Soal bekas itu, kemungkinan itu adalah tahi lalat yang sudah "jegong" terisi salep dan sedikit bercak darah. Jadi kesannya enggak bopeng dan menonjol. Seingat saya punya saya dulu juga begitu kok. Tapi emang sih, seharusnya dokter ngasih liat hasil before dan afternya. Saya dulu dikasih lihat sih. Tapi gapapa, diganti dulu aja plesternya, yang penting jangan dikopek ya kalo udah kering, nanti bopeng. Coba setelah 2 hari kalo masih belum kering juga, bisa datang lagi untuk konsul ke dokter yang sama, di klinik yang sama.

    ReplyDelete
  145. Kalo boleh tau setelah oprasi laser itu brpa hari/minggu tahi lalat nya ngopek sendiri yach kak ?

    ReplyDelete
  146. Hai Cerry,

    Nggak ada seminggu luka udah kering. Tapi ngopek sendiri setelah kurang lebih 10 harian. Tapi ga bisa dijadikan patokan semuanya segitu ya? Karena kondisi kulit masing2 orang tentu berbeda. Tergantung apakah kamu menuruti saran dokter atau tidak. Bisa lebih cepat dari itu, atau malah lebih lama.

    ReplyDelete
  147. Halo

    Saya ingin membagi pengalaman saya. Karena membaca postingan mas saya jadi mantap menghilangkan dua tahi lalat saya yg ada di atas bibir saya yg letaknya berdekatan dan hidup. Awalnya sempat ragu karena takut dikatakan tidak bersyukur atas ciptaan Tuhan. Tapi setelah dipikirkan baik2 dan oranh tua mendukung saya jadi yakin.

    Saya pergi ke erha batam dan konsul dg dr sa'da. Beliau baik sekali dan menyuruh saya utk memikirkan baik2 karena tahi lalat saya katanya tidak ganas alias biasa-biasa aja. Tapi saya sudah mantap mau menghilangkannya. Dan dia pun langsung mau melakukan tindakan operasi Laser CO2.

    Biaya yg dikenakan utk operasi 1,5jt (lumayan mahal jg krn perkirakan saya hanya 1jtan hehe) + konsul 140rb + salep 60rb + reg 15rb = 1,715jt

    Saya masih menunggu bekas lukanya kering. Semoga tidak kenapa2.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  148. Halo, Alnilam

    Terima kasih sudah membaca postingan saya. Senang kalau cerita saya informatif. Wah, harga segitu murah donk kalau dibandingkan saya di Semarang yang kena 1,3 juta? Insya Alloh enggak kenapa-napa kalo nurut arahan dokter.

    Salam

    ReplyDelete
  149. pakee bpjs bisoo gak yaa kaak....ckkck..hahahaa
    :D :D

    ReplyDelete
  150. Met sore kak. setelah mengelupas sendiri itu berapa lama ya luka bekas laser nya sembuh ?
    selama dlm masa penyembuh han pernah ga ka ngeluar rin darah ?

    ReplyDelete
  151. Sudah 8 hari kenapa belum ngelupas juga ya bekas lasernya?

    ReplyDelete
  152. Dear Alnilam,

    kondisi kulit masing-masing orang memang berbeda. Jadi nggak ada patokan harus 8 hari luka sudah kering atau mengelupas. Pastikan saja bahwa instruksi dokter sudah diikuti, luka jangan sampai kotor dan harus selalu bersih dengan cara ganti perban rutin dsb. Dan 1 lagi, luka jangan dikopek ya biar nggak bopeng. Biarkan saja sampai mengelupas sendiri.


    Salam

    ReplyDelete
  153. Dear Cerry,

    Kalau lukanya sudah kering dan mengelupas, itu tandanya sudah sepenuhnya sembuh.

    Kalau mengeluarkan darah sih seingatku cuma sekali, tapi langsung nyampur dengan salep dan nggak sampai ngocor tuh.

    ReplyDelete
  154. Hello, salam kenal
    Terimakasih posting ini bermanfaat sekali.
    Setelah galau bertahun2 akhirnya saya memutuskan menghilangkan tahi lalat di wajah saya, ada 2 dan besarnya sekitar diameter 0,5cm di cuping hidung dan bagian atas bibir

    Berkat blog ini akhirnya ke erha juga, tadi sore langsung eksekusi sama dr.cindy di erha bintaro jakarta. Punya saya karena saking gedenya dan jegong banget jadi harus dijahit, sedikit ketarik bibir bagian atas krn tahi lalatnya dekeet bngt batas bibir. Kemudian galau tingkat tinggi takut selamanya miring gini bibir gw. Baca2 di komen ini kyknya ga ada yg sampe dijahit yaa, lmyn stress nih saya mikirin bekasnya. Tapi kata dokternya sih nanti setelah jahitan dilepas akan kembali semula. Amiiinn.....lets see later yaa.

