http://www.youtube.com/watch?v=8ud6haTTfFY

[SPOILA! SPOILA!]

"My life...my life has to be like this.." begitu kata Gatsby sambil menggambarkan sebuah grafik menanjak. Sebuah ambisi dari seorang pemuda bernama Jay Gatsby yang berniat untuk memiliki segalanya demi merebut cintanya kembali.


Ya, cinta memang bisa membuat seseorang melakukan hal yang bahkan mungkin melampaui kemampuannya. Dalam hal ini Jay Gatsby mungkin dibilang cukup beruntung. Datang dari keluarga miskin, Gatsby kecil bercita-cita ingin menjadi "seseorang". Nasib membawanya ke medan perang, dan bertemu dengan seorang gadis dari keluarga terhormat, Daisy.


Mereka begitu dimabuk cinta hingga Gatsby menghilang dan Daisy menikah dengan seorang pemain polo kaya Tom Buchannan. Tom sendiri adalah seorang playboy yang punya seorang selingkuhan bernama Myrtle, seorang istri dari pemilik bengkel mobil milik teman Tom sendiri. Meskipun Daisy tahu Tom senang berselingkuh tapi dia tak bisa meninggalkan Tom begitu saja.


5 tahun kemudian Gatsby kembali ke New York sebagai seorang pria kaya misterius yang senang menggelar pesta meriah di rumahnya, yang letaknya di seberang danau tepat di depan rumah keluarga Buchannan.


Adalah Nick Carraway seorang penulis amatir yang datang ke New york dan berniat mengadu keuntungan di kota itu. Alih-alih menekuni profesinya, Nick malah tertarik untuk bekerja di bidang jual beli saham. Nick menyewa sebuah pondok kecil di samping istana Gatsby. Dari situlah perkenalan keduanya dimulai. Dan ternyata Nick adalah sepupu dari Daisy.


Setelah 5 tahun akhirnya Gatsby dan Daisy bertemu di sebuah jamuan teh yang diadakan oleh Nick di rumahnya. Gatsby berencana untuk hidup berdua dengan Daisy. Gatsby meminta Daisy untuk menemui Tom dan bilang kalau dia tidak mencintainya dan akan meninggalkannya. Sebenarnya Daisy mengajak Gatsby untuk kabur, tapi Gatsby adalah pria terhormat yang menolak cara-cara seperti itu.


Hubungan Gatsby dan Daisy tercium juga oleh Tom. Dalam sebuah pertemuan akhirnya terungkap hubungan Gatsby dan Daisy. Rencana yang disusun semula berantakan karena Daisy tak bisa memutuskan untuk meninggalkan Tom dan dalam keadaan kalut Daisy menyetir mobil bersama Gatsby dan menabrak Myrtle, selingkuhan suaminya.


Tom melihat peluang untuk menyingkirkan Gatsby. Dia memberitahu suami Myrtle bahwa Gatsby lah yang membunuh istrinya. Suami Myrtle yang emosi datang ke rumah Gatsby dan menembaknya hingga mati.


...


The Great Gatsby adalah sebuah kisah cinta abadi karya F.Scott Fitzgerald yang bercerita tentang seorang Jay Gatsby yang berjuang demi cinta sejatinya, tapi berakhir tragis karena wanita yang dicintainya lebih memilih orang lain dibandingkan dirinya. Nick Carraway menyebut Gatsby sebagai korban dari kejahatan manusia dan cinta. Kisah Great Gatsby sendiri dituturkan dari sudut pandang Nick sebagai sahabat baru bagi Gatsby. Nick yang semula curiga dengan Gatsby dan segala macam latar belakang ceritanya berbalik simpati dan membela sosoknya.


Satu lagi karya ambisius seorang Baz Luhrmann,sutradara asal Australia yang menggarap Romeo & Juliet dan Moulin Rouge. Kisah cinta penuh tragedi sepertinya adalah spesialisasi Baz, yang mampu menghadirkan kemegahan setting dibalik cerita tragis dari para tokohnya. Baz mengemas kemegahan dari Istana Gatsby, dan hiruk pikuk pesta dan para tamunya dengan indah, tapi dibalik itu para tokoh utamanya menjalani sebuah kisah hidup yang tak semeriah pestanya. Kelam dan penuh intrik.


Bersama dengan sang istri yang juga seorang penata kostum, Luhrmann mencoba menampilkan visual yang indah melalui baju-baju tahun 20-an, yang dihadirkan penuh warna dan meriah. Setting tempat yang indah dan memanjakan mata.


Kehadiran bintang-bintang tenar macam Leonardo DiCaprio, Carrey Mulligan, isla Fisher, Joel Edgerton dan Tobey Maguire menjadi alasan tersendiri kenapa saya menonton filmnya. Sosok Leonardo DiCaprio sebagai Jay Gatsby terasa cocok di beberapa tempat, tapi terkadang mengingatkan karakternya sebagai Jack Dawson di Titanic. Tidak ada karakter yang terlalu menonjol, tapi tokoh antagonis selalu menarik untuk diperhatikan. Apakah aktingnya mampu memengaruhi penonton atau tidak. Dan Joel Edgerton sebagai Tom Buchannan yang seorang playboy manipulatif menjadi karakter yang cukup menonjol di film ini.


Kehadiran lagu-lagu keren di beberapa scene cukup membantu untuk membangun suasana. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah single milik Lana Del Rey - Young And Beautiful, yang muncul saat Gatsby dan Daisy pertama bertemu setelah sekian lama.


Buat saya film ini tidak sebagus Romeo & Juliet atau Moulin Rouge. Tidak terlalu bikin mikir, tidak pula terlalu menghibur.


Apakah saya bahagia setelah keluar dari teater? Tidak.


Apakah saya merasa terharu dengan kisah The Great Gatsby? Tidak.


Apakah ini film yang biasa-biasa saja buat saya? Iya.


You decide.


^^V

0 Comments