http://www.youtube.com/watch?v=vKNL1Qje3Rs

Oke...ini dia..salah satu film yang bikin penasaran dan saya tunggu-tunggu. Berhubung informasi tentang remake Evil Dead tahun '81 lumayan kenceng, mau nggak mau saya pengin juga nonton. Kayak gimana sih film yang konon diklaim sebagai salah satu film horor klasik yang jadi cult garapan Sam Raimi ini. Ditambah lagi versi baru ini juga punya embel-embel "the most terrifying horror movie of the year"


Film dibuka oleh adegan dimana ada seorang gadis yang diburu oleh beberapa pria. Gadis itu ditangkap dan diikat di sebuah tiang kayu yang ada di basement sebuah pondok di tengah hutan. Disinyalir, si gadis sudah kerasukan roh jahat yang membuatnya bisa membunuh ibunya sendiri. Atas perintah sang dukun wanita, gadis itu dibakar dan ditembak oleh ayahnya sendiri. Dan terkuburlah si iblis bersama dengan jasad si gadis...


sampai suatu ketika...


5 orang pemuda-pemudi datang ke pondok itu. Mia dan kakaknya David ternyata adalah anak dari si pemilik pondok. Dan 3 temannya, Natalie - pacar David, Eric si kutu buku dan Olivia - perawat bersertifikat datang untuk menjadi saksi dari prosesi sumpah yang dijalani oleh Mia. Mia adalah seorang junkies yang kali ini bertekad tidak akan menyentuh narkoba lagi dan dia membuat sumpah untuk yang kesekian kali dengan membuang narkoba terakhirnya ke sebuah sumur tua.


Olivia bilang sama David kalo kali ini adalah yang terakhir kali dia dan teman-temannya jadi saksi sumpah yang nantinya akan dilanggar sendiri oleh Mia. Dan mereka berjanji apapun yang akan terjadi mereka tidak akan meninggalkan pondok itu, bahkan kalau Mia sekarat karena overdosis.


Wrong decision!


Ketika Mia mulai sakaw dia mengigau kalau rumah itu berbau busuk. Dan akhirnya dicarilah sumber bau busuk tersebut dan mereka menemukan basement yang penuh dengan mayat kucing dan beberapa peralatan pemujaan. Termasuk sebuah buku kuno yang diikat dengan kawat berduri.


Dasar rempong, buku itu pun dibuka oleh Eric dan dia mulai membaca mantra pembangkit iblis yang ada di hutan itu. Mia yang makin parah memutuskan untuk kabur dari pondok itu dan berniat menuju kota demi memuaskan sakawnya. Tapi di perjalanan mobilnya masuk ke sebuah rawa. Dan iblis hutanpun mengejarnya.


Ketika David dan teman-temannya menemukan Mia, kondisinya mulai aneh. Sampai ketika Mia bilang mereka semua akan mati malam ini. Dan satu persatu mereka menjadi korban dari kesurupan setan. Olivia mengiris wajahnya dan mencoba membunuh Eric sampai kemudian Eric memecahkan kepala Olivia dengan pecahan wastafel. Lalu Natalie yang kerasukan karena digigit oleh Mia, harus memotong tangan kirinya dengan alat pemotong daging. Natalie mulai menggila dan menembak David dan Eric dengan pistol paku sampai dia sendiri mati karena ditembak oleh David.


Eric sempat memberi tahu David bahwa salah satu cara untuk mengusir setan jahat dari tubuh Mia adalah dengan menguburnya hidup-hidup. Meskipun berat tapi David tetap melakukannya hingga setan itu pun lenyap dari tubuh Mia.


Tapi ow...ternyata si iblis merasuk ke tubuh Eric. Sementara Eric mulai kerasukan dan menusuk leher David dengan paku. Dalam keadaan sekarat David meledakkan pondok itu. Mia yang berhasil keluar sudah akan kabur dari pondok, ketika iblis bangkit dari dalam tanah dengan disertai hujan darah dan berusaha membunuh Mia. Tapi namanya juga lakon, Mia berhasil mengirim iblis ke neraka. Dan Mia pun berhasil kabur dari pondok laknat itu dan berjalan menuju kota.


Spoiler banget ya? lumayan lah..membantu mereka yang nggak mau nonton secara film ini emang horor dan "nggegirisi"...banyak adegan CRAT! CRET! CROT! dengan melibatkan banyak prostetik dan darah buatan. Tetep aja bikin ngilu...


Kreditnya sih emang ke bagian special effect dan make-up effectnya ya...kalau soal akting dan sutradaranya sih biasa aja. Apalagi film ini emang punya formula horor rewo-rewo yang sudah sering dipake sama film hollywood.




  • Rame-rame, a bunch of young peoples..lebih dari 2 orang. Biasanya 4 atau 5 orang. Biar durasi filmnya lama...

  • Alih-alih jalan ke mall..nonton bioskop...main-main ke binaria..malah milih ke hutan yang jauh dari peradaban. Terus ke pondok reyot yang bau-baunya udah maut aje..

  • ada karakter sok bossy dan sok tahu. Serba masuk akal padahal tanda-tanda nya udah jelas. Yang begini nih biasanya mati duluan...

  • Udah tahu dilarang malah dilanggar. Udah dikasih catatan "bukunya jangan dibaca" malah mantranya dibaca. Matek lah!

  • Nggak perlu dialog yang cerdas...cukup bisa jerit aja yang kenceng

  • Tapi formula "make out and you'll die!" nggak ada di film ini. Jadi jangan harap ada stupid bombshell yang pamer toket dan telanjang menggoda, tapi pasti almarhum duluan...


Sebenarnya sih iblisnya sendiri nggak nakutin. Ngingetin sama film Exorcism yang keren itu...cuman emang njijiki bikin linu. Saya aja mungkin lebih takut nonton insidious sendirian daripada nonton film ini.


Yaaaaa...filmnya emang rewo-rewo. Ndak berat dan just for fun. Tapi sayang..udah ditarik dari layar 21 di semarang.


^^V

1 Comments

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.