    Sedikit update tarif operasi tahi lalat di erha, saya kena tarif grade E utk 2 tahi lalat kena 2juta, grade E krn banyak penyulit, saya sampe disuntik bius 3x krn pas dilaser masih kesakitan (iya ini horror bngt!!)
    Dikasih antibiotik Meiact 15 kapsul @Rp28500, Skin core buat sebulan 30 kapsul @Rp7000 (trus saya baru sadar klo di comment blog ini pada dikasih 10 doank. hassemmm......)
    Fusipar Ointment Salycil, buat diolesin di bawah perban Rp58500
    Daaann total damage adalah 2,7 juta
    Jauh diatas perkiraan saya, tapi ya case tiap orang beda2 juga yaa

    Sekian updatenya, semoga bisa bermanfaat buat yang ingin operasi juga. Doakan saya cepat sembuh dan lukanya ga membekas banget

    ReplyDelete
  155. Halo Citra,

    Duh..maaf ya baru bales komennya. Hehe. Btw thanks ya udah mampir. Seneng deh kalo postingan saya bisa bermanfaat buat kamu. Saya sih berharap bekas lukanya tidak akan kelihatan ya. Dan menurutku sih kalo jahitan minor begitu mungkin tdk akan terlalu terlihat. Semoga!

    Soal skin core itu, saya malah pengen konsumsi rutin lho! Dulu malah nyari sendiri ke apotek. Habisnya cuma dikasih 10 sih. Dan pengalaman sih minum itu kok penampakan kulit jd lebih oke ya? Tapi ya sayang juga sih harganya mahal.

    Pokoknya i wish you luck deh! Semoga cepat sembuh ya?

    ^_^

    ReplyDelete
  156. hay hayy....citra lagi nih

    hihiii seneng deh dibalas sama tuan rumah blog ini. mau update lagi yaa.....hari ini udah hari ke12 pasca operasi, alhamdulillah udah ga ketarik lagi bibirnya, ternyata kemarin tuh ketarik karena bengkak aja kok 3-4 hari kemudian udah normal. jahitan operasi sudah diambil 2 hari lalu, udah ga jegong lagi sih dan mulai numbuh jaringan dan kulit baru tapi belum sepenuhnya kering, harus sabaaarrr sepertinyaaa.....

    sekian updatenya, semoga ga bikin takut yg pengen operasi juga :P

    Salam,
    Citra

    ReplyDelete
  157. Hai Citra,

    Seneng juga kamu mau berbagi dengan pembaca yang lain di sini. Seneng juga ternyata hasil operasinya cukup bagus tanpa bekas luka. Tetap ikutin apa kata dokter ya, luka bekas operasinya pasti kering kok.

    :D

    ReplyDelete
  158. Halo mohon bantuannya. Baru tadi saya berani buat coba cautet di erha klinik bandung jln cimanuk, tp kenapa pas nyampe rumah bekas tahi lalat saya berdarah ya? Mohon bantuannya saya sangat bingung

    ReplyDelete
  159. Hai Triafifah,

    Apakah operasi tahi lalatnya menggunakan laser sama seperti yang saya lakukan?

    Soal berdarah, tahi lalat saya sebenarnya juga sempat berdarah, tapi enggak banyak kok. Saya pikir normal saja kalau luka berdarah. Sepanjang darahnya enggak ngocor. Coba nanti ketika ganti perban (ini harus rutin ya), kamu cek apakah masih berdarah apa tidak. Jika tidak, berarti lukamu tidak bermasalah. Kalau masih kurang yakin, boleh kok kamu konsultasi dengan dokter yang menangani operasi kamu.

    Salam,

    ReplyDelete
  160. Mas...fto setelah d lasernya ada ga?? Itu fto yg d atas fto sebelum kan??

