Rehat dulu dari postingan #13MenulisBlogFF nya ya? *kwarepmu* XD


220px-ThePossession2012PosterSekarang saya mau ngereview film yang udah lama saya pengen tonton. Secara SAM RAIMI dan horor...jadi inget sama film DRAG ME TO HELL. Jadi pengen nonton lagi. Kebetulan saya sendiri lagi seneng nonton film horor supranatural macam Exorcist, dan Insidious.


Waktu film ini diputar diprogram midnight XXI nggak sempet nonton dan pesimis juga kalau nanti nya bakal diputar dijadwal reguler. Eh tapi akhirnya main juga.


Film dibuka dengan adegan dimana seorang wanita mati terbunuh oleh sebuah kekuatan gaib ketika dia berusaha menghancurkan sebuah kotak misterius yang diletakkan di atas rak. Dan adegan berikutnya tokoh utama dari film ini dikenalkan.


Adalah Keluarga Brenek. Clyde dan Stephanie bercerai dengan pengasuhan kedua anak perempuannya, Hannah dan Emily yang diasuh oleh keduanya. Dalam sebuah kunjungan Clyde mengajak Hannah dan Emily untuk berkunjung ke rumah barunya di sebuah komplek perumahan baru.


Ketika mengunjungi sebuah "garage sale" Emily melihat sebuah kotak antik dan membelinya. Setelah itu banyak kejadian-kejadian aneh yang dialami oleh gadis itu. Mulai dari rumah yang diserang oleh ratusan ngengat, sampai tingkah laku Emily yang berubah drastis, bahkan mampu melukai ayahnya sendiri.


Clyde mencari informasi tentang apa yang dialami oleh Emily. Dia berkesimpulan kalau anaknya kesurupan. Clyde curiga kalau kejadian ini berhubungan dengan keberadaan kotak misterius itu.


Clyde membawa kotak tersebut kepada temannya yang berprofesi sebagai profesor sejarah. Dari dia akhirnya Clyde tahu kalau kotak tersebut bernama DIBBUK. Menurut kepercayaan Yahudi, kotak ini digunakan untuk mengurung roh halus jahat dan tidak boleh dibuka sampai kapanpun agar roh tersebut tidak lepas dan melukai manusia.


Emily yang membuka kotak itu menjadi sasaran dari roh halus yang bernama Abyzou, dimana roh ini adalah roh jahat yang senang mengambil kehidupan anak-anak kecil. Dan Clyde harus segera mengambil tindakan. Dia pergi ke sebuah sinagog dan meminta tolong kepada Rabi Yahudi untuk melakukan pengusiran roh jahat. Rabi kepala menolak untuk melakukan pengusiran karena roh jahat ini terlalu kuat dan menyarankan Clyde untuk menyerahkan semuanya pada Tuhan tanpa harus melakukan apa-apa.


Clyde hampir menyerah ketika anak dari Rabi kepala setuju untuk ikut dan membantunya mengusir Abyzou. Bagaimana rupa Abyzou dan apakah dia berhasil diusir keluar dari tubuh Emily?


...


The Possession adalah film horor supranatural yang disutradarai oleh Ole Bornedal. Mungkin nama ini kurang dikenal, tapi demi melihat siapa yang duduk di kursi produser, kita pasti tahu SAM RAIMI. Sutradara kawakan yang sudah bertanggung jawab pada banyak film sukses, diantaranya adalah Spiderman 1,2,dan 3.


Inti dari cerita film ini adalah kesurupan dan prosesi pengusiran setan. Tapi sayangnya plot film ini sangat lemah dan bergerak terlalu cepat sehingga intensitas horornya tidak terlalu terasa. Memang sih di beberapa adegan bisa bikin deg-degan, tapi dibandingkan dengan beberapa film horor supranatural lain macam Drag Me To Hell atau Insidious ketegangan yang diciptakan terasa tidak begitu kuat.


Adegan pengusiran setan yang biasanya dramatis dan dahsyat pun tidak terlalu menggedor syaraf. Prosesnya terasa biasa saja. Abyzou yang digadang-gadang sebagai setan yang kuat pun bahkan bisa dikalahkan oleh seorang Rabi muda yang belum berpengalaman. Hampir tidak ada perlawanan yang berarti.


Dari segi visual The Possesion adalah gabungan dari Drag Me To Hell dan Insidious. Beberapa sudut pengambilan gambar, terutama ketika menampilkan lingkungan rumah baru milik Clyde, kesunyian yang diciptakan mirip dengan Insidious. Ditambah lagi score-nya, seperti memanfaatkan formula sukses dari kedua film sebelumnya.


Secara keseluruhan film ini tidak terlalu istimewa. Trailernya memang agak "misguiding". Kelihatan seru tapi setelah menonton filmnya secara utuh, The Possession tidak seseram itu.







Oh ya...


Based On A True Story sama Based On A True Events itu beda lho...


Lain kali jangan sampai tertipu *wink*

1 Comments

  1. gasiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkk.......rajin tenan....aku keset phuoollll *sigh

    ReplyDelete

Punya uneg-uneg? Jangan disimpan. Tulis di sini.