Berawal dari nonton youtube, saya jadi pengin nulis tentang efek buruk smartphone. Bukan dari sisi kesehatan fisik, tapi tentang bagaimana telepon pintar ini memengaruhi kehidupan kita.


Video ini adalah sebuah film pendek yang bercerita tentang ketergantungan manusia modern terhadap gadget. Dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi, hanya smartphone yang selalu menemani. Apapun aktifitasnya, handphone selalu jadi teman yang bisa dipercaya. Kalau dulu HP cuma bisa buat telepon atau kirim pesan, sekarang makin canggih.


Seiring dengan makin canggihnya gadget, makin ajaib juga tingkah laku pemakainya. Hehehe.



Efek buruk smartphone


Setelah melihat video itu, jadi mikir iya juga ya? emang bener kata orang : Smartphone, mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Hihihi.


Sering kan, ketemu sama sepasang kekasih yang duduk berhadapan, tapi masing-masing sibuk dengan HPnya? Padahal harusnya sih bisa ngobrol lebih banyak.


Sering juga kan nemu sebuah kelompok yang harusnya ketemu dan duduk berdiskusi, eh malah sibuk dengan HPnya juga.




Salah? Nggak sama sekali. Cuma mau bilang : Sering kan lihat situasi seperti itu? Saya juga salah satu pelakunya. :D



Nah, video itu sedikit membuka mata, walau belum dibilang sampai ke tahap menyadarkan saya, bahwa kejadian yang ada di dalamnya memang benar-benar fakta. Banyak yang menyadari, tapi nggak mau disalahkan juga dan menganggap bahwa apa yang digambarkan di dalamnya adalah hal yang biasa.



Setuju.


Bahkan ketika saya dan teman saya ngobrol, dia sendiri bilang "Ya nggak gitu juga kali ah, semuanya tergantung dari pemakainya. Smartphone dan social media nggak bisa dijadikan kambing hitam dari perilaku kita. Kalau lagi pacaran berdua, atau lagi berdua rame-rame, masih ngobrol kok. Walaupun kadang juga masih lirak-lirik ke HP. Bentar-bentar ngecek, bentar-bentar update, bales mention, atau sekedar posting gambar segelas es teh"


iya..iya.



Saya cuma kasih lihat videonya kok.


Teman saya bilang saya nyinyir sama social media dan smartphone. :D Hey! Sama sekali tidaaaak! Meskipun kadang-kadang bosen, tapi saya bisa masuk kategori "social media bitch" juga lho.


Lalu dia memberikan sedikit ceramah tentang pentingnya dan sisi positif dari social media. Kekuatan dan keuntungan yang bisa dicapai dengan smartphone. Dan diakhiri dengan kalimat "Jadi orang jangan mikir negatifnya mulu. Kasihan hidup Lo, sama sekali nggak menyenangkan".


Olalaaa...bener juga sih. Tapi kok saya ngelihat reaksinya jadi agak sedikit defensif ya? Maksudnya gini, dia seperti nggak bisa nerima kalo smartphone dan social media juga bisa memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Padahal saya sendiri sudah sangat menerima kalo dua hal tadi sangat bermanfaat bagi hidup kita. Harusnya dia juga donk? XD



Tidak, kami tidak bertengkar


Debat kusir kami nggak pake acara ribut, karena obrolan ini hanya terjadi di antara gelas-gelas es teh dan camilan ringan. Dan kami pun sampai pada sebuah kesepakatan bahwa saya bisa menerima sisi positif dari smartphone dan social media selain beberapa dampak negatifnya, dan saya totally embrace sama kedua hal tersebut. Dan dia pun juga sama. Intinya kami setuju bahwa hal-hal seperti itu memang harus dilihat secara seimbang.


Ketika hanya melihat sesuatu dari segi fun-nya saja, segi positifnya saja, kita jadi terdorong untuk merasa tidak apa-apa dan tidak ada masalah dari hal tersebut, padahal sebenarnya ada. Kita terlena, dan merasa selalu benar dengan apa yang kita lakukan. Padahal ketika tahu ada hal-hal negatif dari sesuatu tersebut, paling nggak kita jadi punya rem ya? Setidaknya bikin kita jadi punya rambu-rambu supaya nggak merugikan diri sendiri dan orang lain.


Begitu juga sebaliknya, ketika ngelihat dari segi jeleknya saja, kita terdorong untuk takut dan ogah membuka diri pada hal-hal baru. Padahal sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita dapat. Sejuta manfaat yang bisa kita rasakan, terlewat begitu saja saking takutnya.


Dan lagi-lagi memang, statement yang paling aman adalah "Semuanya memang tergantung dari masing-masing orang".


Paling tidak, ijinkan saya berbagi videonya...selamat menikmati.


http://www.youtube.com/watch?v=OINa46HeWg8

...

...

btw, kamu nulis apaan sih NO? aku nggak paham...

:D

0 Comments