    ReplyDelete
  161. Mau kasih review yaaa. Senin kemarin aku pergi ke erha clinic yang di cimanuk bandung, aku punya tahi lalat 3 titik, 1 segede kacang ijo 2 nya lagi mini mini, pas coba konsul dokter tahi lalat ku hidup tapi cuma 2 yg idup. Aku beraniin lgsg ambil tindakan pake cara di cauter. Tp pas nanya harga kl ngilangin semua titik harus 1,5. Disayangkan saat konsul aku kurang sedikit uangnya. Tp akhirnya dicauter aja meski hanya 2 hihi. Alhamdulillah pertamanya berdarah2 aku bingung mesti gimana, tp besoknya lgsg berenti. Dan udh hari ke5 bekasnya udh gak jegong kedalem lg. Tinggal tunggu kering. Untungnya jg kl aku jorok gak ikut suruh dokter aku gak punya bakat keloid lgsg bisa nafas deh wkwkwk.
    Review harga setelah deal 2 titik jadi 1,1 dengan salep pasca cauter 58.000
    Ayoo yg mau ilangin tahi lalat, jgn takut.
    Aku juga sama kayak kalian, malah aku sampe dpt psikis jelek karna banyak yg cemooh tahi lalat ku. Semoga dgn reviwe ku kalian jd dpt pencerahan yaa❤

    ReplyDelete
  162. Oh iya, ntar aku perbaiki postingannya ya. Broken mungkin itu foto. Hehehe..

    Makasih sudah mampir

    ReplyDelete
  163. Hallo Ciao,

    Terima kasih sudah berbagi pengalaman. Semoga cepet sembuh ya.


    Salam

    ReplyDelete
  164. Hai Ciao,

    Mau nanya dong, cauter itu pake pisau atau laser ya?? Tarifnya lebih murah tuh drpd saya di erha Jakarta.
    Jadi pengen lagi buat ngilangin yg di badan, lho kok nagih hahahahaaa

    Semoga cepat kering ya lukanya

    Thanks,
    Citra

    ReplyDelete
  165. Wah mas Nuno makasih nih review operasi tahi lalatnya, aku lagi cari dokter kulit yang bisa operasi tahi lalat mamahku juga, soalnya mamahku takut kalau operasi di rs, cari info2 operasi laser tahi lalat muncul ini deh☺

    ReplyDelete
  166. Wah, sama2 Mbak Vita. Silakan berkonsultasi dulu dengan dokter di Erha ya...Terima kasih sudah mampir baca.

    ReplyDelete
  167. hai mas i found ur writting very inspiring. anyway aku mau tanya. mas nya setelah prosedur itu brp lama ya bisa lepas perban? berapa lama gitu sampai bs beraktifitas normal like kena matahari dll gt? makasih

    ReplyDelete
  168. Hai Missy,

    Thanks sudah berkunjung. Dokter bilang 2-3 hari sudah boleh lepas. Tapi aku extend sampai 5 hari karena ngerasa kalo dengan diperban lebih nyaman aja biar ga terkena debu.


    Well, actually bukan perban juga dink. Itu cuma ditempel tensoplast. Hehehe.

    ReplyDelete
  169. makasih mas udh di respon. btw mau tanya lagi maaf yah. setelah 5 hari itu tuh ud fully recovered atau masih luka gt ya? kl setelah lepas perban masih keliatan bekas lasernya atau gmn? makasiiih

    ReplyDelete
  170. Hai Missy, kalo fully recovered belum karena butuh 10 hari sampai korengnya ngopek sendiri. Setelah lepas perban aku beraktifitas seperti biasa kok. Hanya udah ga terlalu sering ngolesin salep. Kena air ya kena aja. Mandi, wudhu, dilakukan seperti biasa.

    ReplyDelete
  171. kak aku mw ilangin tahi lalat tapi takut kak , takut tahi lalatnya ganas atw gmna

    ReplyDelete
  172. Coba kau konsultasikan dulu ke dokter kulit ya.

    ReplyDelete
  173. Kak, klo tahi lalatnya itu kecil trus msh rata, bisa gk ya? Trus kira2 brp yah biayanya?

    ReplyDelete
  174. Bisa. Cuma tunggu aja dulu. Kalau kecil dan masih serata kulit sebaiknya nggak perlu dioperasi. Menurutku itu nggak mengganggu baik secara estetika maupun kesehatan. Kecuali kelak ada keluhan2 gatal dan lain sebagainya, baru deh dikonsultasikan untuk diambil tindakan. Sementara tahan dulu aja. Santai. masih kecil dan rata ini, hehehe.

    ReplyDelete
  175. Kak.. Kalo sekarang biaya laser tahi lalat di erha semarang berapa ya kira2?

    ReplyDelete
  176. Coba tanya ke Erhanya ya...biar jelas.

    ReplyDelete
  177. kak, 2 minggu lalu aku laser co2 di erha
    sekarang bekasnya kok jadi coklat bunder gitu ya, apa kakak dulu gitu? aku tunggu kering kok ga kering" apa aku harus ga kenain air lagi? kmrn sih abis laser semingguan ga kena air

    ReplyDelete
  178. Halo Shenny,

    Kemungkinan itu bekas laser yang mengering. Kalau masih luka, sebaiknya jangan dikopek ya. dengan perawatan harian semoga noda cokelatnya berangsur menghilang.

    ReplyDelete
  179. Kak kalo tahi lalat kk yg hidup sebesar apa kak? Trs masuknya ke grade apa? Hehe rencanya aku pgn coba juga doain ya

    ReplyDelete
  180. Halo Fitra,

    Untuk grade aku kurang paham kalo ternyata ada tingkatan2nya. hehehe. Tapi tahi lalatku sebesar kacang ijo tapi agak lebaran dikit.

    Kalau kamu mau operasi tahi lalat, mantepin dulu ya. Siapa tahu kamu malah lebih manis dengan tahi lalat itu. Hehehe. Kalo udah mantep, langsung aja ke klinik. Nanti bagi2 cerita di sini juga ya.

    ReplyDelete
  181. Udah pernah kering kak, tinggal coklat bulet agak besar gitu, apa itu wajar? Seminggu sehabis laser aku ga kontrol, takut biaya kontrolnya mahal, apa seminggu kontrol di kasih obat untuk menghilangkan bekas atau masih di suruh pake salpe pasca laser aja kak? Kira" kontrol harganya berapa ya?

    ReplyDelete
  182. Sama, aku juga enggak pernah kontrol pasca operasi. Jadi aku nggak tahu berapa biayanya. yang pasti semua saran dokter aku lakukan, mulai dari menjaga luka dari air sampai minum obat dan oles2 salep. tenang aja, nggak perlu kawatir. Kita lihat aja apakah wana cokelat ini bisa hilang atau tidak. Karena baru seminggu juga, makanya enggak bisa dipastikan. Bisa jadi itu juga kulit mati yang nantinya juga akan hilang dengan sendirinya. Jangan terlalu kawatir ya

    ReplyDelete
  183. Kalo ada 5 tahi lalat biayanya sampe berapa ya mas?

    ReplyDelete
  184. Halo Dedi,

    Untuk lebih jelasnya kamu bisa tanya ke klinik tempat kamu akan melakukan operasi. Karena harga saat ini mungkin mengalami perubahan.

    Demikian. terima kasih

    ReplyDelete
  185. Hai mas! senang sekali akhirnya saya menemukan blog ini yg sangat membantu, saya ingin kasih review jg soalnya saya lihat tuan rumah di blog ini ramah dan rajin balas comment hehe jadii pertengahan desember 2016 lalu saya ingin oprasi tahi lalat di RS ternama di Bekasi barat. saya awalnya dateng ke dokter spkk tp kata dokter tsb saya disarankan ke dokter bedah plastik kl mau oprasi tahi lalat, lalu saya ke dokter bedah plastik dan saya konsul dann ternyata untuk 5 tahi lalat saya kena 8jtaan itu blm termasuk kontrol segala macem lalu saya memutuskan ga jd oparasi di RS tsb. setelah itu saya searching2 dptlahh blog ini sesuai dgn saran blog ini saya konsul dulu melalui telfon saya telfon ke erha cipinang jaktim tp ternyata dokternya sudah cuti akhir tahun.. lalu saya di sarankan untuk ke erha kelapa gading setelah itu saya telfon kesana dan ternyata erha kelapa gading enakk dokternya banyak dan alat-alatnya jg lengkap jd saya memutuskan untuk ke erha kelapa gading. disana tempatnya luass wangii serasa bkn klinik, saya disana dgn dr Ernawita dokternya jg baik dan ramah pake hijab, sesuai dgn niat di awal saya ingin oprasi tahi lalat 5 tp kt dokternya kl 5 kena 4jtaan karna 1 tahi lalat saya yg di pipi yg paling hidup itu kena 2.2jt saya memutuskan oprasi 1 tahi lalat saja dan 4 tahi lalat sisanya tidak terlalu besar tp lumayan mengganggu menurut saya karna semuanya ada di muka. saya disana bkn di laser sprt mas Nuno ini karna kata dokternya kalau di laser tidak sampai akarnya jd saya nurut saja, setelah oprasi kecil saya gaboleh kena air seminggu dan setelah seminggu saya disuruh kontrol lg untuk lepas jahitan tapii setelah saya balik lagi kesana dr. Ernawitanya sudah cuti akhir tahun jd saya digantikan dr. Nila yg masih mudaa. setelah itu saya di kasih obat minum antibiotik cairan kaya infusan gt untuk membersihkan luka nanti di rmh perban dan salep untuk cpt kering dan hilang.. alhamdulillah tahi lalat saya di pipi ini sudah hilang meskipun msh ada nekas lukanya tapi masih tidak bermasalah, karna dari awal saya tanya ke dr. Ernawitanya saya ada bakat keloid akan ada bekas luka apa ga. kata beliau kalo di wajah bekas kelod tidak akan cepat hilang dibandingkan di kaki. sampai disini ya review saya semoga bermanfaat jg bagi org yg membaca hehe ohya mas Nuno terakhir saya ingin tanyakan apakah saya skrg ini bekas lukanya boleh di tutupin pake concealer atau foundation gak yaa soalnya wkt itu saya lupa nanya sama dokternya hehe Trimakasi :)

    ReplyDelete
  186. Hai hai! Waaah...makasih ya sudah mampir. Komen2 begini nih yg bikin aku semangat sharing di blog. Hehe. First of all, congratulation, akhirnya memutuskan buat operasi mole kamu. Tuh kan, dokter2 di erha clinic tuh ramah2. Kalo galak jewer aja. #lhoh . Thanks juga kamu udah nulis pengalaman kamu di sini. Semoga bisa membantu temen2 yg lain yg lagi cari rujukan operasi tahi lalat. Soal pertanyaan kamu, ga masalah kok pake concealer atau foundation, selama lukanya sudah benar2 kering. Aku aja pake CC cream fine2 aja. Pokoknya sepanjang lukanya udah kering dan bekasnya udah ngopek, pakai aja tipis2 dulu. Kalo tdk ada reaksi gatal atau apa, lanjutkan. Kalo misal ada perih2 atau gatal, berarti luka belum kering betul dan sebaiknya nunggu dikiiit lagi sampai bener2 sembuh.


    Begitu ya. Semoga jawabanku memuaskan. Maaf nunggu lama, koneksi internetnya lagi rada ngehek.


    Salam!

    ReplyDelete
  187. Kak mau tanya di Erha bisa untuk menghilangkan keloid juga gak ya dengan laser?

    Terima kasih :')

    ReplyDelete
  188. Kak. Aku punya tabi lalat di hidung. Trus pernah disarankan sama sepupuku untuk dihilangkan menggunakan bawang putih. Lalu sy ikuti sarannya. Memang mengelupas dan hilang. Tapi sesaat lukanya kering dan noda hitamnya muncul kembali dan seperti timbul. Apakah klo sy di laser sprti kk bisa hilang benar noda itu ?? Terimakasih blogny menarik

    ReplyDelete
  189. Halo, maaf ya telat balesnya. Coba ditanyakan ke Erha terdekat, karena saya nggak tahu layanan laser ini ditujukan untuk masalah apa saja.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  190. Halo,

    Coba tanyakan saja ke klinik kulit terdekat karena diagnosa saya tidak bisa dijadikan rujukan.

    Thanks ya

    ReplyDelete
  191. Saya juga habis operasi tahi lalat kecil-kecil di muka.. hehe, serem juga pas kecium baru kebakarnyaya

    ReplyDelete
  192. Assalamualaikum..,hai kak !!minta pencerahan dong,, pgn ke erha smrng nih tapi sama sekali nggak tau daerah semarang ,, Fyi kita sama2 dr pemalang loh///!!!huhu , kalo boleh dan berkenan kasih tau rute? misal turun dari stasiun poncol, terus ke mana lagi .. kak nuno sdh lama tinggal di semarang pastinya hafal dong yaaa sm daerah sana.
    terimakasih ..
    (maafkan kekuperan saya)

    ReplyDelete
  193. Hai Ukka,

    Kalau dari stasiun poncol kamu naik gojek aja ke area Kampung Kali Semarang. kalau dari poncol nanti lewat Thamrin lanjut ke arah simpang lima, ke jalan gajahmada, belok kiri ke Kampung kali. Kalau ga ada Gojek di HP kamu, kamu bisa naik taksi karena nggak ada angkot yang lewat kampung kali.

    ReplyDelete
  194. Dimana ka abis brapa?

    ReplyDelete
  195. kak aku bingung mau ke natasha apa erha. tahilaat ku ada 3 kecil kecil sihhh tapi timbul gitu,budget aku cuma 1,5 doang cukup ga yah kak kira kira. makasih

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.